Pola Komunikasi Komunitas Game Online Forza Horizon 4 (Studi Etnografi Virtual Mengenai Pola Komunikasi Dalam Grup Discord)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS GAME ONLINE FORZA HORIZON 4(Studi Etnografi Virtual Mengenai Pola Komunikasi Dalam Grup Discord). Subjek utama dalam penelitian ini berjumlah lima orang, yaitu pengurus admin atau ketua dari grup Discord ARMI. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pola komunikasi sebagai pola hubungan antara dua orang atau lebih baik dalam pengiriman serta penerimaan pesan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti. Dalam komunitas ARMI terdapat kegiatan dari awal sampai akhir proses komunikasi yang terjalin dalam komunitas tersebut secara virtual. Serta dalam komunitas ARMI terdapat simbol yang digunakan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Effendi, Mukhtar. (2010). Peran Internet Sebagai Media Komunikasi. E-Jurnal Komunikasi Universitas STAIN Purwokerto. Vol. 4, 130-142.
Setiawan, Rudy. (2013). Kekuatan New Media dalam Membentuk Budaya Populer di Indonesia. E-Jurnal Komunikasi Universitas Mulawarman. Vol.1, 355-374.
Putra, Anggi Rahmadansyah (2012). POLA KOMUNIKASI VIRTUAL DI DALAM KOMUNITAS ONLINE GAME (Penelitian Kualitatif Tentang Pola Komunikasi Virtual di Dalam Komunitas Online Game Point Blank “Heyholet’sgo”).
Raihan, Jade Putra & Putri, Yuliani Rachma. (2018). POLA KOMUNIKASI GROUP DISCORD PUBG.INDO.FUN MELALUI APLIKASI DISCORD. Jurnal Eproceedings Of Management, 5 No 3, 4161-4168.
Kusumawardani, Syahrul Perdana. (2015). Game Online Sebagai Pola Perilaku (Studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash Of Clans Pada Clan Indo Spirit). Jurnal UNAIR, 4 No 2, 154-163.
Ricky,R., Sudrajat, R.H & Pamungkas, Indra N.A. (2016). POLA KOMUNIKASI KELOMPOK GAME ONLINE (STUDI VIRTUAL ETNOGRAFI PADA PENGGUNA GAME “CLASH OF CLANS” KOMUNITAS 1-RON). Jurnal Eproceedings Of Management, 3 No 1, 753-760.
Kurnia, Eka. (2019). Pola Komunikasi Mahasiswa Gamers (Studi Pada Mahasiswa Sosiologi Di Universitas Negeri Makassar). Jurnal Universitas Negeri Makassar.
Kautsarina. (2017). Perkembangan Riset Etnografi di Era Siber : Tinjauan Metode Etnografi Pada Dark Web. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, 8 No 2, 145-158.
Sentosa, Amrin Tegar. (2015). Pola Komunikasi Dalam Interaksi Sosial. Jurnal ilmu Komunikasi UNMUL, 3 No 3, 491-503.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). ALFABETA.
Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana.
Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat.. Jakarta : Prenadamedia Group.
Soekanto, Soejono dan Budi Sulistyowati. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Mulyana. (2005). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarrta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purbo, W., Ono. (2005). Pengertian Internet Menurut Para Ahli. https://www.jatikom.com/sejarah-internet-pengertian/.
Copyright (c) 2022 Agung Rahmat Lukito, Wahyu Utamidewi , Luluatu Nayiroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction