STRATEGI KOMUNIKASI SUKU DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM DALAM MENGEMBANGKAN UMKM DI WILAYAH KOTA JAKARTA SELATAN
Abstract
Peran UMKM yang cukup vital bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia perlu medapatkan perhatian khusus. Pemerintah sebagai salah satu poros pertumbuhan ekonomi akan selalu menjadi sorotan terhadap perannya bagi masyarakat. Peran UMKM yang vital tidak diikuti oleh pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM, maka dari itu program jakprenenur dihadirkan untuk membantu mengatasi permasalah UMKM dalam proses pertumbuhannya. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh Sudin PPKUKM dalam mengembangkan umkm di wilayah kota jakarta selatan. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi Middleton yang dijabarkan melalui tahapan strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Fred R David yaitu : Perencanaan strategi, Pelaksanaan strategi, dan Evaluasi strategi. Penentuan informan secara purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai strategi yang dilakukan oleh Suku Dinas PPKUM Jakarta Selatan berdasarkan pada tiga tahapan strategi yakni, tahap perencanaan strategi dengan ditetapkan pendamping untuk mensosialisasikan program jakpreneur kepada masyarakat, menentukan bentuk pesan dan media yang akan digunakan. Tahap pelaksanaan berupa kegiatan pelatihan soft skill dan hard skill dengan masyarakat sebagai target sasarannya. Tahap evaluasi strategi terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan UMKM setelah mengikuti pelatihan. Pendampingan UMKM sangat diperlukan, apalagi saat ini UMKM dapat dengan mudah dan terjangkau menjual produknya menggunakan teknologi informasi.
Kata-kata Kunci: Strategi Komunikasi, UMKM, Jakpreneur
The role of MSMEs which is quite vital for Indonesia's economic growth needs special attention. The government as one of the axis of economic growth will always be in the spotlight for its role for society. The vital role of MSMEs is not followed by the knowledge and skills of MSME actors, therefore the jakpreneur program is presented to help overcome MSME problems in their growth process. The purpose of this research is to find out and analyze the communication strategy used by PPKUKM Sub-agency in developing SMEs in the city area of South Jakarta. The method in this research is a qualitative method with a descriptive research type. This study uses Middleton's communication strategy theory which is explained through the stages of communication strategy proposed by Fred R David, namely: strategic planning, strategy implementation, and strategy evaluation. Determination of informants by purposive sampling with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the research on the strategy carried out by the South Jakarta PPKUM Sub-agency are based on three strategic stages, namely, the strategic planning stage by assigning a companion to socialize the jakpreneur program to the public, determining the form of messages and media to be used. The implementation phase is in the form of soft skill and hard skill training activities with the community as the target. In the strategy evaluation stage, there is an increase in MSME knowledge and skills after attending the training. MSME assistance is needed, especially now that MSMEs can easily and affordably sell their products using information technology.
Keywords: Communication Strategy, MSMEs, Jakpreneur
Copyright (c) 2023 Lisa Rahayu, Weni A. Arindawati, Luluatu Nayiroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction