Peran Media Edukasi Kesehatan Life Skills Remaja Disabilitas Intelektual Selama Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Remaja disabilitas intelektual (DI) mengalami perubahan fisik yang sama dengan remaja pada umumnya namun kelompok remaja tunagrahita memerlukan bimbingan dan pelatihanuntuk mengurus dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan media edukasi kesehatan bagi remaja DI. Penelitian ini menggunakan telaah literatur dari database perpustakaan UI dan google scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media edukasi kesehatan dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan life-skills remaja DI meski dalam PJJ selama tingginya angka COVID-19.
References
Ambarita, J., Jarwati, & Restanti, D. K. (2021). Pembelajaran Luring. Indramayu: Penerbit Adab.
Boulos, K. M., Giustini, D., & Wheeler, S. (2016). Instagram and WhatsApp in Health and Healthcare: An Overview. Future Internet, 8(3), 37. https://doi.org/10.3390/fi8030037
Ekadinata, N., & Widyandana, D. (2017). Promosi kesehatan menggunakan gambar dan teks dalam aplikasi WhatsApp pada kader posbindu. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(11), 547. https://doi.org/10.22146/bkm.26070
Gobec, C., Turnbull, M., & Rillotta, F. (2021). Lessons learnt from transitioning to online mentoring and learning at university during COVID-19 for adults with intellectual disability. Journal of Intellectual Disabilities, 174462952110365. https://doi.org/10.1177/17446295211036559
Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (2006). Exceptional Learners : An Introduction to Special Education 10th ed. USA: Pearson.
Kemendikbud. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Bisa Jadi Model Pendidikan Masa Depan. Kemendikbud. Retrieved from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pembelajaran-jarak-jauh-pjj-bisa-jadi-model-pendidikan-masa-depan
Kemenkes RI. (2019). Laporan Riset Kesehatan Dasar 2018. In Balai Litbangkes Kemenkes Ri. Retrieved from https://www.litbang.kemkes.go.id/laporan-riset-kesehatan-dasar-riskesdas/
Lopez-Basterretxea, A., Mendez-Zorrilla, A., & Garcia-Zapirain, B. (2014). A Telemonitoring Tool based on Serious Games Addressing Money Management Skills for People with Intellectual Disability. International Journal of Environmental Research and Public Health, 11(3), 2361–2380. https://doi.org/10.3390/ijerph110302361
Montag, C., Błaszkiewicz, K., Sariyska, R., Lachmann, B., Andone, I., Trendafilov, B., … Markowetz, A. (2015). Smartphone usage in the 21st century: who is active on WhatsApp? BMC Research Notes, 8(1). https://doi.org/10.1186/s13104-015-1280-z
Mulyana, D. (2017). Ilmu Kmunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya Bandung.
Nisa, K., Rachman, A., & Aryanti, S. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI TANAH BUMBU. JURNAL DISABILITAS, 1(2), 49–53. Retrieved from http://jurnalpkh.ulm.ac.id/index.php/jd/article/view/20
Permana, J., Yuwono, I., & Damastuti, E. (2021). Pandangan Orang Tua Yang Memiliki Anak Tunagrahita Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di SLB Negeri 1 Selat Kuala Kapuas. Jurnal Disabilitas, 1(2), 61-67.
Raissa, R. R. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Terhadap Peningkatan Pengetahuan Orang Tua/ Pengasuh Remaja Tunagrahita Mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja Tunagrahita di SLB C Ruhui Rahayu Samarinda Kalimantan Timur (Thesis). Universitas Indonesia.
Ramdoss, S., Lang, R., Fragale, C., Britt, C., O’Reilly, M., Sigafoos, J., … Lancioni, G. E. (2011). Use of Computer-Based Interventions to Promote Daily Living Skills in Individuals with Intellectual Disabilities: A Systematic Review. Journal of Developmental and Physical Disabilities, 24(2), 197–215. https://doi.org/10.1007/s10882-011-9259-8
Siregar, D. K., & Rianto, E. (2020). STUDI KASUS EKSPLORATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH SYNCHRONOUS SISWA TUNAGRAHITA DI SLB GEDANGAN. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(1).
UNFPA. (2017). Buku Saku Pedoman Remaja Pada Situasi Krisis Kesehatan. UNFPA. Retrieved from https://indonesia.unfpa.org/sites/default/files/pub-pdf/UNFPA%20-%20Buku%20Saku%20Remaja_resize%2016%20x%2011%20%282%29-%20FINAL.pdf
Walsh, J. (2016). Psychoeducation in mental health. New York: Oxford University
Copyright (c) 2022 rosta rosalina, Hadi Pratomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction