Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULIS

Agromix sebagai studi ilmiah dan informasi tentang bidang pertanian yang memuat tulisan ilmiah hasil penelitian dan pengabdian masyarakat, pemikiran kritis tentang pertanian, Perikanan, Teknologi Produk Pertanian, Peternakan, dan semua bidang yang terkait dengan Pertanian

Artikel yang dikirim ke AGROMIX harus merupakan karya asli, yaitu artikel yang sama harus belum diterbitkan atau diterima untuk dipublikasikan di jurnal / buku lain baik secara penuh atau substansial; dan tidak boleh diserahkan ke jurnal lain untuk publikasi bersamaan atau dipertimbangkan untuk publikasi atau bahkan ditinjau. Artikel yang dikirim ke AGROMIX dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

  1. Pedoman Penulis Umum

Semua manuskrip dapat diserahkan ke Kantor Editorial AGROMIX dengan Pengajuan Online, di mana penulis mendaftar sebagai Penulis.

  1. Template Naskah

Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut dalam templat naskah MS Word. Manuskrip template dapat diunduh di tautan berikut: AGROMIX MANUSCRIPT TEMPLATE .

  1. Meninjau Naskah

Naskah yang diserahkan ke AGROMIX akan ditinjau oleh Dewan Editorial dan / atau hakim independen dari universitas lokal. Naskah akan dievaluasi berdasarkan kepatuhan dengan fokus dan ruang lingkup AGROMIX, kontribusi disiplin ilmu, analisis stabilitas, kejelasan presentasi dan kecukupan teknis. Keputusan untuk publikasi, amandemen, atau penolakan didasarkan pada laporan / rekomendasi mereka. Jika dua atau lebih pengulas menganggap naskah tidak cocok untuk publikasi dalam jurnal ini, pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan akan dikirimkan kepada penulis dalam waktu tiga bulan sejak tanggal pengiriman.

  1. Revisi Naskah

Naskah yang dikirim kembali ke pengarang untuk revisi harus dikembalikan ke editor tanpa undian. Naskah yang direvisi dapat dikirim ke editorial kantor melalui Antarmuka Pengajuan Online. Naskah yang direvisi lebih dari setengah bulan akan dianggap sebagai kiriman baru.

  1. Pedoman untuk Pengajuan Online

Penulis pertama-tama harus mendaftar sebagai Penulis melalui alamat berikut:  https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/AGROMIX/user/register?source=

Penulis harus mengisi formulir sedetail mungkin di mana saja bertanda bintang harus dimasukkan. Setelah semua kotak teks dipenuhi, Penulis mengklik tombol “Daftar” untuk melanjutkan pendaftaran. Oleh karena itu, Penulis membawa ke antarmuka pengiriman penulis online di mana Penulis harus mengklik "  Pengiriman Baru  ". Di bagian Mulai Pengajuan Baru, klik "  Klik di Sini ': untuk menuju ke langkah pertama dari proses pengajuan lima langkah  ". Berikut ini adalah lima langkah dalam proses pengiriman online:

  1. Langkah 1 - Memulai Pengiriman : penulis harus mencentang-tanda pada daftar periksa pengiriman. Dalam "Komentar untuk Editor", Seorang penulis dapat mengetik temuan dasar makalah dan signifikansinya kepada Editor. Kemudian, klik "simpan dan lanjutkan".
  2. Langkah 2 - Mengunggah Kiriman : Untuk mengunggah naskah ke jurnal ini, klik Browse pada item Unggah file kiriman dan pilih file dokumen manuskrip (.doc / .docx) untuk dikirimkan, lalu klik tombol "Unggah" hingga file tersebut memiliki telah diunggah. 
  3. Langkah 3 - Memasukkan Metadata Submission : Pada langkah ini, detail metadata penulis harus dimasukkan termasuk yang ditandai penulis yang sesuai. Setelah itu, judul naskah dan abstrak harus diunggah dengan menyalin teks dan menempel di kotak teks termasuk kata kunci.
  4. Langkah 4 - Mengunggah File Tambahan : Penulis dapat mengabaikan langkah ini.
  5. Langkah 5 - Mengkonfirmasi Pengiriman : Penulis harus memeriksa dokumen naskah yang diunggah pada langkah ini. Untuk mengirimkan naskah ke jurnal AGROMIX, klik tombol Selesai Menyerahkan setelah dokumen benar. Penulis yang sesuai atau kontak utama akan menerima pemberitahuan melalui email dan akan dapat melihat kemajuan pengiriman melalui proses editorial dengan masuk ke situs alamat web jurnal. 

Setelah pengiriman ini, Penulis yang mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi tentang pengiriman tersebut. Oleh karena itu, Penulis dapat melacak status pengiriman mereka kapan saja dengan masuk ke antarmuka pengiriman online. Pelacakan pengiriman meliputi status tinjauan naskah dan proses editorial.

  1. Pedoman Penyusunan Naskah

STRUKTUR DARI MANUSCRIPT

  1. Judul. Judul harus jelas dan informatif.
  2. Nama penulis dan asal institusi. Nama penulis harus disertai dengan asal institusi dan alamat email penulis, tanpa gelar akademis.
  3. Abstrak berisi deskripsi singkat tentang latar belakang studi, tujuan, metode, hasil, dan implikasinya. Abstrak ditulis dalam versi bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, satu paragraf dengan spasi tunggal ( maksimum 250 kata ), tanpa Sitasi, “Bulle Numbering” atau rumus apa pun. Abstrak berisi kata kunci yang mencerminkan konten artikel. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata atau frasa.
  4. Pengantar. Bagian ini menjelaskan: (i) latar belakang umum penelitian (ringkas), (ii) ulasan tentang hasil penelitian sebelumnya yang relevan dan terkini, (iii) pernyataan baru (analisis kesenjangan) yang berisi urgensi dan kebaruan penelitian, dan (iv) kemudian tujuan penelitian. Jika ada hipotesis, dinyatakan secara eksplisit dan tidak dalam kalimat interogatif. Pendahuluan harus ditulis tanpa angka dan / atau petunjuk.
  5. Metode penelitian. Bagian ini berisi tentang rencana penelitian dengan mencakup: populasi / sampel penelitian, data dan teknik / instrumen pengumpulan data, alat analisis dan model yang digunakan. Umumnya metode tidak perlu ditulis secara terperinci, tetapi cukup merujuk ke buku referensi (Contoh: rumus uji F, uji t). Deskripsi simbol pada model yang ditulis dalam kalimat.
  6. Hasil dan Diskusi. Bagian ini berisi hasil analisis data (dalam tabel atau gambar, bukan dalam data mentah, dan bukan printscreen dari hasil analisis), hubungan antara hasil penelitian dan konsep dasar, dan / atau hipotesis (jika ada), dan kesesuaian atau kontradiksi dengan hasil penelitian sebelumnya. Bagian ini dapat berisi implikasi dari penelitian baik secara teoritis dan tepat. Setiap gambar dan tabel harus dirujuk dalam teks.
  7. Kesimpulan. Kesimpulan ditulis secara singkat, hanya menjawab tujuan atau hipotesis penelitian, tidak mengulangi diskusi. Kesimpulan ditulis secara kritis, logis dan jujur ​​berdasarkan fakta, dan penuh peringatan jika ada generalisasi. Bagian ini ditulis dalam paragraf, tidak menggunakan penomoran atau peluru.
  8. Terima kasih komentar (jika perlu). Bagian ini menyediakan bagi penulis untuk menyampaikan ucapan terima kasih mereka kepada penyandang dana penelitian, fasilitas, atau saran; dan untuk pernyataan jika artikel tersebut merupakan bagian dari tesis / disertasi.
  9. Bibliografi. Bagian ini menulis daftar jurnal, buku, atau publikasi lain yang dirujuk dalam naskah yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir (80%) untuk jurnal dan 20% untuk sumber pendukung lainnya. Jumlah minimum daftar pustaka adalah 15 sumber. Referensi atau kutipan ditulis dengan American Psychological Association 6 th Edition . Ini adalah contoh kutipan yang sesuai dengan contoh bibliografi di bawah ini: (Susanawati, Jamhari, Masyhuri, & Dwidjono, 2015); (Banyuriatiga, Widodo, & Sriyadi, 2015); (BPS, 2014); (Syaukat, 2011).

Penulisan bibliografi AGROMIX mengikuti American Psychological Association 6th Edition . Penulisan bibliografi (dan kutipan) disarankan untuk menggunakan aplikasi Mendeley. (Tutorial Mendeley: http://bit.ly/2vYEQGZ  ).

Untuk lebih jelasnya, penulis dapat menggunakan Manuskrip Template yang sesuai dengan format penulisan naskah sistematis dan AGROMIX.

DAFTAR PERIKSA PERSIAPAN PENGIRIMAN

Sebagai bagian dari proses pengajuan, penulis diwajibkan untuk memeriksa kepatuhan pengajuan mereka dengan semua item berikut, dan pengiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. Pengajuan belum dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
  2. Pengiriman file dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, WPS, RTF, atau WordPerfect.
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi disediakan.
  4. Teks tersebut melengkapi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis, yang ditemukan dalam Tentang Jurnal.

Privacy Statement

The name and email address entered on this journal website will be used exclusively for the purposes of this journal and will not be available for other purposes or for other parties.

journals allowed authors to hold copyright without limitation and submit publication rights to Agromix.

Download answer Chief Researcher: Klik Di Sini