ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN MENURUT ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Rumah Makan Bayu Berkah Bahari di Kota Depok)

  • Risti Pandhi Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Faktor internal, faktor eksternal, pengembangan usaha, etika bisnis Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan (kondisi internal), serta peluang dan ancaman (kondisi eksternal) terhadap pengembangan usaha Rumah Makan Bayu Berkah Bahari,dan memformulasikan langkah yang tepat untuk pengembangan usaha dalam rangka peningkatan pendapatan Rumah Makan Bayu Berkah Bahari di Depok. Dalam studi ini menggunakan metodekualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis SWOT. Jumlah responden yaitu pemilik usaha Rumah Makan Bayu Berkah Baharidi Depok dengan menggunakan metode wawancara. Faktor kekuatan dan faktor peluang berpengaruh besar dan menyeluruh terhadap perkembangan usaha Rumah Makan. Faktor kelemahan dan faktor ancaman tidak berpengaruh secara menyeluruh terhadap perkembangan usaha Rumah makan. Diagram Analisis SWOT berada di titik koordinat I yaitu 0,63 : 0,44 yang artinya langkah yang harus dilakukan menggunakan Growth Oriented Strategy. Oleh karena itu, langkah strategis perusahaan adalah mengkonsep sedekah, menambah permodalan, penentuan lokasi yang strategis, menambah varian produk makanan, dan mengikuti acara seminar pelatihan wirausaha.
Etika Bisnis Islam Menjamin, baik pebisnis, mitra bisnis, konsumen masingmasing akan saling mendapatkan keuntungan, namun banyak para pelaku usaha/bisnis yang tidak lagi mementingkan aturan-aturan Islam dalam berbisnis, dalam artian hanya mengejar keuntungan duniawi semata. Mengabaikan etika-etika bisnis yang seharusnya mereka terapkan. Namun demikian, Rumah Makan Bayu Berkah Bahari hadir dengan nuansa Islami, menggunakan konsep syariah dilihat dari beberapa aspek memerhatikanĀ  halalnya bahan pokok rumah makan. Kualitas menu makanan yang disajikan untuk konsumen. Asal-usul dzat bahan pokok rumah makan. Pengelolaan dan penyajian kepada konsumen sangat diperhatikan kepuasaannya. Kemudian RM. Bayu Berkah Bahari menerapkan fresh food, bukannya hanya menerapakan fresh food saja, mereka memprioritaskan pelayanan yang baik, serta tempat yang nyaman dan bersih untuk konsumen.

References

Anoraga, Pandji, Manajemen Bisnis, PT. Rineka Cipta, 2009.
Badroen, Faisal, Suhendra, Arief Mufraeni, Ahmad D. Bashori, Etika Bisnis Dalam Islam, Kencana Prenada Media Group, 2006.
Bertens, Pengantar Etika Bisnis, Penerbit Kanisius, 2000.
Cooper, Donald, dan William Emory, Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Erlangga, 1996.
Elida Elfi Barus, Nuriani, Implementasi Etika Bisnis Islam, Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, vol 2, 2016.
Edwin, Maustafa Nasution, Budi Setyanyo, Nurul Huda, Muhammad arief Mufraeni, Bey Sapta Utama, Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Kencana Prenada Media Group, 2006.
Fahrudin Sukarno, Etika Produksi Perspektif Ekonomi Islam, Jurnal Ekonomi Islam Al-Infaq, vol 1, 2010.
Fuad, Christine, nurlela, Sugiarto, Paulus, Pengantar Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research I, Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 1984.
Handoko, Hani, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Oprasi, BPFE-Yogjakarta, 2011.
Jaidan Jauhari, Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-COMMERCE, Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 2, NO. 1, April 2010.
Keraf, Sonny, Etika Bisnis Membangun Citra Bisnis Sebagai Profesi Luhur, Penerbit Kanisius, 1991.
Muhadjir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta, Reka Sarasin, 2002.
Muhammad Zilal Hamzah, Zulkarnain, Analisis Potensi Wilayah Untuk Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Kecamatan Kebon Jeruk-Jakarta Barat, Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, vol.5, no.2, 2010.
Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Nazir, M, Metode Penelitian. Bogor: Ghaliar Indonesia, 2010.
Paujiyanti, Ferra, Rahasia Cepat Menguasai Laporan Keuangan Dalam Sekejap Otodidak Tanpa Guru Khusus Untuk Perpajakan & UKM, Lembaga Pustaka Indonesia, 2015.
Putra, Nusa, Penelitian Kualitatif : Proses dan Aplikasi, Jakarta, PT. Indeks, 2011.
Pitma Pertiwi, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja Di Daerah Istimewah Yogyakrta, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Pusat pengkajian dan pengembangan ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogjakarta atas kerja sama dengan Bank Indonesia, Ekonomi Islam, PT. RajaGrafindo Persada, 2008.
Rewoldt, Scott, Warshaw, Strategi Produk Dalam Pemasaran, Bina Aksara, 1988 .
Rangkuti Freddy, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Sukarno, Fahrudin, Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Al Azhar Freshzone Publishing, 2013.
Sukarno, Fahrudin, Etika Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Islam, AL Azhar Press, 2010.
Sadono, Sukirno, Mikroekonomi: Teori Pengantar, Edisi Ketiga, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Sudaryono, Pengantar Manajemen Teori dan Kasus, CAPS (Center for Academic Publishing Service), 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta, 2004.
Suliyanto, Metode Riset Bisnis, Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
Taufiqur Rachman, Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan usaha untuk meningkatkan pendapatan, jurnal ilmiah mahasiswa FEB vol 2, 2014.
Tanjung, Hendri, dan Abrista Devi, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Jakarta: Gramata Publishing, 2013.
Published
2018-11-30
Section
Artikel