STRATEGI PT BERKAH UKHUWAH BERTIGA DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN MELALUI IKLAN PADA CHANNEL YOUTUBE MALANG STRUDEL (STUDI KASUS IKLAN MALANG STRUDEL VERSI RAMADHAN TAHUN 2018)
Abstract
Di era digitalisasi ini, banyak sekali iklan korporat yang dihasilkan oleh perusahaan atau organisasi untuk membangun citra dan reputasinya sehingga dapat diterima masyarakat.Sama dengan halnya PT Berkah Ukhuwah Bertiga dalam membangun citra perusahaan melalui iklan produk Malang Strudel di platform YouTube, khususnya pada kampanye Ramadhan 2018. Menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi peran iklan digital dalam menciptakan citra perusahaan yang kuat dan berkelanjutan di sektor oleh-oleh modern. Hasil menunjukkan bahwa PT Berkah Ukhuwah Bertiga berhasil memanfaatkan iklan sebagai sarana pembentukan citra perusahaan dengan tiga strategi utama, yakni: citra perusahaan, manajemen reputasi, dan strategi iklan. Keberhasilan iklan ini diperkuat dengan penunjukan Teuku Wisnu sebagai brand ambassador yang menciptakan persepsi religius dan terpercaya di mata konsumen. Iklan Ramadhan yang ditayangkan di YouTube ini terbukti efektif dalam menarik perhatian dan memposisikan Malang Strudel sebagai oleh- oleh khas halal dari Malang. Citra perusahaan yang dibangun melalui konsep ukhuwah menekankan nilai sosial dan religius, menjadikan Malang Strudel berbeda dari pesaingnya. Strategi iklan berbasis digital ini berhasil membangun top of mind di kalangan konsumen serta meningkatkan kesadaran merek secara luas.
References
Dewi, Janita. 2005. Perspektif Baru Dalam Strategi Branding. Jakarta: Amara Books
Greener, Toni. 2002 Public Relations dan Pembentukan Citranya. Cetakan ketiga.,Jakarta: PT Bumi Aksara. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5285
/1/111211037.pdf (10 Oktober 2024). https://www.kajianpustaka.com/2020/10/cit ra-perusahaan.html (10 Oktober 2024).
Nur Istiadi, Lilik. (2016). Citra Wanita Dalam Iklan di Televisi. Diakses dari:
Poppy Ruliana. (2014). Komunikasi Organisasi, Teori dan Studi Kasus, Depok: Rajawali Pers. 2. Paul A. Argenti (2010). Komunikasi Korporat, Jakarta: Salemba Humanika.
Riady, Muchlisin. 2020. Citra Perusahaan (Pengertian, Fungsi, Jenis, Indikator dan StrategiPembentukan). Diakses dari:
Youtube Malang Strudel Iklan Malang Strudel Versi Ramadhan 2018; Spiritual Journey “Teuku Wisnu “ In Malang https://www.youtube.com/watch?v=KGWo eifxI20
Analisis Strategi Komunikasi CV Cipta Karya Dalam Membangun Citra Perusahaan Bidang Musik dan Kerajinan. Muhammad Zakaria, Wuri handayani. 2022
Citra Shopee Pasca Kasus Petisi Pemboikotan Iklan Versi Blackpink “12.12 Birthday Sale” di Media Online. Ellen Ganeshawati Bahtera, Titi Nur Vidyarini, Monica Rusdianto. 2019
di Era Digital. UltimaComm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 206–225.
Girsang, C.(2020). Pemanfaatan Micro- Influencer pada Media Sosial sebagai Strategi Public Relations
Implementasi Digital Public Relations dalam Membangun Citra Brand “Styleeves” Mohammad Insan
Romadhan, Asfira Rachmad Rinata, Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana 2024
Pangesti, A. P. (2018). Strategi Komunikasi Social Media Dalam Membangun Citra Merek Di Mata Konsumen. Universitas Mercu Buana Jakarta.
PEMBENTUKAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) PT BADR SEBAGAI PERUSAHAAN START UP DIGITAL BERBASIS DAKWAH
Layung Paramesti Martha dan Aryanto Pratama 2019
Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Citra Merek Komik Jopa Jopi Melalui Instagram Rio Juliantoni Shulhuly Ashfahani 2023
STRATEGI PUBLIK RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA
PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Membangun Hubungan Baik Dengan Media Dalam Upaya Meningkatkan Citra Perusahaan) Siti Khadijah 2012
Copyright (c) 2024 Risky Ramadana, Ruth Stany Melisa, Yudhistira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction