BANK: STUDI KOMPARATIF PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS SISTEM BUNGA DENGAN SISTEM BAGI HASIL TERHADAP KREDIT INVESTASI

  • Alimatul Farida Universitas Yudharta Pasuruan

Abstract

Perekonomian Indonesia tumbuh dengan pesat, berkembangnya pertumbuhan ekonomi tidak lepas dari lembaga keuangan yang bermunculan menawarkan berbagai macam jasa, baik jasa dalam lalu lintas pembayaran, pengiriman uang, maupun jasa investasi. Lembaga keuangan tersebut salah satunya adalah lembaga keuangan bank. Bank sendiri macamnya ada bank konvensional, bank syariah, dan unit usaha syariah serta BPR.

Untuk memperoleh pendapatan, perbankan selain menggunakan sistem bunga terdapat juga sistem bagi hasil (profit sharing). Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perlakuan akuntansi atas sistem bunga terhadap kredit investasi dengan perlakuan akuntansi sistem bagi hasil terhadap kredit investasi.

Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan teknik preliminary research, library research dan field research. Data yang telah terkumpul akan di analisis, dievaluasi dan perbandingan perlakuan akuntansi atas bunga dengan sistem bagi hasil terhadap kredit investasi pada kedua banktersebut.

Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pada sistem bunga, besarnya bunga ditetapkan pada waktu akad, jika terjadi kerugian ditanggung oleh peminjam berdasarkan bunga tetap, jumlah pembayaran bunga tidak meningkat sekalipun keuntungan meningkat. Sedangkan pada sistem bagi hasil ditentukan pada waktu akad berpedoman pada kemungkinan untung rugi yang besarnya didasarkan pada jumlah kotor atau jumlah keuntungan yang diperoleh, keuntungan atau kerugian ditanggung bersama-sama antara pihak bank dan peminjam dan jumlah pembagian laba meningkat sesuai peningkatan perolehannya.

Author Biography

Alimatul Farida, Universitas Yudharta Pasuruan

Universitas Yudharta Pasuruan

References

Dewan Standar Akuntansi Keuangan, PSAK No. 23. Jakarta: IAI 2009.

Hans Kartikahadi, Rosita Uli, Merliyana Syamsul, Sylvia Veronica, Akuntansi Keuangan beradasarkan SAK dan berbasis IFRS, Jakarta: Salemba Empat 2012.

Kasmir, Manajemen Perbankkan, Jakarta: Rajawali Press 2000.

Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta: Prenada Media 2004.

Rizal Effendi, Accounting Principles Prinsip-Prisip Akuntansi Berbasis SAK ETAP, Jakata: PT. Rajagrafindo Persada 2013.

Sofyan Harahap, Wiroso, Muhammad Yusuf, Akuntansi Perbankan Syariah, LPFE Usakti 2010.

Wiroso, Akuntansi Perbankan Syariah dalam Praktek Di Indonesia, Jagakarsa: iB 2014.

Zaki Baridwan, Intermediate Accounting, Yogyakarta: BPFE, 1999.

Section
Artikel