IMPLEMENTASI METODE PPTQ SAFINDA DALAM MENERJEMAHKAN Al-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN SIDOMULYO BATU

  • Ahmad Zainuddin Ahmad Zainuddin

Abstract

Mempelajari al-Qur’an membutuhkan metode untuk bisa memahaminya. Salah satu metode yang diteliti oleh peneliti yakni metode PPTQ Safinda.Tujuan dari penilitian yakni untuk mengetahui Implementasi PPTQ Safinda dalam menerjemahkan al-Qur’an di Madrasah  diniyah Hidayatul Mubtadiin Sidomulyo Batu. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi PPTQ Safinda dalam menerjemahkan al-Qur’an di Madrasah diniyah  Hidayatul Mubtadiin Sidomulyo Batu.

Penelitian yang dilakukan ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penilitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode PPTQ Safinda siswa kelas 3 MHM merasa lebih mudah dalam mempelajari materi tafsir yakni pelajaran menerjemahkan al-Qur’an. Karena dengan menggunakan metode ini siswa menerjemahkan kata perkata lebih mudah dalam memahami daripada memahami makna per ayat.

Berdasarkan pernyataan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pada hakekatnya keberhasilan pembelajaran didominasi oleh metode yang digunakan dalam materi pembelajaran tersebut. Selain itu media yang digunakan dalam menyampaikan materi juga mempengaruhi keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Metode PPTQ Safinda ini menggunakan alat peraga agar guru tidak lagi kesulitan untuk menyampaikan materi juga mempersingkat waktu karena tidak perlu lagi menulis materinya di papan tulis. Saran yang ditujukan peneliti untuk pihak sekolah yakni memberikan alokasi waktu tambahan untuk materi yang memerlukan, memunculkan guru yang lebih inovatif dalam menyampaikan pembelajaran, membagi siswa dalam beberapa kelompok mengingat kecerdasan yang dimiliki siswa tidak sama.

References

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993) Cet,3

Armai Arief, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), cet. I

Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung

Departemen Agama. 1998. Sejarah perkembangan Madrasah. Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam

Departemen Pendidikan Dan kebudayaan, Kamus Bahasa Indonesia Besar,(Jakarta: Balai Pustaka, 1989)

Efendi, Nur. & Fathurrohman, M. 2014. Studi Al-Qur’an.(Sokip, Ed.)Yogyakarta. Sukses Offset

Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Hakam Al-Qur’an Tafsir Per Kata . PT. Suara Agung Jakarta. Cet II.2013

Lexy Moeloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2004)

Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009)

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Mukhlis (Ed.) Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA

Muhammad Saroni, Manajemen Sekolah Kiat menjadi pendidik yang kompeten, (Jokjakarta: AR_Ruzz, 2006)

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, (Jokjakarta: AR_Ruzz Media, 2009)

Nana Syaodih Sukmadinata, Metodologi Penelitian Pendidikan, ( Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005)

PPTQ Safinda, Program Pelatihan Terjemah Quran. (Online), (PPTQ SAFINDA SURABAYA Program Pelatihan Terjemah AlQur’an (PPTQ). html), diakses 24 April 2016

Rois, Yuswan. 2011. Terjemah al-Qur’an, (Online), (httpfile: Terjemah al-Qur’an.html). diakses 24 April 2016

S. Faisal, Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar dan Aplikasi, (Malang, YA3)

S. Nasution, Metode Research, (Bandung: JEMMARS, 1988)

Suharsini Arikunto dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, (Yokyakarta: Aditya Media, 2008)

Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek edisi Revisi VI, (Jakarta: PT Reaneka Cipta, 2006)

Sutrisno Hadi, Metodologi Research I, (Yogyakarta: Andi Offset, 1993).

Published
2017-01-27
Section
Artikel