Main Article Content

Muhammad Nizar Muhammad Nizar
Kecintaan manusia terhadap harta ini harus mendapatkan bimbingan wahyu yang mengarahkan bahwa harta bukan tujuan hidup,  akan tetapi hanya sebagai sarana yang harus dipertanggung jawabkan kepada Allah. Konsep kepemilikan Islam, mengakui adanya, kepemilikan umum, dan kepemilikan negara. Ketiga macam kepemilikan tersebut dberi batasan wewenang sesuai dengan fungsinya masing-masing. yang pada intinya agar terjaga keseimbangan untuk menuju kesejahteraan baik individu, masyarakat dan Negara.
Al-Misri, Rafiq Yunus. Usul al-Iqtishad al-Islami. Beirut: Dar al-Qalami, 1999.
An-Nabhani, Taqiyuddin. Sistem Ekonomi Islam. Bogor: al-Azhar Press, 2009.
An Nabhani, Taqiyuddin, , Membangun Sistem Ekonomi Alternatif; Perspektif Islam” terj. M.Maghfur Wachid, Surabaya: Risalah Gusti, 1996.
Antonio, Muhammad Syafi’i , Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gema Insani, 2011
Chapra , Umer, Islam dan Pembangunan Ekonomi, terj.Ikhwan Abidin Basri Jakarta : Tazkia, 2005
Inayah , Ghozi, Ushul al Maliyah al Amah al Islamiyah, Beirut : Daar ibn Hazm, 1993), 15.
Mayer, Ann Elizabeth. Property, Social Structure and Law in The Modern Middle East. New York: State University of New York Press, 1985.
Nawawi , Ismail, Ekonomi Islam Perspektif Teori, Sistem dan Aspek Hukum, ( Surabaya : Putra Media Nusantara, 2009),
Siddiqi, M. Nejatullah. Role of The State in The Economy. United Kingdom: The Islamic Foundation, 1996.
Veithzal Rivai & Andi Buchari, Islamic Economics, Ekonomi Syari’ah Bukan OPSI Tetapi SOLUSI, Jakarta : Bumi Aksara, 2009
Yunus, M.Ismail dan Yusanto, M Ismail. Pengantar Ekonomi Islam. Bogor: al-Azhar Press, 2009.