KREATIVITAS PRODUSER DALAM PENGEMBANGAN IDE DAN KONSEP PROGRAM FEATURE TELEVISI “ROMANTISME KOPI DI KOTA PELAJAR”

  • Kusumo Gambriyanto Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
  • Purwanto Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta
  • Susilawati
  • Tituk Utari Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta
  • Rakhmad Hidayat Nuriswara Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta
Keywords: kreasi visual, developing shot, romantisme kopi, kota pelajar, kopi pasir, kopi bumbung, pengarah acara, yogyakarta

Abstract

Yogyakarta sebagai kota pelajar tidak lepas dari kegiatan anak muda seperti berkumpul bersama teman, mengerjakan tugas dan aktivitas lain yang bisa dikerjakan di luar ruangan. Salah satu tempat yang sering dijadikan tempat berkumpul yaitu kedai kopi atau kafe. Banyak kedai kopi atau kafe yang bermunculan di Yogyakarta mulai dari kedai kopi tradisional hingga modern, salah satunya kedai kopi unik yaitu Kopi Bumbung Tradisional Yogyakarta dan Kopi Pasir Yogyakarta.

Metode penelitian pada penciptaan skripsi ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian yang dipilih yaitu Kopi Bumbung Tradisional Yogyakarta dan Kopi Pasir Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, voxpop dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik pengambilan gambar developing shot di Kopi Bumbung Yogyakarta dan Kopi Pasir Yogyakarta dapat menimbulkan kesan tersendiri dan tidak membosankan penonton. Kopi Bumbung Yogyakarta memiliki keunikan dalam hal penyajian kopi yang menggunakan termos bambu, sedangkan Kopi Pasir Yogyakarta memiliki keunikan dalam pembuatan kopi yang menggunakan media pasir.

Kesimpulan karya program feature televisi dengan ide kuliner perjalanan berjudul “Jalan-Jalan Jajan” Edisi “Romantisme Kopi di Kota Pelajar” dipandu oleh seorang host dan berdurasi 16 menit. Karya ini menghadirkan variasi visual agar tidak membosankan penonton dengan menggunakan teknik developing shot yang berisikan hiburan, informasi dan edukasi kepada penonton.

References

Ada 3000 Kedai Kopi di Seluruh Yogya, Terpadat di Indonesia. 2022. Diakses pada 22 Maret 2024. https://kumparan.com/pandangan-jogja/ada-3-000-kedai-kopi-di-seluruh-yogya-terpadat-di-indonesia-1ympBAlgDYG/full

Adi, B. 2010. Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Agus, Djunaedi Tjunti. 2023. Menulis Feature Yang Mengasyikkan. Diakses pada 21 April 2024. https://pwijabar.com/berita/5584/menulis-feature-yang-mengasyikkan.

Arif, Hilman. 2020. Skripsi “Proses Editing Program Acara Aneka Bakat dan Gaya di LPP TVRI Riau Kepri”. UIN SUSKA RIAU. Riau

Arief, Dzaki M. 2020. Skripsi Kreasi dan Variasi Visual Pengarah Acara Dalam Program Feature Televisi “Trendy” Edisi “Skuter Listrik. Sekolah Tinggi Multi Media. Yogyakarta.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Baksin, Askurifai. 2016., Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Chylinski, Ryan. 2012. Time-lapse Photography. LearnTimelapse.com

Dennis, F.G. 2008. Bekerja Sebagai Sutradara. Jakarta: Erlangga Mahameru.

Dewi, Agnesthia Maharani Sukma. Asiatun, Siti. 2022. Penerapan Ide Kreatif dalam Program Feature Televisi “Nusantara Bercerita” Edisi “Bocah Sisih Kidul”. Sekolah Tinggi Multi Media. Yogyakarta

Dhamayanti, Alfi. 2022. Skripsi Implementasi Camera Angle dan Kontinuitas Gambar Dalam Produksi Feature Televisi “Jojurney” Edisi “Adiwarna Pantai Selatan”. Sekolah Tinggi Multi Media. Yogyakarta.

Fachruddin, Andi. 2012. Dasar-Dasar Produksi Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media

Kriyantono, Rachmat. 2020. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Latief, Rusman. 2020. Panduan Produksi Acara Televisi Nondrama. Jakarta: Prenada Media Group.

Mencher, Melvin. 2000. News Reporting and Writing. New York: The McGraw – Hill Companies

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi Edisi Revisi. Prenada Media Group.

. 2018. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mukti, Mochammad Adam. 2019. Director Of Photography dalam Pembuatan Film Pendek Bergenre Drama Tentang Konflik Interpersonal dalam Keluarga. STIKOM. Surabaya.

Narendra, Eri F. & Susilawati. 2018. Variasi Shot Pada Produksi Feature Televisi Kilau Macapat Permata Jawa. Yogyakarta

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif (Bandung). Tarsito

Pramita, Ayu D., & Sri. Indah. V. 2016. Nongkrong di Warung Kopi Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa di Mato Kopi Yogyakarta. Yogyakarta.

Purwanto. Iqbalulhadi, M. Susilawati. 2022. Penerapan Variasi Shot dalam Program Magazine Televisi “Mesmerize”. Yogyakarta

Rukmananda, Naratama. 2004. Menjadi Sutradara Televisi dengan Single dan Multi Camera. Jakarta: Grasindo

Semedhi, Bambang. 2011. Sinematografi-videografi: Suatau Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia

Subroto, Darwanto Sastro. 1994. Produksi Acara Televisi. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sukma, Agnestia M., Asiatun Siti. 2022. Penerapan Ide Kreatif dalam Program Feature Televisi “Nusantara Bercerita” Edisi “Bocah Sisih Kidul”. Yogyakarta

Susilawati. Narendra, Eri Fajar. 2018. Variasi Shot Pada Produksi Feature Televisi Kilau Macapat Permata Jawa. Sekolah Tinggi Multi Media. Yogyakarta

Soekirman, Djoko 1986. Sejarah Kota Yogyakarta. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Sri Pinasti, Indah. Pramita, Dea Ayu. 2016. Nongkrong di Warung Kopi Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa di Mato Kopi Yogyakarta. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Thompson, Roy. Bowen, J. Christopher. 2008. Grammar of Shot. Elsevieew

Verovaya, Lina. 2019. https://unsplash.com/photos/brown-and-black-brush-4kBsVsiFozc. Diakses pada 23 Maret 2024.
Published
2024-06-30