METODE ACAK KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI PAUD WIDYA BUNDA KARANGSONO SUKOREJO PASURUAN

  • Amir Mahmud Amir Mahmud

Abstract

Usia prasekolah merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak. Salah satu potensi yang perlu dikembangkan adalah pembelajaran ilmu agama. Pada anak prasekolah pembelajaran ilmu agama ini ditekankan pada pengenalan huruf-huruf hijaiyah, dengan media dan metode yang tepat agar materi yang disampaikan dapat terekam dalam ingatan anak dengan baik. Sebagaimana yang terjadi di PAUD Widya Bunda, Pembelajaran huruf-huruf hijaiyah menggunakan metode acak kartu sehingga membuat para siswa lebih merasa senang dan nyaman saat belajar, karena mereka merasa belajar sambil bermain.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat difokuskan penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana menerapkan metode acak kartu dalam meningkatkan kemampuan siswa?; (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam memahami dan menghafal huruf hijaiyah?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini sebagai berikut (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode acak kartu dalam meningkatkan kemampuan siswa; (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam memahami dan menghafal huruf hijaiyah.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitaif, jenis yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif, dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan dari temuan penelitian dilapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Dalam penerapan metode acak kartu huruf hijaiyah ini guru menggunakan media yang terbuat dari kertas lipat yang berwarna-warni, kardus, lem glukol dan huruf hijaiyah yang diprint. Penerapan metode acak kartu yaitu guru mengajarkan kepada siswa huruf-huruf hijaiyah melewati media kartu yang telah dibuat, guru mengajarkan satu huruf. Kemudian mengajak siswa membaca bersama-sama, dan juga menyuruh beberapa siswa untuk membaca. Setelah semua siswa dirasa faham guru mengganti kartu dengan kartu huruf yang lain. Metode acak kartu yang diterapkan di PAUD Widya Bunda dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk mengenal huruf hijaiyah sudah dapat dikatakan baik, karena dengan metode tersebut para siswa lebih bersemangat dan antusias dalam belajar huruf hijaiyah. (2) Tingkat kemampuan dalam memahami dan menghafal huruf hijaiyah siswa PAUD Widya Bunda sudah sangat bagus. Ini semua dapat dilihat dari buku tugas siswa, cara siswa menulis di papan tulis, ketepatan siswa dalam menunjukkan huruf yang dicari, dan juga dari tanya jawab yang dilakukan oleh guru. Siswa mayoritas sudah memahami bentuk-bentuk huruf hijaiyah dan cara membaca dengan baik dan benar.

References

Azwar, Saifuddin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Bawani, Imam. 1987. Tata Bahasa Bahasa Arab. Surabaya: Al-Ikhlas

Djamaluddin, Abdullah Al. 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ginting, Abdurrahman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora

Hadi, Nor. 2014. Juz ‘Amma Cara Mudah Membaca dan Memahami Al-Qur’an Juz ke-30. Jakarta: Erlangga

Hamalik, Oemar. 2012. Pendekata Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hamdani. 2011. Strategi Belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hartono, Rudi. 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva Press

Patmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Salim, Moh Haitami. 2013. Pendidikan Agama dalam Keluarga. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: kencana

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Published
2017-01-27
Section
Artikel