AUDIT KOMUNIKASI TENTANG PROGRAM PELAYANAN PASIEN BPJS
( DI RUMAH SAKIT ASRI MEDICAL CENTRE MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
Abstract
BPJS Kesehatan sebagai bagian integral dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), telah diperkenalkan di RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta sejak 2021. Meski demikian, beberapa pasien pengguna BPJS Kesehatan mengungkapkan ketidakpuasan terkait dengan potensi diskriminasi dalam pelayanan. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi melalui audit komunikasi untuk memahami efektivitas program pelayanan pasien BPJS Kesehatan di rumah sakit ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis implementasi kebijakan layanan publik dalam program pelayanan pasien BPJS Kesehatan di RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode gabungan. Audit komunikasi digunakan sebagai alat untuk mengukur efektivitas komunikasi pelayanan pasien BPJS Kesehatan, dan kuesioner digunakan untuk mencari pemahaman mengenai prosedur pelayanan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa manajemen RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta mengacu pada regulasi yang berlaku terkait pelayanan pasien BPJS Kesehatan. Meskipun kuesioner mencerminkan kepatuhan terhadap prosedur pelayanan, keterbatasan akses terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan keterbatasan penelitian. RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta secara umum mematuhi regulasi dalam memberikan pelayanan pasien BPJS Kesehatan. Meskipun demikian, keterbatasan akses ke SOP menjadi tantangan yang perlu diatasi untuk memahami lebih lanjut efektivitas program pelayanan. Disarankan agar manajemen RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta memberikan akses kepada peneliti untuk mengakses SOP guna melengkapi pemahaman tentang prosedur pelayanan. Hal ini akan memberikan informasi yang lebih komprehensif untuk evaluasi ke depan. Kontribusi penelitian adalah memberikan gambaran positif terkait penerapan prosedur pelayanan pasien BPJS Kesehatan di RS AMC Muhammadiyah Yogyakarta. Rekomendasi dan temuan dapat menjadi dasar untuk peningkatan layanan pasien dan evaluasi lebih lanjut.
References
Anagusti, T. T., Syauki, N. T., & Irawatie, A. (2020). Audit Komunikasi pada Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Provinsi DKI Jakarta. Ikra-Ith Humaniora …, 5(1), 103–113. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/927/718
Catur Saptaning Wilujeng, T. H. (2017). Komunikasi kesehatan : sebuah pengantar. UB Press. https://lontar.ui.ac.id/detail?id=20462328&lokasi=lokal
Hamzyah. (2019). Pengaruh Responsiveness, Tangible dan Emphaty Terhadap Kepuasan Pelayanan Pada PT. PLN (Persero) DI Kabupaten Enrekang. Profitability: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 129–141. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability/article/view/2507
Hardjana, A. (2014). Audit Komunikasi Internal. Prodi Ilmu Komunikasi, Unika Atma Jaya Jakarta, 3(2), 1–17. http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/720
Hidayah, N. (2017). Universal Health Coverage di Indonesia dan Dampaknya. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. https://mars.umy.ac.id/universal-health-coverage-di-indonesia-dan-dampaknya/
Listiowati, E. (2012). Pengukuran Kinerja Asri Medical Center Dalam Perspektif Balanced Scorecard. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen. http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs/article/view/1761
MK RI. (2005). Putusan Perkara Nomor 007/PUU-III/2005. 1, 1–273.
Murniarti, E. (2019). Komunikator, Pesan, Media atau Saluran, Komunikan, Efek atau Hasil dan Umpan Balik. In Universitas Kristen Indonesia (hal. 1–44). http://repository.uki.ac.id/2909/1/BahanAjar52019.pdf
Nurdin, I., Cangara, H., & Sultan, I. (2014). Audit Komunikasi terhdapat Program Sosialisasi Pembangunan T/L 150KV Maros-Sungguminasa PT. PLN (Persero) Pakitring Sulmapa. Jurnal Komunkasi KAREBA, 3(1), 1. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/viewFile/567/390
Saraswati, B. D. (2021). BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL. harian jogja. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2021/12/02/510/1089724/bpjs-kesehatan-cabang-yogyakarta-kembali-perluas-kerja-sama-fkrtl
Sari, D. C., Siregar, R. T., Silalahi, M., Silitonga, H. P., Alam, H. V., Abidin, A. Z., & Rahmat, A. (2020). Teori dan Konsep Manajemen Pemerintahan (Vol. 4, Nomor 2).
Siregar, P. A. (2022). Diktat Bahan Ajar Komunikasi Kesehatan. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Sudarwati, M., & Larasati, D. C. (2019). Analisis Pelayanan Prima Dalam Mendukung Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak (Studi Pada Puskesmas Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(2), 144–151.
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (hal. 546–555). Alfabeta.
Suwatno, S. (2019). Audit Komunikasi Sebagai Alat Mengukur efektivitas dan Efisiensi Komunikasi Organisasi. Jurnal MANAJERIAL, 7(2). https://doi.org/10.17509/manajerial.v7i2.16493
Trisnawati, F., Lestari, P., & Prayudi, P. (2020). Audit Komunikasi Program Jogja Belajar Budaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(3), 207. https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3772
Copyright (c) 2024 Puji Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction