STUDI NETNOGRAFI PADA KOMUNITAS VIRTUAL GIM PUBG MOBILE BnW ESPORTS
Abstract
Interaksi sosial tentunya dapat membangun relasi pertemanan secara virtual dan membangun sebuah komunitas virtual yang bisa menghasilkan kebudayaan. Tentunya interaksi yang terjadi di dunia maya berbeda dengan interaksi di kehidupan nyata, apalagi interaksi dengan komunitas virtual yang terjadi di dalam gim, karena interaksi yang terjadi di dalam dunia virtual tentu memiliki bahasa atau istilah tertentu yang sulit untuk dimengerti oleh orang yang tidak melakukan interaksi secara virtual dan memainkan gim pubg. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah computer-mediated communication (CMC). Penelitian ini berfokus pada interaksi sosial serta budaya yang terjadi di dalam komunitas virtual BnW E-Sports dalam gim PUBGM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi serta budaya yang ada di komunitas virtual BnW E-Sports dan hasil-hasil dari percakapan antar anggota komunitas BnW E-Sports tersebut apakah ada istilah bahasa yang terbentuk didalamnya ketika berinteraksi secara virtual.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode netnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa interaksi sosial di dalam komunitas BnW E-Sports berperan dalam membangun kekompakan dan strategi selama permainan dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama serta istilah-istilah khusus dalam permainan seperti loot, rush, dan revive. Identitas komunias BnW ini dibangun melalui partisipasi aktif dalam permainan, prestasi yang diraih, interaksi sosial, dan penggunaan strategi pemasaran yang efektif. Adapun fitur yang paling signifikan dalam memfasilitasi interaksi antara anggota komunitas BnW E-Sports adalah voice chat, meskipun voice chat sangat memfasilitasi komunikasi, fitur ini juga memiliki kontrol yang bisa membatasi interaksi dengan cara mematikan kontrol voice chat.
Copyright (c) 2024 Fathan Syafiq Naufal, Luluatu Nayiroh, Made Panji Teguh Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction