Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung

Studi Pada Konsumen Cafe Bernuansa Outdoor Di Kota Malang

  • Antin Rakhmawati Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammad Nizar Universitas Yudharta Pasuruan
  • Kholid Murtadlo Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Electronic Word Of Mouth, Viral Marketing, Visiting Interests, Visiting Decisions

Abstract

English

The purpose of this study was to determine the extent of the direct influence of e-WOM variables and viral marketing on visiting interests and visiting decisions for consumers of outdoor nuanced cafes in Malang City in 2018. Determination of the number of samples using the formula Machin and Campbell (1987) with accidental techniques sampling is accidental sampling and qualifies as respondents who meet with researchers. To collect data using a questionnaire and observation. The population in this study are consumers in 3 outdoor shades cafes in Malang. The sample used was 100 people. The analytical method used is variance based SEM using statistical tools Smartpls3.0. Electronic Word of Mouth and viral marketing have a significant effect on visiting interest and visitation decisions as well as visiting interest variables have a significant effect on visiting decisions.

Keywords: Electronic Word Of Mouth, Viral Marketing, Visiting Interests, Visiting Decisions

Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh langsung dari variabel e-WOM dan viral marketing  terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung pada konsumen kafe bernuansa outdoor  di Kota Malang tahun 2019. penentuan jumlah sampel menggunakan rumus  (Machin and Campbell, 1987) dengan teknik accidental sampling yaitu pengambilan sampel secara kebetulan dan memenuhi syarat sebagai responden yang bertemu dengan peneliti. Untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen pada 3 kafe nuansa outdoor di Kota Malang. Sampel yang digunakan adalah 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah variance based SEM dengan menggunakan aalat analisis statistik Smartpls3,0. Electronic Word Of Mouth dan viral marketing berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung serta variabel minat berkunjung berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung.

 

References

Andhanu Catur Mahendrayasa Srikandi Kumadji Yusri Abdillah Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknyapadakeputusan Pembelian. (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 12 No. 1

Arif Wibowo.(2015). Pengaruh Elektronik Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Pada Konsumen Smartphone Samsung Yang Berbasis Android. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 12, Nomor 1, Januari 2015.

Brian Rizky Ali Rachmalika, Srikandi Kumadji M. Kholid . (2015). “Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-Of-Mouth Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Hakata Ikkousha Jakarta”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 25 No. 1 Agustus

Firman Dwi Cahyono, Andriani Kusumawati Srikandi Kumadji (2016). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-Of-Mouth (Ewom) Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli (Survei Pada Followers Akun Instagram @Saboten_Shokudo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 37 No. 1 Agustus.

Hasan, Ali. 2010. Pemasaran dari Mulut-ke-Mulut. Yogyakarta: Media Presindo

Hennig- Thurau, Thorsten, and Gianfranco Walsh. 2003. “Electronic Word-ofMouth: Motives for and Consequences of Readaing Customer Articulations on the Internet.” International Journal of Electronic Commerce, 8 (2): 51-74.

Hennig-Thurau, T., Kevin P.G, Gianfranco W and Dwayne D.G. 2004. Electronic word-ofmouth via consumer opinion platform: what motives consumer to articulates themeselves on the internet. Journal of Interactive Marketing, Vol 18, page 38-52

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kaloka, Anglesti Sari Kondang. Ika Barokah Suryaningsih dan Ketut Indraningrat. 2018. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen pada Instagram @Makananjember” Fakultas ekonomi dan Bisnis. Universitas Jember.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid Kedua. Jakarta: Prenhallindo

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu. Ahli Bahasa oleh Bob Sabran.Edisi 13. Jakarta: Erlangga. Lekhanya, Lawrance Mpele. 2014.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Puspa Ratnaningrum Suwarduki Edy Yulianto M. Kholid Mawardi , (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata Di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 37 No. 2 Agustus.

Rakhmawati, A., Rahardjo, K., & Kusumawati, A. Faktor Anteseden dan Konsekuensi Green Supply Chain Management. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), 9(1), 1-8.

Richardson, Matthew P and Elaine Bachman. 2004. Viral Marketing dalam Seminggu. Alih Bahasa: Rekha Trimaryoan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Schiffman, L.G. and Kanuk, L.L. (2007). Consumer behaviour. Singapore: Prentice Hall International

Syafaruddin Z, Suharyono, Srikandi Kumadji (2016). Pengaruh Komunikasi Electronicword Of Mouth Terhadap Kepercayaan (Trust) Dan Niat Beli (Purchase Intention) Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Online Shopping Zafertech.Com). Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, Januari 2016

Wijaya, Tommi. Eristia Lidia Paramita (2014). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Dslr. Jurnal seminar nasional ISBN: 978-602-70429-1-9

Published
2019-08-29
How to Cite
Antin Rakhmawati, Muhammad Nizar, & Kholid Murtadlo. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung . SKETSA BISNIS, 6(1), 13-21. https://doi.org/10.35891/jsb.v6i1.1584
Section
Articles