Tantangan dan Strategi Pemasaran Produk Halal di Indonesia

  • Muhammad Nizar Universitas Yudharta Pasuruan
  • Antin Rakhmawati Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Halal, halal certification, intellectual property, branding, promotion, sertifikasi halal, kekayaan intelektual, promosi

Abstract

The purpose of this study is to describe the challenges and marketing strategies of halal products produced by small and medium enterprises in Indonesia. The method used is a qualitative literature review method with primary data sources from interviews with BPJPH-LPH LPPOM MUI, East Java UMKM Service, UKM Service in 5 Regencies and Cities, namely Pasuruan Regency, Malang City, Batu City, Probolinggo City and Sidoarjo, while secondary data were obtained from supporting research documents, including journals, MUI performance reports, Seminar studies, and research reports, collecting data using observations, interviews, and documentation. The findings of this study are the need for small businesses to always follow the activities held by the government, always be active in government programs, pay attention to brands, improve promotions, participate in increasing e-commerce, and improve distribution. The limitation of the research is that it is only conducted in 5 regencies and cities, besides that the object of research is only small businesses or SMEs of food and beverage, and it is hoped that further research will expand research objects such as tourism, fashion, and hotels. The implication of this research is that it is hoped that entrepreneurs can immediately take care of halal certificates, because now people are starting to believe in the halalness of a product.

__________________________________________

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tantangan dan strategi pemasaran produk halal yang dihasilkan oleh usaha kecil menengah di Indonesia. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif  literatur review dengan sumber data primer dari wawancara dengan BPJPH-LPH LPPOM MUI, Dinas UMKM Jawa Timur, Dinas UKM di 5 Kabupaten dan Kota, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, Kota Batu, Kota Probolinggo dan Sidoarjo, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen pendukung penelitian, diantaranya jurnal, laporan kinerja MUI, Kajian Seminar, dan Laporan penelitian, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah perlunya usaha kecil selalu mengikuti kegiatan yang diadakan pemerintah, selalu aktiv dalam program pemerintah, mempehatikan merek, memperbaiki promosi, turut serta dalam peningkatan e commerce, dan memperbaiki distribusi. Keterbatasan penelitian hanya dilakukan di 5 kabupaten dan kota, selain itu obyek penelitian hanya usaha kecil atau UKM makanan dan minuman, dan diharapkan untuk penelitian selanjutnya memperluas obyek penelitian seperti wisata, feshion, dan hotel. Implikasi penelitian ini diharapkan pengusaha dapat segera mungkin mengurusi sertifikat halal, karena sekarang masyarakat mulai percaya kepada kehalalan suatu produk.

References

Ahmad, M. F. (2015). Antecedents of halal brand personality. Journal of Islamic Marketing, 6(2), 209–223.

Aminuddin, M. Z. (2016). Sertifikasi Produk Halal: Studi Perbandingan Indonesia dan Thailand. SHAHIH : Journal of Islamicate Multidisciplinary, 1(1), 27.

Anggadini, S. D. (2017). Pola Kemitraan dan Produk Pembiayaan Syariah Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Jurnal Riset Akuntansi, 8(1). https://doi.org/10.34010/jra.v8i1.501

Antin Rakhmawati. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Sketsa Bisnis, 5(1), 49–59.

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Motodologi Penelitian Kualitatif. In Ciptapustaka Media.

Atmadi, G., & Widati, S. R. W. (2013). Strategi Pemilihan Media Komunikasi LPPOM MUI Dalam Sosialisasi & Promosi Produk Halal di Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, 2(2), 87–97.

Aziz, M. (2017). Perspektif Maqashid Al-Syariah Dalam Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal Di Indonesia Pasca Berlakunya Undang- Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 7(September), 78–94.

Baedi, Z. (2015). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship di Kalangan Mahasiswa PTAI. Jurnal Nuansa.

BPJPH. (2020). BPJPH - LPH LPPOM MUI Sinergi dalam Fasilitasi Sertifikasi Halal UMK. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

Chairunnisyah, S. (2017). Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Menerbitkan Sertifikat Halal Pada Produk Makanan dan Kosmetika. Jurnal EduTech, 3(2), 64–75.

Choi, N. H., & Rahman, M. M. (2018). Muslim consumer’s identification with and loyalty to halal brand. Journal of Distribution Science, 16(8), 29–37.

Djayadiningrat, A., Sukaatmadja, I., & Yasa, N. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran IMK Sektor Industri Makanan Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(9), 253463.

Dr. Nor ‘Adha Abdul Hamid, Saidpudin, W., Othman, N., Miskam, S., Ager, S. N. S., Marliana Abdullah, F. M. S., Abdul, N., & Wahab. (2015). Industri Makanan Halal Serantau: Kajian Di Malaysia Dan Indonesia. World Academic and Research Congress 2015 (World-AR 2015), 2015(December), 25–42.

Farhan, A. (2019). Pelaksanaan Sertifikasi Halal Lppom Mui Terhadap Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) (Studi Lppom Mui Provinsi Bengkulu). Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1.

Fauzi, M. (2018). Problematika penentuan fatwa hukum halal Di indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(01), 51.

Febriyanti Darnis, R. A. A. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. SINDIMAS, 1(1), 275–278.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. In Jakarta: Bumi Aksara (p. 306).

Gurmilang, A. (2015). Komunikasi Pemasaran Sebagai Metode Promosi untuk Usaha Kecil Menengah. Widyakala Journal, 2(1), 126.

Hidayat, F. (2018). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Religiusitas Terhadap Perilaku Bisnis Syariah Pada Pengurus HIPSI Kota Semarang. Procedia Computer Science, 2(1), 1–5.

Huda, M. Q., Hidayah, N. A., & Fetrina, E. (2021). Evaluasi Kesadaran dan Persepsi Generasi Milenial Terhadap Restoran Bersertifikasi Halal di Indonesia. Halal Research Journal, 1(1), 45–55.

IB, R. (2020). Data Populasi Penduduk Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia. Ibtimes.id.

Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 100–114.

Jensen, P. H., & Webster, E. (2008). Labelling characteristics and demand for retail grocery products in Australia. Australian Economic Papers, 47(2), 129–140.

Juliandi, A., Irfan., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. In Metodologi Penelitian Bisnis.

Kaban, R. (2016). Pengendalian Kualitas Kemasan Plastik Pouch Menggunakan Statistical Procces Control (SPC) di PT Incasi Raya Padang. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 13(1), 518.

Khotimah, U. K. (2018). Labelisasi Halal di Tengah Budaya Konsumsif. Jurnal Sosiologi Agama, 12(2), 283.

Kitching, J., & Blackburn, R. (1999). Management training and networking in small and medium-sized enterprises in three European regions: Implications for business support. Environment and Planning C: Government and Policy, 17(5), 621–635.

Kusnandar, A., & Afiff, A. Z. (2020). The Role of The Country’s Image and Halal Branding Constructs in Influencing Repurchase Intentions. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(1), 3995–4009.

Ma’rifat, T. N., Ismoyowati, D., & Wikarta, J. M. (2015). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Olahan Ayam Bersertifikat Halal di Provinsi D.I Yogyakarta. Prosiding Seminar Agroindustri Dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI, September, 42–54.

Mahfud MD, M. (2014). Politik Hukum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 12(2), 147–161.

Masruroh, N. (2020). The Competitiveness of Indonesian Halal Food Exports in Global Market Competition Industry. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 25–48.

Melisa, & Khikmawati, L. (2021). Optimalisasi Potensi Industri Halal Di Indonesia Melalui Peran Pasar Modal Syariah. Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 63–74.

Muhammad Fahmul Iltiham, & Nizar, M. (2020). Pengaruh Label Halal Majelis Ulama Indonesia (Mui), Harga pada Oleh-Oleh Makanan Khas Pasuruan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 311–326.

Munggaran, A. P., Danial, R. D. M., & Z., F. M. (2020). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Experiential Marketing dan Nilai Pelanggan. Budgeting : Journal of Business, Management and Accounting, 2(1), 360–371.

Musthofa, A., & Buhanudin, B. (2021). Konsumen Muslim: Pengetahuan Produk Halal dalam Keputusan Pembelian Makanan. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 81–97.

Nawawi, I. (2012). Metoda Penelitian Kualitatif Teori Dan Aplikasi Untuk Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Ekonomi Islam (D. P. Jaya, Ed.).

Nizar, M. (2018). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Permodalan dan Pemasaran terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Sari Apel di Kecamatan Tutur. Jurnal Ekonomi Islam, 1–19.

Nor Aini Haji Idris, & Mohd Ali Mohd Noor. (2013). Analisis Keprihatinan Pengguna Muslim Terhadap Isu Halal-Haram Produk Melalui Pembentukan Indeks. Persidangan Kebangsaan Ekonomi Malaysia Ke-8 (Perkem Ke-8), 3, 7–9.

Nuryanti. (2013). Peran E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ). Jurnal Ekonomi Manajemen Ekonomi Universitas Riau, 21(4), 15.

Permata, A. R. E. (2019). Harapan dan Realitas Implementasi Regulasi Jaminan Produk Halal Di Indonesia. Dinar : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 5(1).

Praditya, D. (2018). Analisis Biaya Dan Manfaat Investasi E-Commerce Di Lingkungan Usaha Kecil Menengah. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(2), 78–93.

Pujiono, A., Setyawati, R., & Idris, I. (2018). Strategi Pengembangan umkm Halal di Jawa Tengah Dalam Menghadapi Persaingan Global. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 1.

Putri, M. A., Rosmayani, & Rosmita. (2018). Analisis Faktor-Faktor Mempengaruhi Salur Distribusi Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Valuta, 4, 116–137.

Putri, R. R. A. I., Rohayati, Y., Aisha, A. N., Industri, F. R., Telkom, U., Elimination, B., Jati, S., & Memenuhi, T. (2015). Perbaikan Proses Bisnis UKM Pelangi Rasa Untuk Memenuhi Kriteria CPPB-IRT Dan Sertifikasi Halal Menggunakan Metode BPI. eProceedings of Engineering, 2(2), 4556–4561.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.

Rahmawati, R. (2014). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (Sebuah kajian terhadap bisnis makanan). Teknobuga, 1(1), 66–79.

Rakhmawati, A. (2016). Implementasi Lembaga Hisbah dalam Meningkatkan Bisnis Islami. Malia, 7(2), 311–334.

Rakhmawati, A., Nizar, M., & Rahardjo, K. (2019). Green Supply Chain Management and SME’s, A Qualitative Study in Indonesian Marketplace. Journal of International Conference Proceedings (JICP), 2(1), 8.

Rakhmawati, A., Rahardjo, K., & Kusumawati, A. (2019). Faktor Anteseden dan Konsekuensi Green Supply Chain Management. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 9(1), 1.

Ratnasari, R. T., Gunawan, S., Mawardi, I., & Kirana, K. C. (2020). Emotional experience on behavioral intention for halal tourism. Journal of Islamic Marketing.

Rohim, A. N., & Priyatno, P. D. (2021). Pola Konsumsi Dalam Implementasi Gaya Hidup Halal. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 4(November), 26–35.

Rusmadi. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Bisnis Modern. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(4), 69–78.

Sa’diyah, K., Vibriana, E., & Feblidiyanti, N. (2020). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 1(2), 99.

Saputri, A., Harini, C., & Minarsih, M. M. (2020). The Effect Of Product Quality And Price On Purchasing Decisions With Perceptions Of Halal Labels As Moderation Variables. Journal of Management.

Sari, L. P. (2021). Pengembangan Industri Makanan Halal Di Indonesia. Al-Intaj, 6(2), 68.

Sayekti, N. W. (2014). Jaminan Produk Halal dalam Perspektif Kelembagaan. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, Vol. 5 No.(November), 193–209.

Sayogya, Z. Z. B. P. K. (2019). Studi Keunggulan Komparatif dan Kompetitif Indonesia dalam Mengekspor Udang Olahan (Halal dan Non Halal) di Asia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1), 1–22.

Sayyidatunisa, S., Wahidyah, A. I., Alam, M. N., & ... (2020). Digitalisasi halal food menggunakan platform design toolkit. … Journal of Halal.

Setyaningsih, I. (2019). Perkembangan Topik Halal Dalam Penelitian (sebuah tinjauan literatur). 1st Conference on Industrial Engineering and Halal Industries (CIEHIS), 2016, 118–124.

Shah, S. A. A., Sukmana, R., Fianto, B. A., Ahmad, M. A., Usman, I. U., & Mallah, W. A. (2020). Effects of Halal social media and customer engagement on brand satisfaction of Muslim customer: Exploring the moderation of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1671–1689.

Siska, S., Rahmi, H., Fitriani, & Dewanti, E. (2020). Workshop dan Pelatihan Pengajuan Sertifikat Halal bagi Pelaku Industri Makanan Olahan UMKM. Jurnal SOLMA, 9(1), 201–208.

Sugiarti, Y., Kumaladewi, N., Rahmawati, S., & Nanang, H. (2019). Factors That Affect the Implementation of Knowledge Management for MUI Halal Certification. 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2019.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). In Bandung: Alfabeta.

Sukoco, J. B. (2019). Penguatan Sektor Logistik Dalam Distribusi Dan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi ….

Topbrand-award.com. (2020). Top Brand Index. In Www.Topbrand-Award.Com.

Utami, N. N., & Genoveva, G. (2020). The Influence Of Brand Image, Halal Label, And Halal Awareness On Customers Purchasing Decision Of Halal Cosmetic. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 355–365.

Van Der Spiegel, M., Luning, P. A., Ziggers, G. W., & Jongen, W. M. F. (2003). Towards a conceptual model to measure effectiveness of food quality systems. In Trends in Food Science and Technology (Vol. 14, Issue 10, pp. 424–431).

Waharini, F. M., & Purwantini, A. H. (2018). Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 1.

Winarno, J. (2017). Tinjauan Yuridis Terhadap Hubungan Sertifikasi Halal Pada Suatu Produk Dengan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen. Jurnal Independent, 5(2), 63.

Yazfinedi. (2018). Usaha mikro, kecil, dan menengah di indonesia: permasalahan dan solusinya. Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, XIV, 33–41.

Published
2022-01-14
Section
Articles