STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (LPBA) OCEAN PARE KEDIRI
Main Article Content
Ocean adalah salah satu lembaga pendidikan bahasa Arab yang menawarkan strategi pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran maharah al-kalam, yang berpusat di daerah Pare Kediri. Strategi pembelajaran maharah al-kalam di LPBA Ocean didasarkan pada tiga hal pokok, yaitu tahapan mengajar, pendekatan mengajar, dan prinsip mengajar. Tahapan mengajar di sini dibagi menjadi tiga tahap: 1) tahap prainstruksional (mulai mengajar), guru menanyakan peserta yang tidak hadir. 2) tahap instruksional (saat mengajar), metode yang digunakan: taqdim, muhadatsah, dan tamtsiliyyah. 3) tahap evaluasi dan tindak lanjut, jenis penilaian ada tiga: penilaian harian, mingguan, dan bulanan, yang dilaksanakan dalam bentuk ujian lisan. Pendekatan mengajar meliputi pendekatan yang berorientasi pada guru (ceramah) dan berorientasi pada siswa (inquiry, interaksi sosial). Sedangkan prinsip mengajar meliputi motivasi, kooperasi dan kompetisi, korelasi, aplikasi, dan individualitas. Adapun pendekatan mengajar dan prinsip mengajar digunakan pada tahap instruksional
Ahmadi Abu dan Prasetya, Tri. Strategi Belajar Mengajar Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Ainin, Moh.. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka, 2010.
Ali, M.. “Model Pembelajaran Bahasa Arab di Pondik Pesantren Darul Lughah Wadda’wah Bangil”. Skripsi--Universitas Yudharta, Pasuruan, 2009.
Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009.
Djamarah, Syaiful B. & Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Effendi, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2005.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosda, 2011.
Keraf, Gorys. Komposisi. Flores: Nusa Indah, 2004.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2011.
Rofiq, Mokhammad. “Problematika Pembelajaran Nahwu dan Sorof serta Alternatif Solusi Mengatasinya”. Skripsi--Universitas Yudharta, Pasuruan, 2004.
Rosyidi, Abd Wahab. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press, 2009.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.
Zaenuddin, Radliyah. Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah, 2005.