ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT ADOPSI PENGGUNA DAN EFEKTIVITAS TERPAAN IKLAN DALAM APLIKASI SEBUAH SMARTPHONE
Abstract
Semakin berkembangannya era globalisasi saat ini banyak sekali dampak dari perubahan gayahidup di masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok. Perkembangan teknologi menjadi
semakin canggih dan mempunyai fitur-fitur menarik di dalamnya. Termasuk salah satunya
perkembangan teknologi mobile/telepon. teknologi mobile/t4elepon yang familiar digunakan sebagian
besar masyarakat saat ini adalah telepon pintar/smartphone.
Karena hal itulah tentu terdapat pengaruh positif dan negatif dari berbagai fenomena yang ada.
Diantaranya semakin banyaknya karakteristik pengguna smartphone dengan berbagai macam merek dan
fitur-fitur yang berbeda.
Dampak dari penggunaan teknologi smartphone tersebut menyebabkan sebuah candu dan rasa
ketergantungan akan menggunakannya, sehingga berdampak negatif. Selain berdampak positif dari
fenomena yang ada juga menimbulkan dampak positif bagi dunia usaha, yaitu upaya produsen dalam
memasang iklan untuk memasarkan produknya di dalam aplikasi sebuah smartphone.
Perubahan tingkat pemakaian/penggunaan sebuah produk komunikasi yang semakin cepat
membuat sistem komunikasi seseorang semakin berkembang sehingga sangat mempengaruhi dunia
periklanan dalam aplikasi sebuah smartphone.
Dari perkembangan komunikasi yang semakin cepat menyebabkan dampak yang besar pada
dunia advertising pada aplikasi sebuah smartphone. Hal demikian memberikan peluang yang
menguntungkan sebuah perusahaan untuk mengiklankan produk/jasanya dalam bentuk mobile
advertisement. Iklan ini bisa ditampilkan dalam Mobile advertisement adalah sebuah iklan yang dapat
tampil dalam berbagai bentuk diantaranya sound, music, tulisan, model grafik, lewat terminal komunikasi
sebuah smartphone (N. Sott dan I. Respini : 2001)
Banyak perusahaan membentuk hubungan/kerjasama secara intens dengan
pengusaha/pengembang sebuah aplikasi dalam smartphone yang paling banyak di download pengguna
dan aplikasi yang terkenal di kalangan pengguna, kemudian pada aplikasi tersebut disisipkan sebuah
iklan. Mobile advertisement mempunyai kelebihan diantaranya bisa melakukan one to one pemasaran
dan mass marketing dalam waktu yang sama (Carhm, Inter : 2002)
Seiring berjalan waktu dan berkembangnya teknologi komunikasi, banyak perusahaan yang
memperhatikan efek dari pemasangan iklan di sebuah aplikasi smartphone, untuk mengetahui tingkat
efektifitas strategi pemasaran produk/jasa mereka melalui pemasangan iklan dalam aplikasi sebuah
smartphone.
Penelitian ini tidak lain bertujuan untuk menginvestigasi terhadap efektivitas sebuah iklan dalam
aplikasi sebuah smartphone dan menginvestigasi beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi para
pengguna dalam mengunakan smartphone tersebut. Diharapkan penelitian ini ke depan bisa memberikan
kontribusi/rekomendasi tentang beberapa kualifikasi iklan yang bagus di masyarakat.
Metode survey akan diterapkan pada penelitian ini dan melihat hubungan antara beberapa
pengukuran tentang advertising pada aplikasi sebuah smartphone.
References
Carhm, Interactive, “The Future of Wireless and
communication Market,”pp. 1-11, 2002.
D. Drossos &G. M. Giaglis, “Mobile Advertising
EffectivenessanExploratoryStudy”InProceedi
ngs of the International Conference on Mobile
Business marketing, p. 2, 2006.
D.E. Hinkle, W.Wiersma, & S.G. Jurs, Applied
Statistics for the Behavioral Sciences, 5th
Edition,Houghton Mifflin Company, New
York, 2003.
Neil. Scott &I. Respini, Ovum Forecasts 2001-
: global mobile marketing. Ovum, Ltd.
London
G. Drury, “Opinion Piece: Social Media: Should
Marketers Engage and How Can It Be Done
Effectively?,”Journal of Direct, Data and
Digital Marketing Practice, vol. 9, pp. 274-
, 2008.
H. Lee, J.G. Kim, S.J. Yang,&J.Hong,
“Personalized TVServices based on TV-
anytime for Personal Digital Recorder,”IEEE
Trans. Consumer Electron, vol. 51, pp.885-
, 2005.
H. Lin, “The Communication Between
Advertising Research and Other Disciplines:
ACitation Analysis,” Asia Pacific
Management Review, vol. 2, pp. 1-12, 2000.
Irianto, 2010. Statistik Konsep Dasar Dan
Pengembangannya. Jakarta Kencana
J.W. Lee, C.S. Lee, &Y.S. Park, “Research on the
Advertisement Effect of Push Type Mobile
Advertisement”InIEEE Fourth International
Conference on Cooperation and Promotion ofInformation Resources in Science and
Technology, pp. 137-142, 2009.
Muhada, Yo ceng Giop. 2011. Pengantar
Teknologi Informasi. Mitra Wacana Media
M. Tsang, S.C. Ho,&T.P. Liang, “Consumer
Attitudes Toward MobileAdvertising: An
Empirical Study,”International Journal of
Electronic Commerce, vol. 8,pp. 65–78, 2004.
P. Barwise &C. Strong, “Permission-based
MobileAdvertising,”Journal of Interactive
Marketing, vol. 16, pp. 14-24, 2002.
P. Golding, Next Generation Wireless
Applications: Creating Mobile Applications in
A Web 2.0 and Mobile 2.0 World, 2nd ed,John
Wiley and Sons,New Jersey,2008.
R. Unni &R. Harmon, “Perceived Effectiveness of
Push vs. Pull MobileLocation-based
Advertising,” Journal of Interactive
Advertising, vol. 7, pp. 1-24, 2007.
S. Allen, V. Graupera, & L. Lundrigan, Pro
Smartphone Cross-Platform Development:
iPhone, Blackberry, Windows Mobile and
Android Development and
Distribution,Apress,New York,2010.
Tata Sutabri. 2014. Pengantar Teknologi
Informasi. Penerbit Andi
Y.C. Lee, “Factors Influencing Attitudes towards
MobileLocation-
basedAdvertising,”InSoftware Engineering
and Service Sciences (ICSESS), 2010 IEEE
International Conference, pp. 709-712, 2010.
T. De Pessemier, T. Deryckere, K. Vanhecke, &L.
Martens, “Proposed Architecture and
Algorithm for Personalized Advertising on
iDTV and MobileDevices,”IEEE Transactions
On Consumer Electronics, vol. 54, pp. 709-
, 2008.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction