KURIKULUM PAI MULTIKULTURAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PRESPEKTIF AL QUR’AN

  • M Jamhuri Universitas Yudharta Pasuruan

Abstract

Secara operasional religiositas didefinisikan sebagai praktik hidup berdasarkan ajaran agamanya, tanggapan atau bentuk perlakuan terhadap agama yang diyakini dan dianutnya serta dijadikannya sebagai pandangan hidup dalam kehidupan. Religiositas dalam bentuknya dapat dinilai dari bagaimana sikap seseorang dalam melaksanakan perintah agamanya dan menjauhi larangan agamanya. Dengan pemaknaan tersebut, religiositas bisa dipahami sebagai potensi diri seseorang yang membuatnya mampu menghadirkan wajah agama dengan tampilan insan religious. Religiositas yang seharusnya menjadi tampilan setiap manusia terdidik sesudah mereka mengikuti pendidikan dan pengajaran agama Islam nampaknya mengalami kegagalan. Sehingga ketidakmampuan praktik pendidikan agama dalam menumbuhkan sikap religiositas akan bisa mendorong tumbuhnya sifat negatif manusia dalam hubungan sosial yang lebih luas, seperti perilaku kekerasan atau tindakan brutal lainnya. Kegagalan pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan religiositas, diduga bahwa praktik pembelajaran PAI pada sekolah diselenggarakan kurang berkualitas. Pembelajaran yang dikembangkan selama ini adalah selalu menempatkan guru sebagai pusat belajar sehingga target pembelajaran adalah pemberian ilmu pengetahuan (transfer of knowledge), dengan penyampaian pembelajaran lebih bersifat teks normatif. Materi pendidikan agama Islam masih banyak terjadi pengulangan-pengulangan dengan tingkat sebelumnya dan materi pendidikan agama Islam dipelajari tersendiri dan lepas kaitannya dengan bidang-bidang studi lainnya.

References

Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Arruz, Yogyakarta, 2007 Asnawir, Basiruddin Utsman, Media Pembelajaran, Ciputat Pers, Jakarta, 2002 Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta, 2008 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MA NU Ibtida’ul Falah Tahun 2007-2008 Muzdalifah, Psikologi Pendidikan, STAIN Kudus, Kudus, 2008 Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara, 2005 Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Suwardi, Manajemen Pembelajaran, STAIN Salatiga Press, Salatiga, 2007

Section
Artikel