Perusahaanpengaruh Entrepreneurial Orientation dan Market Orientation terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada UKM di Surabaya

  • Muhammad Nizar Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Perusahaan, Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, UKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah entrepreneurial orientation berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing, market orientation berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing, entrepreneurial orientation berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran, market orientation berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran, keunggulan bersaing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UKM di Surabaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Lokasi penelitian mi adalah UKM Kreatif di Kota Surabaya. Penetapan lokasi penelitian ini dipertimbangkan atas dasar bahwa Surabaya merupakan kota dengan jumlah UMKM tertinggi di Jawa Timur. Sampel penelitian ini sebesar 70 UKM Kreatif yang tersebardi kota Surabaya. Teknik pengambilan data menggunkan wawancara dan survei. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini membuktikan keunggulan kompetitif dan kinerja dan UKM di Surabaya dipengaruhi oleh inisiatif dari pihak internal UKM, seperti orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar.

Hasil penelitian ini menunjukån bahwa 1) variabel enterpreneur orientation berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing dengan pengaruh sebesar 0,846. 2) variabel market orientation berpengaruh signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing, dengan pengaruh sebesar 0.146. 3) variabel enterpreneur orientation berpengaruh positif signifi kan terhadap variabel kinerja pem asaran dengan pengaruh sebesar 0,377. 4) variabel market orientation berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran, dengan pengaruh sebesar 0,512. 5) variabel keunggulan bersaing berpengaruh positif siginifikan terhadap variabel kinerja pemasaran dengan pengaruh sebesar 0,815. Jadi pihak UKM Kreatif di Kota Surabaya harus selalu meningkatkan semangat da lam menumbuhkan enterpreneur orientalion dan market orientation dalam hal melakukan inovasi, aktif dalam persaingan, otonomi, selalu update pada informasi pasar, informasi keinginan pelanggan dengan tujuan supaya UKM dapat meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran

References

Ajay K. Kohli and Bernard J. Jaworski. Market Orientation: The Construct, Research Propositions, and Managerial Implications Journal of Marketing Vol. 54, No. 2 (Apr., 1990), pp. 1-18
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta. Barney,J.B. 2010. Gaining and Sustaining Competitive Advantage. Fourth Edition: Addison-
Wesley, Massachusetts.
Darna dan Fatimah. 2010. Model peningkatan kinerja melalui peningkatan Kapabilitas inovasi pada usaha kecil dan mikro (ukm) Yang dikelola oleh kaum perempuan. Hal 276-285 di akses melalui http://lppm.unmas.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/39- DARNA_KL-1..pdf. pada tanggal 24 mei 2016
Debbie Liao and Philip Sohmen, 2001, The Defelopment Of Modern Entrepreneurship in China. Journal of East Asia Affair Vol. 1
Demirbag, M., Koh, S. C. L., Tatoglu, E., & Zaim, S. 2006. TQM and market orientation’s impact on SMEs' performance. Industrial Management & Data Systems. Journal of Manufacturing Technology Management. Vol 106. No. 8 , pp 1206 1228
Dewi, S.T. 2006. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Tesis Undip. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Echdar,S. 2013. Manajemen Entrepreneurship. Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ferdinand, A. 2002. Marketing Strategy Making: Proses dan Agenda Penelitian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, ISSN 1412-8527, Vol.1, No.1 (2002), Hal.1 -22.
2006. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi ilmu Manajemen. Edisi 1. Semarang: Universitas Diponegoro.
Knight, G. 2000. Entrepreneurship and Marketing Strategy: the SME Under Globalization.
Journal ofInternational Marketing, ISSN 1069-031X, Vol.8, No.2 (2000) . Hal.12-32.
Kuratko,D.F. 2009. Introduction to Entrepreneurship, Eight Edition. Canada: Cengage Learning.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemah oleh Benjamin Molan. Jakarta: PT Indeks.
Maryono, Budi. 2010. Membangun kualitas strategi pemasaran dan keungguolan bersaing dengan Orientasi Kewirausahaan untuk meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi pada UMKM Penerima KUR di BRI Kanca Pattimura Semarang). Tesis. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro Semarang.
Ajay K. Kohli and Bernard J. Jaworski. Market Orientation: The Construct, Research Propositions, and Managerial Implications Journal of Marketing Vol. 54, No. 2 (Apr., 1990), pp. 1-18
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta.
Darna dan Fatimah. 2010. Model peningkatan kinerja melalui peningkatan Kapabilitas inovasi pada usaha kecil dan mikro (ukm) Yang dikelola oleh kaum perempuan. Hal 276-285 di akses melalui http://lppm.unmas.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/39- DARNA_KL-1..pdf. pada tanggal 24 mei 2016
Debbie Liao and Philip Sohmen,2001,”The Defelopment Of Modern Entrepreneurship in China” Journal of East Asia Affair Vol. 1
Demirbag, M., Koh, S. C. L., Tatoglu, E., & Zaim, S. 2006. TQM and market orientation’s impact on SMEs' performance. Industrial Management & Data Systems. Journal of Manufacturing Technology Management. Vol 106. No. 8 , pp 1206 1228
Dewi, S.T. 2006. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Tesis Undip. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Echdar,S. 2013. Manajemen Entrepreneurship. Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Ferdinand, A. 2002. Marketing Strategy Making: Proses dan Agenda Penelitian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, ISSN 1412-8527, Vol.1, No.1 (2002), Hal.1 -22.
2006. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi ilmu Manajemen. Edisi 1. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Knight, G. 2000. Entrepreneurship and Marketing Strategy: the SME Under Globalization.
Journal ofInternational Marketing, ISSN 1069-031X, Vol.8, No.2 (2000) . Hal.12-32.
Kuratko,D.F. 2009. Introduction to Entrepreneurship, Eight Edition. Cengage Learning, Canada.
Kotler,Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemah oleh Benjamin Molan. Edisi Kedua Belas. Jilid 1. PT Indeks. Jakarta
Maryono, Budi. 2010. Membangun kualitas strategi pemasaran dan keungguolan bersaing dengan Orientasi Kewirausahaan untuk meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi pada UMKM Penerima KUR di BRI Kanca Pattimura Semarang). Tesis. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro Semarang.
Supranoto, M. 2009. Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. E-journal Undip. http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/11723133.pdf.Diakses 26 Mei 2016. Hal.1-11.
Weerawardena, Jay. 2003. Exploring The Role of Market Learning Capability in Competitive Strategy. European Journal of Marketing. Vol.37,p.407-429
Zhou, Kevin Zheng,Chi Kin Yim, and David K.Tse,2005. The Efeect of strategic Orientations on Technology-and Market-Based Breakthrough Innova tions. Journal of Marketing.Vol.69 (April), pp.42-60
www. bps.go.id.
Published
2018-12-24
Section
Articles