RANCANGAN BUSINESS MODEL UNTUK HOME INDUSTRY “KUE PIA” DENGAN MENERAPKAN TEORI BUSINESS MODEL CANVAS
Abstract
Menjamurnya home industry, terutama bisnis dibidang kuliner sudah diterima dampaknya oleh industri rumahan oleh “kampung pia yang memproduksi kue khas oleh-oleh pia aneka rasa” yang bertempat di daerah Kecamatan Gempol Kabupaen Pasuruan.
Riset ini menggunakan model deskripsi kualitatif yaitu dengan menganalisis model bisnis kanvas yang mempunyai sembilan blok bisnis sebagai pondasi dasar yang memudahkan pengguna untuk memahami bentuk/gambaran bisnis home industry kampung pia, yang terdapat pada saluran bloknya, pemasaran barang kepada pembeli, yang sudah memiliki beberapa konsinyasi, misalkan pemesanan produk baru secara daring, pemasaran dan pembelian, bentuk pameran ekspo produk home industry, berikutnya dalam gambaran blok bangunan kegiatan, dalam melakukan perancangan produk diperlukan survei desain lanjutan untuk mengetahui selera konsumen/pelanggan.
Desain business model canvas home industry kampung pia disarankan memakai bentuk model bisnis terbuka, dimana bisnis tersebut bisa terjadi dari luar dalam meningkatkan persaingan bisnis kuliner khas oleh-oleh dimana penjualannya sekarang ini sudah semakin sengit.
References
Alma,Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa dan Pemasaran. Bandung : Alfabeta.
Alexander Asterwalder & Yves Pigneur, 2014, Business Model Generation, Cetakan ke-6, alih Bahasa Natalia Ruth Sihandrini, Jakarta: PT.Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI. Amit, R. Zott, C. (2012). Creating Value Through Business Model Innovation. MITSloanManagement Review Edisi Spring, 53(3).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta : Rineka Cipta.
Diri Freddy Rangkuti (2008), ANALISIS SWOT kasus Bisnis : Teknik Membedah Kasus Bisnis cetakan ke 15, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Kotler, P., Bowen, J., & Makens, J. (2009). Pemasaran perhotelan dan Pemasaran industri kepariwisataan, (Edisi Kedua), Jakarta: PT. Prenhallindo
Kotler, Philip.2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Terjemahan oleh Bob Sabram, Jakarta : Prentice hall. Kotler,Philip.2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Terjemahan oleh Bob Sabram, Jakarta : Prentice hall.
Kurtz, David. L. 2008. Principlesof Contemporary Marketing, Thomson, South–western. Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif/deskriptif (Edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sherly Sinarta (2014), Inovasi Model Bisnis untuk perdagangan hasil peternakan dan pertanian : studi deskriptif pada UD Happy Indah
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA
Syamrilaode. (2010). Defenisi Pendapatan Menurut Para Ahli, http://id. shvoong .com/writing-and-spea-king/presenting/2062044-defenisi-pendapatan-menurut-para-ahli
Tim PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas. Indonesia: PPM Manajemen.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction