STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PT. PLN UPJ SUKOREJO

  • SUBCHAN Asy'Ari,ST., MT
Keywords: Peningkatan Pelayanan, Pelanggan, PT.PLN UPJ Sukorejo

Abstract

Pelayanan merupakan unsur yang sangat penting di dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada dasarnya
posisi pelayanan ini merupakan faktor pendukung terhadap aktifitas pemasaran jasa PLN. Dalam rangka meningkatkan
pelayanan penyediaan tenaga listik oleh PT PLN kepada masyarakat pada umumnya dan pelanggan pada khususnya.
Maka dalam hal ini PT. PLN UPJ Sukorejo melaksanakan beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan
yang tiada henti kepada pelanggan dan secara berkesinambungan. Dalam proses penelitian ini menggunakan berbagai
metode diantaranya Metode Observasi, Interview dan Dokumentasi. Dalam pembahasan beberapa Strategi PT. PLN
UPJ Sukorejo dalam meningkatkan pelayanan adalah Sosialisasi Pelayanan Tiada Henti Bayar Listrik On-Line Bank,
Mitra pembayaran program pembayaran listrik on-line bank, Sosialisasi Listrik Pra Bayar (LPB), Strategi PT. PLN UPJ
Sukrejo dalam mengatasi masalah APBN. pelayanan-pelayanan dalam mengatasi keluhan yang diberikan oleh
pelanggan sesuai dengan teori yang diungkapkan oleh Schnaars dalam Tjiptono (1998), yaitu Penanganan keluhan
memberikan peluang untuk mengubah seorang pelanggan yang tidak puas menjadi pelanggan produk perusahaan yang
puas (atau bahkan menjadi ’pelanggan yang abadi’). Maka dalam hal ini PT.PLN.UPJ Sukorejo merupakan salah satu
unit pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

References

Purnama (2000), ”Kualitas Jasa Dan Upaya

Penciptaan Nilai Pelanggan”, MODUS, Vol 13(1)

Permadi (1998), ”Pengembangan Konsep

Kinerja Pasar”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia,

Vol (13)

Tjiptono, Fandy; Chandra, Gregorius (1998),

Service, Quality, Satisfction, Penerbit Andi Yogyakarta

Susilo, Erwan (2005), ”Analisis Pengaruh

Tenaga Penjual, Produk Harga Dan Dukungan

Pemasaran Terhadap

Kepuasan Pelanggan”, Thesis,

Megister Manajemen, Universitas Diponegoro

Tjiptono, Fandy, (1997), ”strategi pemasaran”,

Penerbit Andi Yogyakarta

Published
2017-01-01