IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARIAH ANGKATAN 2014 FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR)

  • Jubaedi Ahmad Sobari Syarifah Gustiawa Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktek etika bsinis Islam mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2014 Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan (applied research) dengan pendekatan kualitatif.. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa  yang telah berbisnis, yaitu sebanyak 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator yang digunakan sebagai alat ukur adalah lima prinsip etika bisnis Islam, yaitu prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip kebebasan, prinsip amanah dan prinsip kebajikan atau kejujuran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 11 atau 44% mahasiswa telah memenuhi semua prinsip etika bisnis Islam dalam praktek bisnisnya. Sedangkan 14 atau 56% mahasiswa belum memenuhi semua prinsip etika bisnis Islam dalam praktek bisnisnya, disebabkan mereka masih kurang sesuai dalam penerapan/pengamalan dua prinsip, yaitu prinsip tauhid dan prinsip amanah. Kedua prinsip tersebut sebenarnya diterapkan/diamalkan dalam praktek bisnis mereka hanya saja penerapan/pengamalannya masih kurang sesuai

Author Biography

Jubaedi Ahmad Sobari Syarifah Gustiawa, Universitas Ibn Khaldun Bogor
jubaedi1818@gmail.com, ahmadsobari@fai.uika-bogor.ac.id, syarifah@fai.uika-bogor.ac.id

References

--------------- Al Qur’an

Hamzah, Yaksan dan Hafied, Hamzah. Etika Bisnis Islam, Makasar: Kretakupa Print, 2014.

Filaifil, Hasan Zakaria, 50 Nasihat Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat, Jakarta: Cendikia Sentra Muslim, 2006.

Hasan, Fahadil Amin,“Etika Bisnis Al-Ghazali”, Jurnal E-Sya, Vol. 1, No. 1, hlm. 2, 2014.

Hulaimi, Ahmad, et al., “Etika Bisnis Islam Pedagang Sapi dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Pedagang di Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur”, Jurnal Ekonomi Syariah,Vol. 2, No. 1, hlm. 22, 2017.

Irawan, Heri, Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Sembako di Pasar Sentral Sinjay, UIN Alaudin Makasar: Tesis,2017.

Juliyani, Erly, Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam”, Jurnal Ummul Qura, Vol. 7, No. 1, hlm. 66, 2016.

Kadir, A, Hukum Bisnis Syariah Dalam Al Qur’an, Jakarta: Amzah, 2010.

Karim, Adiwarman A, Bank Islam Analisis Fiqih Dan Keuangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia, Etika Pengusaha Muslim, [Online], https://pengusahamuslim.com/210-etika-pengusaha-muslim.html

Kuntjojo, Diktat Metode Penelitian, Kediri: Universitas Nusantara PGRI, 2009.

Liputan Khusus Perbankan, Perbankan dalam Pusaran krisis Moneter 1997-1998, [online], http://lipsus.kontan.co.id/v2/perbankan/read/302/ perbankan dalam pusaran krisis moneter, diakses pada tanggal 27 Desember 2017 pukul 13.00 WIB.

Komite Nasional Kebijakan Governance, Pedoman Umum Good Governance Bisnis Syariah, Jakarta: KNKG, 2011.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda karya, 2010.

Mukri, Syarifah Gustiawati, Langkah Strategis Optimalisasi Sistem Ekonomi Syariah, Jurnal Filasafat dan Budaya Hukum, Vol. 1, No. 1, hlm. 12, 2014.

Nawawi, Rif’at Syauqi, Kepribadian Qur’ani, Jakarta: Amzah, 2014.

Norvadewi, “Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif)”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 1, No. 1, hlm. 33, 2015.

Safitri, Ligya,“Etika Bisnis Mahasiswa”, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: Skripsi, 2015.

Sampurno, Wahyu Mijil, Dampak Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kemajuan Bisnis Home Industri di Era Global, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta: Skripsi, 2016.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: ALFABETA, 2007.

Sukarno, Fahrudin, Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Bogor: Al azhar Freshzone Publishing, 2013.

Tarigan, Azhar Akmal, Dasar-Dasar Etika Bisnis Dalam Islam, FEBI Pers, 2016.

Widodo,Hendarto, Pentingnya Teori Akuntansi Syariah Perspektif Akuntansi Sosial dan Pertanggung jawaban Bisnis Syariah, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 4, No. 1, hlm. 75, 2016.

Yasin, Ahmad Hadi, Dahsyatnya Sabar, Jakarta: Qultum Media, 2008.

Yulianti, Rahmani Timorati, Asas-Asas Perjanjian (Akad) Dalam Hukum Kontrak Islam, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. II, No. I, hlm. 100-101, 2008.

Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Published
2018-06-04
Section
Artikel