KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB

Main Article Content

Jubaidah Jubaidah
Guru merupakan salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar yang ikut bertanggungjawab dalam usaha mewujudkan generasi umat (anak bangsa) yang potensial. Oleh karena itu, guru yang merupakan salah satu unsur di bidang kependidikan harus berperan secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10 dikemukakan bahwa kompetensi guru itu mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional

Abd. Rachman Abror, Psikologi Pendidikan (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1993),

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2004),.

Departemen Agama RI, Standar Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum dan Madrasah (Jakarta: Depag RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004),

Dokumentasi MTs Negeri 1 Model Palangka Raya diambil dari Waka Kesiswaan Bapak Suryanta, S.Pd., pada hari Selasa Tanggal 20 Juli 2010.

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008),

Hasil observasi selama penelitian di MTs Negeri 1 Model Palangka Raya

Isjoni, Guru Sebagai Motivator Perubahan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008),.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007),.

Lenburg, C., “Competencies are all in education”, dalam Journal of Cancer Education. Vol. 19, No. 236, 2004,

M. Abdul Hamid, Uril Baharuddin dan Bisri Mustofa, Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media (Malang: UIN Malang Press, 2008),

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005),

Nazarudin, Rahman, Regulasi Pendidikan Menjadi Guru Profesional Pasca Sertifikasi (Yogyakarta: Pustaka Pelicha, 2009),

Neong Muhadjir, Teknologi Pendidikan (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1992),

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005, Tentang Standar,

Peraturan Pemerintah RI nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) (Jakarta: Asa Mandiri, 2006),

Sahertian, et.al., Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Program Inservice Education (Jakarta: Rineka Cipta, 1994),

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2008),

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung: Alfabeta, 2009)

Tim Redaksi Nuansa Aulia, Himpunan Perundang-undangan RI tentang SISDIKNAS dan Peraturan Perundangan yang Terkait (Bandung: Nuansa Aulia, 2008),

Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005, Pasal 8 dan Pasal 10 Ayat 1 (Jakarta: Sinar Grafika, 2006),

Undang-Undang Guru dan Dosen,

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), cet ke-2 (Jakarta: Kencana, 2009),

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2008),

Zainal Aqib, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran (Surabaya: Insan Cendikia, 2002),

Jubaidah, J. (2015). KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB. Studi Arab, 6(2), 147 - 162. https://doi.org/10.35891/studi arab.v6i2.60