PENGGUNAAN MEDIA JAM TAJWID DAN DADU DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS 4 DI SDN SUKORENO 3 PRIGEN

  • Diastutik Istiqomah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Achmat Mubarok Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Media Jam Tajwid dan Dadu

Abstract

Media adalah perantara (alat) untuk membantu guru mempermudah proses pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru, dengan cara memanfaatkan media dengan baik,tujuan pendidik dapat tercapai dengan maksimal dan sesuai dengan apa yang di inginkan yakni peserta didik mampu dalam pembelajaran baca tulis al-qur’an, media yang digunakan yakni media jam tajwid dan dadu.

Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang mana dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara teknik trianggulasi data dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber.

Dari penelitian yang telah dilakukan, penggunaan media jam tajwid dan dadu dalam pembelajaran baca tulis al-qur’an dapat diterima siswa, dengan adanya penggunaan media ini siswa menjadi lebih aktif dan bisa memahami tentang hukum nun sukun dan tanwin.Sedangkan kelemahan media jam tajwid dan dadu ini dapat dilihat daripenggunaan media ini harus di persiapkan waktu yang lebih untuk menciptakan kelas yang kondusif pada saat pembelajaran baca tulis al-qur’an agar maksimal, dari ukuran yang kurang menyeluruh dilihat siswa, pendidik diharap dapat mengendalikan kelas agar terfokus pada media jam tajwid dan dadu, kelebihan media jam tajwid dan dadu ini dapat dilihat keantusiasan siswa dan keaktifan siswa dalam belajar, dan melatih arti kebersamaan.

References

Arya Oka, Gde Putu. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.
Asmadawati. 2014. “Perencanaan Pembelajaran”.Kompas. Nomor 01 vol 02, Jakarta, 3.
Azizah, Icah. 2015.” Pengaruh penggunaan jam terhadap hasil belajarmatematika materipengukuran sudut siswa sekolah dasar”, JurnalPGSD,Vol.03 No 2, 2015, 864.
Falahudin, Iwan. 2014. “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”Kompas. Nomor 4 Edisi 1. Jakarta Jurnal Lingkar
Widyaiswara, Edisi 1 No 4 (Oktober-Desember, 2014, p-104-117), 115.
Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik.Jakarta: PT Bumu Aksara.
Halifah, Siti , Anthonius P, dan Bonifasius S. ‘’Meningkatkan hasil belajarsiswa melalui penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS Kelas 4 SDN Tou Banggai’’. Kompas. No 11 vol 02, Jakarta, 168.
Jalinus Nizwardi dan Ambiyar. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (https://kbbi.web.id/guna). (Rabu, 30 Mei 2018. 13.00).
Mahnun, Nunu. 2012. “ Media pembelajaran (Kajian terhadap langkah-
langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran)”. Kompas.Nomor 1 Vol. 37. Riau, 27.
Munadi Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press Group.
Nealoka, Armos dan Grace Armalia A. Neolaka. 2017. Landasan
PP RI No 55 Tahun 2007, (https://kemenag.go.id/file/dokumen/PP5507. pdf) (Selasa, 29 Mei 2018, 08.00). Kualitatif dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.
Raco. Metode PenelitianKualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Indonesia Kompas Gramedia Building).
Safi’i, Asrop. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan.Surabaya: Elkaf.
Sandu Siyoto & M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, (Yogyakarta:
Literasi Media Publishing, 2015)
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Budi Utama.Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Sugiyono. 2007. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran
hakikat,pengembangan, pemanfaatan dan penilaian. Bandung: Wacana prima.
Susanto, Akhmad. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Srijatun. 2017. ”Implementasi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dengan
Metode Iqro’ pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Tegal”. Kompas. Nomor 1 vol 12, Semarang, 29.
Published
2019-01-27
Section
Artikel