MODEL PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH ULA DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI KRATON PASURUAN

Main Article Content

achmad Yusuf
Keywords: Model Pembelajaran, Madrasah

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model pembelajaran serta kekurangan dan kelebihan pembelajaran Madrasah Diniyah Ula di Pondok Pesantren Sidogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan analisis dokumen, observasi, dan wawancara dan dianalisis dengan teknik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode yang digunakan ceramah, dikte, dan hafalan, (2) materi yang diterapkan dari Pondok Pesantren Sidogiri dan tiga materi umum. (3) Media yang digunakan masih sederhana, kecuali untuk materi umum menggunakan media yang menunjang, dan (4) sistem evaluasi yang dilakukan adalah review diawal pelajaran dan ada ulangan. Kelebihan (1) sudah diakui pemerintah, (2) materi kitabnya lebih baik karena diolah dan dikembangkan sendiri, (3) sistem evaluasinya mengadakan review dan ujian di akhir semester. Kekurangan (1) metode masih klasik (ceramah, dikte, dan hafalan).

Anonim. 2004. UUSPN No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kloang Gede Jaya.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Degeng. I Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran ; Taksonomi Variabel, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Jakarta : Dirjen Dikti.

Eggen, P. D. dan Kauchak. 1996. Strategies for Teachers Teaching Content and Thingking Skills Third Edition. Boston: Allyn & Bacon.

Hamalik, Oemar. 2004, Psikologi Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan dan Moedjiono.2004. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Mardalis. 2006. Metode Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani . 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: DEPDIKBUD.

Ramsey. 1993. Reform Movement Implication Social Responsibility. Science Education.

Roestiyah. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta : PT. Bina Aksara.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

____________, 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreatifitas, Inovasi, dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dan Sistem Otonomi Sekolah. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

www.wikipedia.com diakses pada Jum’at 25 Juni 2010

Tim FAI, 2009. Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Agama Islam, Pasuruan : Universitas Yudharta Pasuruan.

Yusuf, achmad. (2014). MODEL PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH ULA DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI KRATON PASURUAN. Studi Arab, 5(1), 37-51. https://doi.org/10.35891/studi arab.v5i1.44