MANAJEMEN WAKTU DAN PERENCANAAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan Al-Qur’an Surat Al-Ashr: 1-3 Dan Al-Hashr: 18)
Abstract
Manajemen waktu dan perencanaan merupakan kegiatan awal dalam sebuah pekerjaan, waktu merupakan entitas yang harus dimanfaatkan dengan sebagaik-baiknya. Waktu harus di isi dengan hal-hal yang benar, tepat dan produktif. Berkenaan dengan manajemen waktu yang terdapat di dalam surat Al-Ashr: 1-3 terandung tiga dimensi, yakni: 1) Potensi, berupa tersedianya kesempatan, waktu yang harus di isi dengan catatan berkmakna, melalui perencanaan yang benar dan realistis, 2) Aksi, harus melakukan tindakan nyata dengan mengoptimalkan pelaksanaan program kerja yang telah direncanakan. 3) Prestasi, merupakan capaian dari sebuah proses panjang. Prestasi sebagai bentuk apresiasi atas adanya komitmen, kerja nyata yang tepat, dan kerjasama yang baik.
Adapun konsep perencanaan sebagai fungsi manajemen yang terdapat dalam Surat Al-Hashr: 18, melalui tiga tahap perencanaan sebagai berikut: 1) Tujuan, perumusan tujuan dalam perspektif Al-Quran dan Hadits harus juga berorientasi penguatan dimensi ibadah. Sehingga nilai-nilai kebenaran harus selalu dijunjung tinggi. niat menjadi tolok ukur dalam perumusan tujuan; 2) Program, tujuan yang benar, harus diberengi dengan cara yang benar; 3) Evaluasi, dalam perspektif Islam, evaluasi tidak hanya dilakukan terhadap dilakukan secara formal, terhadap rencana tertulis, tapi lebih pada intropeksi personal terhadap tujuan-tujuan pengelolaan, sepertihalnya niatan dalam melakukan program sudah benar memiliki dimensi ibadah berupa keikhlasan atau tidak.
References
Abu Bakar Ahmad bin Hasan Al Baihaki, Sunan Al Qubra, Juz I, (Maktabah Syamilah),
Abu Ya’lah, Musnad Abi Ya’lah (Maktabah Syamilah),
Abd al salam Izzuddin, Tafsir Abd al Salam, Jilid, VIII, (Maktabah Syamilah)
Al Mawardi, Al Nuktu wa al Uyun, jilid IV, (Maktabah Syamilah)
Ibnu Asyur, Al Tahrir wa Al tanwir, Juz 14 (Maktabah Syamilah),
Rivai, Veithzal . Education Management, Jakarta: Rajawali PRESS, 2009
Sonhadji, Ahmad . Manusia, Teknologi dan Pendidikan, Malang: UM PRESS, 2014
Syamsuddin Al Qurtubi, Al Jami’ al Ahkam li Al Qurtubi, (Maktabah Syamilah),
Syihabuddin Ibnu Hajar al Atsqolani, Fath Al Bari, juz V, (Maktabah Syamilah),
Titus, Harold H.. Persoalan-Persoalan Filsafat, terj. HM. Rasjidi. (Yogyakarta: Pustaka, 1984),
Ula, S. Shoimatul. Manajemen Pendidikan Efektif, Yogyakarta: Berlian, 2013