PENGARUH IKLAN YOUTUBE EKA GUSTIWANA VERSI AYO INDONESIA BISA TERHADAP CITRA MEREK SAMPO CLEAR

  • Pradana Adi Purnama Universitas Telkom Bandung
  • Iis Kurnia Nurhayati Universitas Telkom Bandung
Keywords: Youtube, Youtube Advertisement, Brand Image

Abstract

Youtube adalah salah satu media sosial berupa web video sharing yang sering digunakan sebagai media periklanan. PT. Unilever Indonesia adalah sebuah perusahaanyang menggunakan Youtube sebagai media periklanan dan produk yang diiklankan adalah sampo Clear. Perusahaan ini bekerjasama dengan seorang Youtuber Indonesia yang bernama Eka Gustiwana. Iklan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah iklan Youtube Eka Gustiwana versi Ayo Indonesia Bisa yang di upload pada 13 April 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklan Youtube Eka Gustiwana versi Ayo Indonesia Bisa terhadap citra merek sampo Clear. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang pernah menonton iklan Youtube Eka Gustiwana versi Ayo Indonesia Bisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap variabel iklan Youtube sebesar 74,5% dan 77,32% terhadap variabel citra merek. Dari perhitungan koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 61,8% sebagai pengaruh iklan Youtube terhadap citra merek. Dapat disimpulkan bahwa iklan Youtube Eka Gustiwana versi Ayo Indonesia Bisa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek sampo Clear.

References

Buku:
Clow, K. E. dan Baack D. 2010. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nugraha, Tuhu. (2014). WWW.HM Defining Your Digital Strategy. Jakarta:Upnormal Publishing.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal:
Nurfebiaraning, S. (2016). Strategi Kreatif Pesan Video Advertising “Oreo Penuh Keajaiban” Pada Youtube. Vol IV(1), 35-46. Diambil dari Jurnal Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Putro, Adityo. (2009). “Analisis Efektivitas Banner Ads Untuk Meningkatkan Brand Image Product/Jasa di Indonesia (Studi kasus Kaskus.Us dan Detik.Com)”. Diambil dari Jurnal Progam Magister Universitas Gunadarma; 8 (1) 6-13.

Website:
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2017). < https://www.apjii.or.id/>
B2B Content Marketing (2017).
Published
2020-02-22
Section
Articles