BRANDING EVENT BUDAYA PERANG TOMAT DI DESA CIKIDANG MENJADI DESTINASI WISATA BERKELANJUTAN MELALUI STRATEGI MEDIA KOMUNIKASI
Abstract
Desa Cikidang terletak di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, dan memiliki landscape alam berupa pegunungan, hutan dan didukung adanya kebudayaan Perang Tomat yang menjadi keunikan Desa Cikidang, perkembangan zaman dan teknologi menjadi ancaman serius bagi kebudayaan tersebut, Maka perlu upaya peningkatan melalui branding dan pemasaran Event budaya Perang Tomat dengan menggunakan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui branding Event pariwisata Perang Tomat menjadi destinasi wisata berkelanjutan melalui media komunikasi, Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, berdasarkan hasil penelitian, perlu adanya implementasi kerja sama antara warga lokal dengan pemerintah daerah disertai branding melalui media komunikasi dan marketing communication yang berbasis pada community based tourism.
References
Arida, I. N. S. (2014). Buku Ajar Pariwisata Berkelanjutan. In Sustain-press.
Badan Promosi Pariwisata Daerah. (2021). Pariwisata Bandung Barat. DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KBB.
Bakti, I., Sumartias, S., Damayanti, T., & Nugraha, A. R. (2018). Pelatihan Komunikasi Pariwisata Berbasis Media Sosial (Instangram) Di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Padjajaran, 2(12), 1–6.
Bawanti, A. (2016). Analisis City Branding dalam pengembangan destinasi pariwisata kabupaten Jayapura. Jurnal Media Wisata, 14(1), 365–381.
BPMPD KBB. (2020). Profil Desa Cikidang (pp. 1–51). Pemerintah Kabupaten Bandung Barat Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa.
BPS Jawa Barat. (2020). Jumlah Penduduk dan Jenis Kelamin Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat 2019. BPSJABAR.
Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Disbudpar, K. (2020). Data Kunjungan Wisatawan Kabupaten Bandung Barat 2019-2020. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung Barat.
Edwin, G. (2015). Studi Tentang Pembentukan Desa Setulang Sebagai Desa Wisata di Kecamatan Malinau Selatan Hilir Kabupaten Malinau. Jurnal Pemerintah Integratif, 3(1), 152–163.
Ghaniyah, W. A. (2020). Rempug Tarung Adu Tomat Sebagai Identitas Masyarakat Agrikultur Kampung Cikareumbi. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.
Ishatono, I., & Raharjo, S. T. (2016). Sustainable development goals (sdgs) dan pengentasan kemiskinan. Share : Social Work Journal, 6(2), 159. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13198
KBB BPS. (2020). Rencana Strategis Badan Pusat Statistik KBB 2020- 2024. Badan Pusat Statistika.
Keeble, B. R. (1988). The Brundtland Report: “Our Common Future.” In Medicine and War (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.1080/07488008808408783
Laksana, P. B., Riyanto, & Said, A. (2015). Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Surakarta Melalui City Branding (Studi Pada Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Surakarta). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 3(1), 73–79.
Marta, R., & Havifi, I. (2017). Media Komunikasi dalam Branding Parawisata Kota Padang. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 01(01), 657–667.
Mattulanda. (2007). Kebudayaan Kemanusiaan Dan Lingkungan Hidup. Hasanudin University Press.
Maulana, Y. (2016). Film Dokumenter Budaya Perang Tomat di Kampung Cikareumbi. Universitas Pasundan.
Nasrullah, R. (2018). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Permenpar. (2018). Peraturan Menteri Pariwisata republik Indonesianomor 3 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Operasional Pengelolaandana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pariwisata. Kementeri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Rayadin, D., Koswara, D., & Solehudin, O. (2015). Unsur Semiotik Pada Upacara Ruwatan Bumi Hajat Buruan Di Kampung Cikareumbi Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Sebagai Bahan Pembelajaran Membaca Artikel Budaya Di Sma Kelas Xii. Dangiang Sunda, 3(03), 1–7.
Santyaningtyas, A. C. (2019). Strategi Perlindungan Ekspresi Budaya Tradisional Di Indonesia. Jurnal Heritage, 8(1), 107–113.
Stewart, C. J., & Cash, W. B. (2012). Interview : prinsip dan praktik edisi 13. Salemba Humanika.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Teras.
Widyastuti. (2011). Tradisi langkahan dalam perspektif hukum Islam: Studi di Dusun Ngringin, Desa Jatipurwo, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Copyright (c) 2021 Acep Rachmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction