STRATEGI MARKETING STARBUCKS REST AREA KM 57 DALAM MEMPEROLEH REGULAR CUSTOMER MELALUI BARISTA 8 HIJAU

  • Laura Olivia Mamesah University of Singaperbangsa Karawang
  • Luluatu Nayiroh University of Singaperbangsa Karawang
  • Tri Widya Budhiharti University of Singaperbangsa Karawang
Keywords: pelanggan tetap, intergrated marketing communication, barista, ramai, starbucks experience

Abstract

Kepentingan peran pelanggan tetap dan dampaknya pada keuntungan perusahaan tidak dapat disangkal, dan terlihat lebih sulit untuk membangun hubungan dengan pelanggan dibanding kelihaannya. Untuk hal tersebut para pemasar dan pedagang melakukan berbagai macam cara untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi kasus pada strategi pemasaran Starbucks Rest Area KM 57 dengan menciptakan peran baru yaitu Café Area Deployment atau “Barista 8 hijau” untuk mendapatkan pelanggan tetap pada situasi toko yang ramai, dan mencapai visi mereka yaitu “Starbucks Experience”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan metode studi kasus, yang bertujuan untuk memahami penerapan tugas Barista 8 hijau yang mengandung elemen dasar dari teori Intergrated Marketing Communication (IMC) oleh Don Schultz pengusung teori IMC. Bermula dari kekhawatiran tim manajemen Starbucks Rest Area KM 57 tentang kurangnya fokus para baristanya dalam memberikan pengalaman yang terbaik kepada para pelanggan, sampai akhirnya tercipta peran baru yaitu Café Area Deployment atau Barista 8 hijau yang setiap harinya diterapkan oleh para barista Starbucks Rest Area KM 57.Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa strategi pemasaran Starbucks Rest Area KM 57 berhasil, terbukti dari pernyataan para pelanggan tetap Starbucks Rest Area KM 57. Setiap pelanggan tetap mereka menyampaikan alasannya masing – masing untuk datang kembali dan kebanyakan karena pengalaman yang diberikan oleh para Barista 8 hijau Starbucks Rest Area KM 57.

Kata-kata Kunci: Pelanggan Tetap, Intergrated Marketing Communication (IMC), Barista, Ramai, Starbucks Experience

References

About us: Starbucks Coffee Company. About Us: Starbucks Coffee Company. (n.d.). https://www.starbucks.com/about-us/
Dam, S. M., & Dam, T. C. (2021). Relationships between Service Quality, Brand Image, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0585
Dharmawan, C. T., & Ferry Jaolis. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION, PERCEIVED QUALITY, DAN AFTER SALES SERVICE TERHADAP REPURCHASE INTENTION: STUDI KASUS TOKO MOROJOYO TOYS, 1–11. file:///C:/Users/User/Downloads/11988-22670-1-SM.pdf
Dijk, O. van. (2019, September 27). Customer Loyalty & 4 emotions that drive it: Aq services. AQ Services International. https://www.aq-services.com/4-emotions-driving-customer-loyalty/
Effendy, F. D. (2021). Public Relations Mix Starbucks Coffee Pasaraya Grande Jakarta Selatan Dalam Menarik Minat dan Mempertahankan Konsumen (thesis). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta Selatan.
Fitriani, V. F. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SELAWAKTU COFFEE TEBET DALAM MENINGKATKAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI DAN PASCA PANDEMI COVID-19 PERIODE 2020-2022 (thesis). Universitas Mercu Buana, Jakarta . Retrieved September 27, 2023, from https://repository.mercubuana.ac.id/76018/1/44320110059%20Vidya%20Firya%20Fitriani-01%20Cover.pdf.
Hafidz, T. Z. (2022). Strategi Public Relations Starbucks Dalam Mempertahankan Loyalitas Customer. (thesis). Universitas Mercu Buana, Jakarta . Retrieved September 26, 2023, from https://repository.mercubuana.ac.id/41825/.
Heliani, H., Harahap, D. A., & Mahani, S. A. E. (2022). Pengaruh Kualitas produk, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan pembelian pada coffee shop work coffee di kota bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.4485
Jumlah Usaha Restoran, Rumah Makan, dan Cafe Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. (2022). https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-restoran-rumah-makan-dan-cafe-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat
Kushwaha, B. P., Singh, R. K. S. K., Varghese, N., & Singh, V. N. (2020). Integrating social media and digital media as new elements of integrated marketing communication for creating brand equity. Journal of Content, Community and Communication, 11(10), 52–64. https://doi.org/10.31620/jccc.06.20/05
Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada cv. Tinta Kaili Dalam Perspektif Ekonomi islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 63–84. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i1.5.63-84
Mardalis, A. (2006). MERAIH LOYALITAS PELANGGAN . https://doi.org/https://doi.org/10.23917/benefit.v9i2.1217
Nurhanifah, N., Kartika, N. W., Husein, A., Harahap, M., Ritonga, J. R., & Kesuma, C. I. (2022). Analisis Strategi Marketing, Brand Image (personal branding) Serta Loyalitas Terhadap minuman starbucks di kalangan remaja milineal. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 116–121. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i1.2291
Safitri, E., Auliana, L., Sukoco, I., & Barkah, C. S. (2022). Kajian Literatur Peran Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen, 19(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/jabis.vol19.iss2.art6
Yani, M. A. (2020). ANALISIS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) ADAM BENGKULU (thesis). INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN BENGKULU BENGKULU, Bengkulu.
Yuliana, D. (2019). STRATEGI PUBLIC RELATIONS STARBUCKS COFFEE DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI BRING YOUR OWN TUMBLER (BYOT) (thesis). President University, Bekasi. Retrieved September 26, 2023, from http://repository.president.ac.id/bitstream/handle/123456789/10592/THESIS_Defi%20Yuliana_009201505059.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Published
2024-06-30