PEMBINAAN PROGRAM LITERASI TERHADAP ORANG TUA UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

  • Nandia Kiranti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Didin Syahruddin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syifa Nailul Muna Aljamaliah Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: literasi, peran orang tua, peran guru, sekolah dasar

Abstract

Gerakan literasi peserta didik wajib memiliki keterampilan membaca dan menulis dalam menunjang suatu proses pembelajaran. Keterampilan membaca dapat dilatih dan ditingkatkan dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang dianggap unik atau mampu meningkatkan keterampilan siswa. Media pembelajaran merupakan salah satu penunjang yang sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis. Gerakan Literasi Membaca (GLM) dianggap sangat efektif salam meningktkan keterampilan membaca siswa karena dengan program tersebut siswa diangap mampu dan mengerti dengan pembelajaran tersebut serta meningkatkan minat belajar dan meningkatkan keterampilan membaca siswa.

References

Abidin, Y. et al. (2017). Kemahiran Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.

Antasari, I. W. (2016). Dukungan orang tua dalam membangun literasi anak. Edulib, 6(2).

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29.

Hidayat, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan (Doctoral Dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Swandana, I.W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 64-76.

Sari, A. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Kelas IV SDIT Iqra 2. JPI: Jurnal Pustaka Indonesia, 1(1),, 44-55.

Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia . Paramasastra, 2(1).

Published
2021-12-31