Peran Pendidikan Vokasi dalam Pengembangan Ekonomi Islam

  • Muhammad Iqbal Universitas Airlangga
Keywords: vokasi, ekonomi islam, Pendidikan

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis peran serta lembaga pendidikan vokasi dalam penyediaan tenaga-tenaga terampil yang siap kerja di industri-industri syariah. Perkembangan ekonomi islam saat ini didorong untuk lebih memasyarakatkan praktik ekonomi islam melalui sejumlah industri seperti industri keuangan syariah, makanan halal, farmasi halal, dan pariwisata halal.                                             

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan  konten analisis. Menggunakan data sekunder dari berbagai dokumen dan website yang dikumpulkan dari berbagai sumber kami mendeskripsikan peran pendidikan vokasi dalam pengembangan ekonomi islam.

Hasil dan Pembahasan: Data sekunder mengungkapkan bahwa pengembangan industri syariah masih terkendala oleh beberapa faktor diantaranya keterbatasan sumber daya manusia. Penyediaan tenaga kerja di bidang indutri halal saat ini didominasi oleh Pendidikan akademik. Data menunjukkan masih sedikit Politeknik di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan ekonomi islam. Pendidikan vokasi sebaagai pendidikan terapan yang menggunakan pendekatan link and match penulis pandang sangat strategis perannya dalam menjembatani kebutuhan tenaga kerja terampil di bidang industri syariah.

Kesimpulan: Penelitian ini diharapkan dapat mendorong penyelenggaran pendidikan vokasi untuk lebih berkontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan ekonomi islam terapan. 

References

Agrawal, T. (2013). Vocational education and training programs (VET): An Asian perspective. Asia-Pacific Journal of Cooperative Education, 14(1), 15–26.

Biemans, H., Wesselink, R., Gulikers, J., Schaafsma, S., Verstegen, J., & Mulder, M. (2009). Towards competence-based VET: Dealing with the pitfalls. Journal of Vocational Education and Training, 61(3), 267–286.

Bilboe, W. (2011). Vocational education and training in Kuwait: Vocational education versus values and viewpoints. International Journal of Training Research, 9(3), 256–260.

Bol, T., Ciocca Eller, C., van de Werfhorst, H. G., & DiPrete, T. A. (2019). School-to-Work Linkages, Educational Mismatches, and Labor Market Outcomes. American Sociological Review, 84(2), 275–307.

Chandra, G. R., Liaqat, I. A., & Sharma, B. (2019). Blockchain Redefining: The Halal Food Sector. Proceedings - 2019 Amity International Conference on Artificial Intelligence, AICAI 2019, 349–354.

Costa, R., & Santos, A. (2016). Designing and testing an intellectual capital management model in practice. Proceedings of the European Conference on Knowledge Management, ECKM, 2016-Janua, 198–208.

Direktorat Pembelajaran Kemristekdikti. (2016). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. 65.

El-Gohary, H. (2016). Halal tourism, is it really Halal? Tourism Management Perspectives, 19, 124–130.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. (2016). Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia. JAKARTA.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. (2018). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2019). Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Retrieved from https://forlap.ristekdikti.go.id/prodi

Kwon, K. (2019). The long-term effect of training and development investment on financial performance in Korean companies. International Journal of Manpower.

Misbah, Z., Gulikers, J., Dharma, S., & Mulder, M. (2019). Evaluating competence-based vocational education in Indonesia. Journal of Vocational Education and Training, 00(00), 1–29.

Mohsin, A., Ramli, N., & Alkhulayfi, B. A. (2016). Halal tourism: Emerging opportunities. Tourism Management Perspectives, 19(2016), 137–143.

Muhammad. (2003). Kualifikasi Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syari’ah. Al-Mawarid, 10.

Noonejad, M. E. and M. (2009). The Role of Human Capital on The Development and Progress of Various Sectors in Iran Economy. Research Journal of Environmental Toxicology, 3(3), 113–123.

Nooruddin, S. (2015). Technical and Vocational Education and Training for Economic Growth in Pakistan. Journal of Education and Educational Development, 2(2), 191–201.

Omata, N., & Takahashi, N. (2018). Promoting the economic reintegration of returnees through vocational training: lessons from Liberia. Development in Practice, 28(8), 1022–1033.

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Statistik Perbankan Indonesia. In Otoritas Jasa Keuangan (Vol. 17).

Schmillen, A. (2018). Vocational education, occupational choice and unemployment over the professional career. Empirical Economics, 1–34.

Published
2022-07-25
Section
Artikel