Strategi Genius Learning Dalam Pembelajaran Maharatul Kitabah

  • Achmad Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: genius learning, maharah kitabah

Abstract

Arabic in learning has four language skills that must be mastered by students, namely listening skills (mahārah al-istimā '), speaking skills (mahārah al-kalām), reading (mahārah al-qirā'ah) and writing skills (mahārah al- kitābah). This conceptual study discusses the Genius Learning Strategy in Writing Skill Learning (Mahārah al-kitābah). The Genius learning strategy is a learning strategy that involves the mental and all cognitive structures of students and reconstructs and raises student experiences that have been experienced through visual, auditory, and kinesthetic student learning modalities, so that students' experiences emerge through visual, auditory and kinesthetic media. Genius learning strategies fall into the category of meaningful learning theories.

References

Abd. Wahab Rosyidi dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press, 2012.
Azhar, Arzyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta, Pustaka pelajar, 2003.
Dahar, R.W. Teori-teori Belajar, Jakarta: Depdikud Dirjen Pendis PPLPTK.1988.
De Porter, B., & Hernacki, M. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman.1992. Bandung: PT. Mizan Pustaka.2010.
De Porter, B., Reardon, M., dan Nourie. S.S. Quantum Teaching: Memperaktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan Ari Nilandari. 2000. Bandung: PT. Mizan Pustaka.2010.
Dimyati dan Mudjono, Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta, 1999..
Findy Wulansari, Suranto, Kayan, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji Semester Genap, Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Uneversitas Jember, 2010/2011,
Gunawan, A.,W. Genius Learning Strategi: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.2004.
Hamiyah, N. Dan M. Jauhar. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka; 2014
Hardini, Isriani Dewi Puspitasari, Strategi Pembelajaran Terpadu Teori, Konsep, dan Implementasi, Familia Group Relasi Inti Media, Yogyakarta, 2012.
Hermawan, Acep.Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta:PT.Rosda Karya, 2011.
Hurlock, Elizabeth B Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 2002.
Jacobsen, D., Enggen, P., dan Kauchak, D. Methode for Teaching: Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA, Terjemahan Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.
Richard, Arends, Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Buku Dua. Penerjemah: Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Pustaka Pelajar.Yogyakarta:2008.
Sagala, S. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.2010.
Sanjaya, Wina.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana, 2009.
Santrock, Perkembangan Anak: Edisi Kesebelas Jilid I. Terjemahan Mila Rahmawati. 2007. Jakarta: Penerbit Erlangga.2007.
Suyono, & Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.2011.
UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Bandung, Citra Umbara, 2009.
Yamin, M. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik, Jakarta: GP Press.2008.
Yusuf, Achmad. "Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Strategi Genius Learning pada Siswa MI Darut Taqwa Pasuruan." Jurnal Pendidikan Humaniora 1.1 (2013): 1-8.
Published
2019-01-06
Section
Studi Arab