INTEGRASI NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 SIDOARJO
Abstract
Indonesia sebagai negara dengan suku, etnis, agama, dan budaya yang beragam dapat menjadi warna sosial yang harmonis. Namun, acapkali keberagaman tersebut dapat menjadi suatu permasalahan sosial jika masyarakat tidak berperilaku sesuai norma. Pendidikan multikultural, terutama dalam konteks Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan tersebut dengan menanamkan nilai multikulturalisme kepada peserta didik melalui pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi dan dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 3 Sidoarjo berhasil mengintegrasikan nilai multikulturalisme dalam pembelajaran PAI, baik melalui kegiatan intrakurikuler maupun melalui kegiatan kokurikuler seperti Jumat Imtaq, Jumat Hijau, pentas seni, pameran P5, serta perayaan hari besar keagamaan, baik Islam maupun agama lain. Integrasi nilai multikulturalisme dalam PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo menciptakan lingkungan yang inklusif dan harmonis. Keberhasilan ini tercermin dari sikap peserta didik yang lebih terbuka, menghargai perbedaan, menjunjung tinggi kesetaraan, dan kerjasama baik di dalam maupun di luar kelas. Implementasi nilai multikulturalisme di SMA Negeri 3 Sidoarjo dapat dijadikan model bagi lembaga pendidikan lain dalam upaya menciptakan masyarakat yang harmonis dan saling menghargai.
References
Aeni, Kurotul, and Tri Astuti. “Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 10, no. 2 (2020): 179–186. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/4479.
Amin, Muh. “Pendidikan Multikultural.” Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 09, no. 1 (2018): 24–34. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/5020/3342.
Aziz, Muhammad. Wawancara Dengan Guru PAI: Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran PAI. Sidoarjo, 2024.
Azkiya, Hidayati, M Tamrin, Yuza Arlina, and Ade Sri Madona. “Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 2 (2022): 409–427. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/10851.
Cahyaningtyas, Dwi, Naniek Sulistya Wardani, and Narwastujati Sepharibada Yudarasa. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 13, no. 1 (2023): 59–67.
Deni. “"Jumat Imtaq, Jumat Sehat, Dan Jumat Hijau” Sebagai Program Pembiasaan Warga SMA Negeri 3 Sidoarjo.” SMAN 3 Sidoarjo. Last modified 2022. Accessed September 10, 2024. https://sman3sda.sch.id/sman3/read/131/jumat-imtaq-jumat-sehat-dan-jumat-hijau-sebagai-program-pembiasaan-warga-sma-negeri-3-sidoarjo.
Fita Mustafida. “Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, no. 2 (2020): 173–185. https://ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/191.
Helaluddin, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktik. Jakarta: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019. https://books.google.co.id/books?id=lf7ADwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false.
Jamhuri. “Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Universitas Yudharta Pasuruan.” Al Murabbi 5, no. 1 (2019): 9–17. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1886.
Misbah. “Profil SMA Negeri 3 Sidoarjo.” SMAN 3 Sidoarjo. Last modified 2020. Accessed September 5, 2024. https://sman3sda.sch.id/sman3/read/2/profil.
Muqit, Abd. “Pendidikan Fikih Multi Madhhab Di Pesantren (Studi Kasus Di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo-Situbondo).” Disertasi, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018. http://digilib.uinsa.ac.id/28941/.
Muzakky, Althaf Husein. “Potret Moderasi Dan Toleransi Beragama Dalam Tafsir QS. Al-Kafirun Dan Relevansinya Dalam Konteks Keindonesiaan.” Al-Wasatiyah: Journal of Religious Moderation 1, no. 1 (2022): 16–35. https://al-wasatiyah.uinjambi.ac.id/index.php/jrm/article/view/4/1.
Nissa, Siti Faizatun, and Novida Renoningtyas. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 2857. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/880.
Rahman, Abd, and Hery Nugroho. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2021. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Islam-BS-KLS-XI.pdf.
Rahmawati, Novidia, El Zamzami Cori Saputro, Saipul Annur, and Muyasaroh. “Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sma Pgri 1 Palembang.” Jurnal Ilmiah Bina Edukasi 15, no. 2 (2022): 145–158. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/2136.
Syawaludin, Makhfud. “Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Proses Pembelajaran PAI Di SMA Darut Taqwa Pasuruan.” Al Murabbi 5, no. 1 (2019): 103–120. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/2108/1571.
Vanesia, Agnes, Enick Kusrini, Evita Putri, Inggit Nurahman, Alfindo, and Tohap Pandapotan Simaremare. “Pentingnya Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Masyarakat.” Jurnal Dinamika Sosial Budaya 25, no. 1 (2023): 242–251. https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb/article/view/4427.
Yusuf, Achmad. “Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural (Perspektif Psikologi Pembelajaran).” Al Murabbi 4, no. 2 (2019): 251–274. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1453.