REPRESENTASI PESAN TOLERANSI DALAM KONTEN YOUTUBE “ADIT & SOPO JARWO”

(STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)

  • Nasih M. Dzakaul Fikri Universitas Yudharta Pasuruan
  • Nurma Yuwita Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Analisis Semiotika, Pesan Toleransi Adit & Sopo Jarwo

Abstract

Semiotika merupakan ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda, peneliti akan menggunakan triadic semiotika Charles Sanders Pierce, Film yang akan di teliti adalah Video dalam Konten Youtube “Adit & Sopo Jarwo”, yang menyungsung tema islami sebagai konten atau konsep utamanya, sebagai tontonan youtube yang menghasilkan oleh anak bangsa atau karya anak bangsa ini yang diproduksi oleh tim oleh MD Animation, dalam konten Youtubenya saat ini sudah memiliki 3,87 Juta Subcriber dengan total 1372  video sejak awal bergabung terhitung 27 Januari 2014. Pesan toleransi yang dimunculkan dalam konten youtube Adit & Sopo Jarwo ini beragam karena banyak sekali memperlihatkan kehidupan sehari-hari yang tergolong sangat mudah dipahami dan juga pesan yang diisaratkan secara gambar atau secara visual menjadi lebih banyak dan juga beragam. Penelitian ini menghasilkan makna toleransi antar suku atau ras, kedua makna toleransi antaragama yang mempresentasikan tentang perbedaan antara antar umat beragama itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dan ketiga bahwa makna toleransi antarbudaya.

References

Agung Nugroho. 2020. New Normal, Momentum Transformasi Sosial Budaya. Universitas Gadjah Mada. Retrieved from https://ugm.ac.id/id/berita/19479-new-normal-momentum-transformasi-sosial-budaya
Ali, M. D. 1986. Islam Untuk Disiplin Ilmu Hukum, Sosial dan Politik. Jakarta: CV Wirabuana.
Asep Hermawan, Husna Leila Yusran. 2017. Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Depok: Kencana.
Bungin, Burhan. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.
Fiske, John. 2007. Cultural and Communication Studies : Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra
Fitriyah, A. 2020. Nilai-Nilai Dakwah Dalam Film Animasi Adit.
Indonesia, S. 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 4th ed. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Kriyantono, Rachmat. 2016. Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, oublic relations, advertsing, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta kencana
Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika
Mangole, K. D. B., Himpong, M., & Kalesaran, E. R. 2017. Pemanfaatan Youtube dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat di Desa Paslaten
Muharam, R. S. (2020). Membangun Toleransi Umat Beragama di Indonesia Berdasarkan Konsep Deklarasi Kairo. Jurnal HAM, 11(2), 269. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.269-283
Mujianto, H. 2019. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id
Nawiroh. 2015. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor:Ghalia Indonesia.
Nurmawati, L. 2021. Pengaruh Film Animasi adit dan Sopo Jarwo terhadap Perkembangan Moral. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(2), 137–151. https://doi.org/10.23960/jiip.v1i2.21783
Remboken Minahasa. JurnalActaDiurna, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/downloa d/18359/17887 SOPO JARWO EPISODE 61-63 (Analisis Semiotika Roland Barthes) Institut Agama Islam Negeri Madura. Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, 1(1). https://doi.org/10.19105/meyarsa.v1i1.3275
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syifaul Jinnan Sabila, & Nurma Yuwita. (2022). PESAN MORAL DALAM KONTEN YOUTUBE NUSSA DAN RARA OFFICIAL . Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), 61-80. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/525Vera,
Yuwita, Nurma. 2018. Representasi Nasionalisme dalam Film Rudi Habibie (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/HERITAGE/article/view/1565https://doi.org/10.35891/heritage.v6i1.1565
Published
2024-06-30