PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING (RISALATUL MUAWWANAH) DI SMA MA’ARIF SUKOREJO
Abstract
Penelitian ini berawal dari berbagai macam peristiwa dalam pendidikan yang sangat memprihatinkan rusak niali-nilai moral seperti ketidak jujuran, hilangnya rasa tanggung jawab, tipisnya rasa solidaritas, beberapa prilaku tersebut tidak sesuai dengan tujuan pendidikan. Misalnya tindakan korupsi yang ternyata dilakukan oleh para pejabat yang notabennya adalah orang-orang yang berpendidikan.
Salah satu upaya guru pendidikan agama Islam di SMA Ma’arif Sukorejo adanya kegiatan pengajaran kitab kuning yang merupakan salah satu faktor dari pengembangan ajaran Islam. Karena dapat diperhatikan secara akurat bahwa ajaran-ajaran dalam Islam di tulis dalam kitab kuning. Jika dilihat pada zaman dahulu kitab kuning dikembangkan melalui halaqoh, pembelajarannya tidak terprogam dengan baik. Pada saat ini kitab kuning dikembangkan melalui pendidikan formal, Madrasah maupun pesantren.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa adanya berbagai kegiatan yang ada di lembaga tersebut seperti pembelajaran kitab kuning, tadarrus al- Qur’an, shalat berjama’ah, ceramah agama, mushafaha (cium tangan) dengan dewan guru. adalah sangat mendukung dalam pembentukan akhlak siswa. Berdasarkan hasil observasi dan pengumpulan data diperoleh bahwa dengan adanya kegiatan tersebut banyak terjadi perubahan setelah kegiatan yang mengacu dalam pembentukan karakter akhlak siswa-siswi SMA Ma’arif semakin baik.
References
A. Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Perdanamedia Group.2015
Aan Hasan, Nilai-Nilai Karakter Sunda. Yogjakarta : Cv Budi Utama.2012
Abd Rohman, Selaku Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Ma’arif Sukorejo
Abdul Majid & Dian Andayani, Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.2012
Ahmad Baedowi, Calak Edu esai-esai pendidikan.PT Pustaka Alvaber :Jakarta.2015
Akhmad Muhaimin Azzet, Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. AR-RUZZ Media: Jogyakarta.2016
Andi Prastowo, Memahami metode Penelitian kualitatif. Yogjakarta: AR- Ruzz Media.2016
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas. 2008
Doni Koesoema , Pendidikan Karakter PT Grasindo: Jakarta.2007
Eko Sugiarto, Menyusun Proposal Skripsi dan Tesis. Yogjakarta: Suaka Media.2015.
Eni Purwati, Zumrotul Mukaffa dkk. Pendidikan Karakter (menjadi karakter muslim-muslimah Indnesia). PT.Masmedia Buana Pustak: Surbaya.2012.
Faisol, Pendidikan Islam Prespektif. Jakarta: Guepedia. 2016
Hasil wawancara dengan Nurul Ikhwan dan Abd Rohman selaku Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam pada tanggal 25 april 2017
Husni Rahim, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Ciputat : Lagas Wacana Ilmu. 2001
K Bertens, Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.2007
MA. Sahal Mahfudh, Nuansa Fiqih Sosial. Yogjakarta: LKiS Yogjakarta.2007
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional Jakarta : Bumi Aksara. 2011
Moh. Rifa’i dan Rahmat, PAI Interdisiplner: layanan Khususs CIBI, Kenakalan Remaja Integrasi IMTAQ & IPTEK, Pendidikan Anti Kekerasan dan Kurikulum berbasis Karkter. Yogjakarta: Grup Penerbitan Cv Budi Utama.2016
Nur ainiyah, Jurnal Pembentukan Karakter Melaui Agama Islam. Jurnal Al-Ulum. Hal 25-38. Volume. 13 no 1, Juni 2013
Nurani Soyomukti, Teori-Teori Pendidikan. Yogjakarta: Ar - Ruzz Media. 2016
Rofa’ah, Pentingnya Kompetensi Guru dalam kegiatan Pembelajaran dalam prepektif Islam. Yogjakarta: Cv Budi Utama. 2012
Siti Asyiah, Bimbingan Peserta Didik Dan Bimbingan Belajar. Yogjakarta: CV BUDI UTAMA.2015
Syafaruddin, dkk. Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.2012
Undang-Undang No 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Transmedia Pustaka