Implementasi Strategi Produk Dalam Keunggulan Bersaing Studi Pada Offline Store Citra Kendedes Cake & bakery Malang
##plugins.themes.engagementTheme.article.main##
English
This study aims to determine the implementation of product strategies in the competitive advantage of cake products in Malang Kendedes Cake & bakery. Qualitative research methods are used with a case study approach. And withdrawing data by dept interview from the informant by purposive sampling. The results of the study show: (1) The product strategy adopted by Citra is to develop new products (2) The competitive advantage in the image is to have product differences compared to competitors; (3) The constraints experienced by Citra are multuative marketing or in certain months, the solution is to strengthen sales estimates at each store
Keywords: implementation of product strategies, competitive advantage, baking products
Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi produk dalam keunggulan bersaing produk kue di citra kendedes cake & bakery malang. Digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dan penarikan data dengan dept interview dari informan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menun-jukkan: (1) Strategi produk yang diterapkan oleh Citra adalah dengan mengembangkan produk baru (2) Keunggulan bersaing di citra adalah dengan mempunyai perbedaan produk dibandingkan dengan para pesaing; (3) Kendala yang di alami oleh Citra adalah pemasaran multuatif atau pada bulan-bulan tertentu, solusinya adalah dengan memperkuat estimasi penjualan disetiap toko
Keywords: implementasi strategi produk, keunggulan bersaing, produk kue
Antonius, Ian Ong. 2013. “Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya”. Jurusan Manajemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra Surabaya.
Arianto Anandhitya Bagus. 2011. “Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi Dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dari Samsung Galaxy Series Dikota Malang”. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Brawijaya.
Arikunto, Suharsimi. 2006: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. 2007. Manajemen Pemasaran. Dasar, Konsep dan Strategi.Jakarta: PT Rajagrafinda Persada.
David Cravens. 1996. “Pemasaran Strategis”. Erlangga. Edisi Ke Empat.
Dini Suci Ramadhani. 2014. “Pengaruh Differensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Konsumen Damarindo Digital Printing Di Padang). Universitas Negeri Padang.
Dirgantoro, Crown. 2001. Manajemen Strategi Konsep, Kasus, dan Implementasi. Grasindo, Jakarta.
Dwi Sulistiani. 2012. “Mencapai Keunggulan Bersaing Dengan Strategi Differensiasi”. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Malang.
Fayshal Abung, Henny Medyawati. 2013. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada Bumi Putera Syariah Cabang Depok”. Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma.
Jeofer Pratama Sahetapy. 2010. “Diferensiasi Produk, Strategi Merek, Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Meubel Ud Sinar Sakti Manado”. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Universitas Sam Ratulangi Manado.
Kotler, Philip. 2009. “Manajemen Pemasaran”. Jakarta: Erlangga.
Leli Deswindi. 2007. “Kecepatan Tingkat Penerimaan Dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Lama Yang Mengalami Perubahan Dan Produk Inovasi Baru Dalam Uapaya Memasuki Dan Merebut Pasar”. Business dan Management.Jurnal Vol 3, No 2.
Michael Adiwijaya. 2010. “Perluasan Merek: ”Strategi Jitu Peluncuran Produk Baru”. Universitas Kristen Petra Surabaya.
Moleong, Lexy. 1989: Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Porter Michael. 1990. “Competitive Strategy”. The Free Press. New York.
Purnomo Cahya. 2008. “Efektifitas Strategi Pemasaran Produk Wisata Minat Khusus Gua Cerme, Imogiri, Bantul. Jurnal Siasat Bisnis Vol. 12 No. 3
Schiffman Leon Dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. “Perilaku Konsumen”. Edisi Ke 7. PT Indeks.
Styagraha, Hadi. 1994. “Keunggulan Bersaing Dan Analisis Strategis:Refinisi Swot. Usahawan. No 4, Th. XXIII.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2001: Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2009. ”Metode Penelitian”. Bandung : CV Alfa Beta.
Sukamadinata, Nana Syaodih. 2007: Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tjiptono Fandy. 2015. “Strategi Pemasaran”. Edisi Ke 4. Yogyakarta: CV Andi.
Utami Christina. 2010. “Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi”. Edisi 2. Salenba Empat.
Yuliana Rahmi. 2013. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matic Berupa Segmentasi, Targeting, Positioning Serta Pe-ngaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Disemarang”. Jurnal STIE Semarang, Vol 5, No 2.