NILAI-NILAI AL-QUR’AN DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ETNIS TIONGHOA DI PERSATUAN ISLAM TIONGHOA INDONESIA (PITI JATIM)

  • Ahmad Ma’ruf

Abstract

Pendidikan Tionghoa di Indonesia tidak bisa lepas dari faktor budaya, sosial, dan politik masyarakat Indonesia. Akibat permainan politik di Indonesia pada tahun 1960-an, pendidikan Tionghoa kemudian dilarang. Seiring dengan adanya transisi dari rezim otoriter ke rezim yang lebih demokratis, Larangan itu kini telah dicabut. Sejak saat itu, pendidikan Tionghoa muncul kembali ke Indonesia. Paling tidak ada dua hal penting yang dapat diungkapkan dari hubungan tersebut, yaitu:  Pertama, realitas sosial merupakan alat ukur keberhasilan pendidikan agama Islam yang sekaligus menjadi cermin sosial dalam merumuskan program pendidikan Islam etnis tionghoa di PITI Jatim. Kedua, aktivitas pendidikan Islam sendiri pada hakikatnya merupakan pilihan strategis dalam membentuk arah perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik dengan semangat religiusitas yang tinggi. Sebagai sebuah proses membangun masyarakat etnis tionghoa yang Islami, pendidikan Islam tentu saja harus berpedoman kepada apa yang telah digariskan oleh al-Qur’an dan sunnah Rasul, antara lain dilaksanakan secara hikmah (bijaksana). PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) Jawa Timur. Sebagai salah satu Ormas Islam, mengupayakan proses pendidikan dan bimbingan Islam dengan strategi persuasif kepada muslim Tionghoa di Jawa Timur.

References

Abadi, Masyhur Abadi Masyhur. "Cross Marriage (Sebuah Model Pembauran Budaya Antar Komunitas Cina, Arab, India, Jawa dan Madura di Sumenep Kota)." Jurnal Karsa (Terakreditasi No. 80/DIKTI/Kep/2012) 12.2 (2012): 132-148.

Abduh, M. Arrafe. "Perjuangan Minoritas Muslim dan Perkembangan Pemikiran Tasawuf di China." ANIDA' 38.1 (2013): 1-12.

Abdullah, Suhaila. "Masyarakat Peranakan Cina Muslim Di Melaka." 6. Islamic Da’wah In Minority Muslim Countries: A Case Study On Japan And Korea: 23.

Agustiar Syah Nur, (2001). Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara, Lubuk Agung . Bandung.

Al-Abrasyi, M Atiyah, 1980, Al-tarbiyah Al-Islamiyah, terjemahan Prof Bustami A. Ghani dan Djohar Bahry LIS., Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1980).

Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam,(Jakarta: Bulan Bintang, 1979).

Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Transformatif. PT LKiS Pelangi Aksara, Yogyakarta, 2008

Asiyah, Siti. Peran tokoh agama dalam membina kerukunan antar umat beragama di kawasan Pecinan kota Semarang. Diss. IAIN Walisongo, 2014.

Asraf, Ali, Horizon-Horizon Baru Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1984).

Assegaf, Abd Rachman. Pendidikan Islam di Indonesia. Suka Press, Yogyakarta, 2007.

Aviyanto, Ade Rizal. Acong Di Rumah Joko Dinamika Kehidupan Masyarakat Tionghoa di Surakarta. Diss. Universitas Sebelas Maret, 2010.

Bambang Sujanto (Liu Min Yuan), Sekilas tentang Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya dan Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan Pasuruan (Surabaya, cetakan ke 6 2009)

Chua, Christian. "Defining Indonesian Chineseness under the new order." Journal of Contemporary Asia 34.4 (2004): 465-479.

Cindy, Fransisca. Proses Komunikasi Akomodasi Antarbudaya Etnis Cina Dan Etnis Jawa Di Perusahaan Karangturi Group Purwokerto. Diss. UAJY, 2013.

Coppel, Charles A. "Anti-Chinese Violence in Indonesia after Soeharto." Ethnic Chinese in Contemporary Indonesia (2008): 117.

Coppel, Charles A. "Kendala-kendala sejarah dalam penerimaan Etnis Cina di Indonesia yang Multikultural." Antropologi Indonesia 27.72 (2003): 13-22.

Deasy Widyaningsih, Eka. Masyarakat “china balong” Sudiroprajan (studi interaksi sosial masyarakat China-Jawa di Surakarta pada pertengahan-akhir abad xx). Diss. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2007.

Dewi, Yunita Retno Kusuma. "Asimilasi Versus Integrasi: Reaksi Kebijakan Ganti Nama WNI (Warga Negara Indonesia) Tionghoa 1959-1968." avatara 1.2 (2013).

Fraenkel, Carlos. "Teaching Aristotle in Indonesia." Dissent Summer 2008, 27-34. ProQuest. Web. 20 Oct. 2014 .

Hati, Dara Citra, and Djoko Suwandono. "Identifikasi Pemanfaatan Ilmu Feng Shui Pada Kawasan Pecinan Semarang." Jurnal Teknik PWK 2.3 (2013): 661-668.

Hidayat, Syarif, and Nurini nurini. Identifikasi keutuhan morfologi kampung pecinan parakan. Diss. Universitas diponegoro, 2013.

John W. Creswell, Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih diantara Lima Pendekatan, Edisi ke 3, (Yogyakarta 55167 Pustaka Pelajar, 2014)

John W. Creswell, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi ke 3, (Yogyakarta 55167 Pustaka Pelajar, 2014)

Karyanto, Umum B. "MAkna Dasar Pendidikan Islam (Kajian Semantik)." Jurnal Forum Tarbiyah. Vol. 9. No. 2. 2012.

Kong, Yuanzhi. Muslim Tionghoa Cheng Ho: Misteri Perjalanan Muhibah di Nusantara. Yayasan Obor Indonesia, 2013.

Langgulung, Hasan, 1986, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Filsafat Pendidikan, (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1986).

M. Arifin, Ilmu pendidikan Islam tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan interliner, (Jakarta : Bumi Aksara, 1994).

Makbuloh, Deden. "Kultur Minoritas dalam Perspektif Pendidikan Islam." Jurnal Analisis 12.1 (2011), 137-160.

Marimba, D Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Al-Ma’arif, 1986).

Nata, Abuddin. Tokoh-tokoh pembaruan pendidikan Islam di Indonesia. Divisi Buku Perguruan Tinggi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

Said , Muhammad dan Affan , Junimar. 1987. Mendidik Dari Zaman ke Zaman. Bandung: Jemmars.

Yerry Wirawan, Sejarah Masyarakat Tionghoa Makasar dari Abad ke 17 Hingga ke 20, Jakarta. Gramedia, 2013.

Zaini, Syahminan, Prinsip-Prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 1986).

Published
2018-04-04
Section
Artikel