Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk dan Orientasi Kewirausahaan Studi Pada Usaha Kecil Dan Mikro Alat Pel Desa Damarjati
##plugins.themes.engagementTheme.article.main##
English
The purpose of this study was to determine whether the product innovation and entrepreneurial orientation simultaneously and partially effect on marketing performanc.The method used is quantitative method by using a regression analysis approach are analyzed using validity , reliability test , the classical assumption that operated through the program SPSS 17,0. The sampling technique used purposive sampling with a sample of 100 respondents in the capture of the village of SME owners Damarjati.The survey results revealed that the product innovation and entrepreneurial orientation influence simultaneously and partially on marketing performance in SMEs in the village Damarjati.The benefits of this research can be used to evaluate and improve products mop through product innovation and entrepreneurial orientation.
Keywords: Improved Performance Marketing, Product Innovation, Entrepreneurial Orientation,
Indonesia
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah inovasi produk dan orientasi kewirausahaan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis regresi yang dianalisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik yang yang dioperasikan melalui program SPSS 17,0. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden yang di ambil dari pemilik UKM Desa Damarjati.Dari hasil penelitian diketahui bahwa inovasi produk dan orientasi kewirausahaan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja pemasaran pada UKM di Desa Damarjati. Manfaat penelitian ini dapat digunakan untuk mengevaluasi dan memperbaiki produk alat pel melalui inovasi produk dan orientasi kewirausahaan.
Keywords: Peningkatan kinerja pemasaran, inovasi produk, orientasi kewirausahaan
Sampurno. 2011.Analisis Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas (ROA). Jurnal Dinamika Ekonomi &Bisnis.VOL.8, NO.1, P 1-25.
Suryani, Tatik, 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutarno. 2012. Serba-serbi Manajemen Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu
Fontana, Avanti, 2011.Innovate We Can’t ; Managemen Inovasi Dan Penciptaan Nilai Individu, Organisasi, Masyarakat.Cipta Inovasi Sejahtera, Jakarta.
American Marketing Association. 2003.Perilaku Konsumen dan Implikasi dalam Strategi Pemasaran.Terjemahan Nugroho Setiadi J. PT. Prenada Media. Jakarta.
Wibisono, Dermawan. (2006). Manajemen Kinerja. Erlangga, Jakarta.
Siyamtinah, Heru Sulistyo. 2011.Model Peningkatan Kinerja Melalui Kapabilitas Inovasi pada UKM di Semarang. Universitas Sultan Agung Semarang.
Nurlaila, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia I. Penerbit LepKhair.
Alrubaiee, Laith. 2013. An Investigation on the Relationship Between New Service Development, Market orientation, and Marketing Performance.European Journal of Bussiness and Management. Vol.5, No.5. hal. 1-26.
Sedarmayanti. (2011).Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Cet IV. Bandung : PT Refika Aditama.
Wibowo, 2010, Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga, Penerbit Rajawali Pers,Jakarta.
Kotler Philip dkk, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.
Chairiza. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Andalas di Bandar Lampung. (Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung. 61 hlm
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, dan Menengah, diunduh pada 17 Maret 2016 jam 11.34.
www.Depkop.go.id (Situs Departemen Koperasi dan UMKM) diunduh pada 17 Maret 2016 jam 11.50.
Sugiyono.2013.Metode Penelitian Pendidikan(PendekatanKuantitatif,Kualitatif,danR&D).Bandung: Alfabeta.
John W. Creswell, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi KetigaBandung : Pustaka Pelajar, 2008.h. 19.
Yin K. Robert, Prof. 2011. Studi Kasus; Desain dan Metode. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Basuki, Sulistyo. 2010.Metode Penelitian.Jakarta : Penaku.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, cet. IV: Alfabeta.Bandung.
Kriyantono, Rachmat. 2009.Teknik Praktis Riset Komunikasi.Malang: Prenada Media Group.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009), hlm. 186