##plugins.themes.engagementTheme.article.main##

Fajar Azmi Kurniawan

English


This study aims to design a new strategy based on Business Model Canvas approach. From Business Model Canvas there are nine interconnected elements including, Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships, and Cost Structure. The data were collected using interview technique. Analysis method used is SWOT Analysis. In this study, researchers used qualitative research methods. The results of this study show the design of a new strategy of nine elements. Customer Segments UD. Gading Mas by adding Customer Segments, Value Propositions of new product innovations with variations, promotional Channels through print or electronic media, Customer Relationship rewarding to high loyalty customers, Revenue Streams increase to selling price of robusta processed coffee and appropriate pricing for arabica coffee processing, Key Resources improves human resources by training employees, Key Activities production processes effectively and efficiently, Key Partnership is the main partner associated with the product being offered, and Cost Structure finance for promotion.


Keywords: Business Model Canvas, SWOT Analysis, New Strategy


Indonesia


Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi baru berdasarkan pendekatan Business Model Canvas. Dari Business Model Canvas terdapat sembilan elemen yang saling terhubung diantaranya, Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Resources,  Key  Activities,  Key  Partnership,  dan  Cost  Structure.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  menggunakan teknik wawancara. Metode Analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan rancangan strategi baru dari sembilan elemen. Customer Segments UD. Gading Mas dengan menambah Segmen Pelanggan, Value Propositions inovasi produk baru dengan variasi, Channels promosi melalui media cetak ataupun media elektronik, Customer Relationship pemberian hadiah kepada pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi, Revenue Streams peningkatan terhadap harga jual kopi olahan jenis robusta dan penetapan harga yang sesuai untuk olahan kopi jenis arabika, Key Resources meningkatkan sumber daya manusia dengan  pelatihan terhadap karyawan,  Key  Activities proses produksi secara efektif dan efisien,  key  partnership mitra utama yang berhubungan dengan produk yang di tawarkan,  dan  Cost  Structure membiayai untuk promosi.


Keywords: Business Model Canvas, Analisis SWOT, Strategi Baru


Keywords: Business Model Canvas, SWOT Analysis, New Strategy
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri, S. 2016. STRATEGIC MANAGEMENT Sustainable Competitive Advantages ed.2. Jakarta : PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Hamali, A.Y. 2016. Pemahaman Strategi Bisnsi & Kewirausahaan. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Moleong, L.J. 2005. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Osterwalder & Pigneur. 2015. Business Model Generation. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.

Prastowo, A. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, I. 2008. Manajemen Strategi. Bandung: CV. Yrama Widya.

Rangkuti, F. .2000. ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sangadji. 2013. Perilaku konsumen. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET

Sugiyono. 2012. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFBETA, CV.

Tjiptono, F. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Yusuf, M. 2014. METODE PENELITIAN: KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN PENELITIAN GABUNGAN Edisi Pertama. Jakarta: PRENADAMEIA GROUP.

Kosasi, V.M. 2015. Analisis Dan Evaluasi Model Bisnis Pada Pantai Seafood Restaurant Dengan Pendekatan Business Model Canvas, AGORA 3(1): 314-323.

Sugiartha, R. 2015. Inovasi Bisnis Model Pada Es Puter X Di Surabaya, AGORA 3(2): 217-223.

Permana, D.J. 2013. Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas Untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru, Faktor Exacta 6(4): 309-319.
Priyono, F. 2015. Analisa Penerapan Business Model Canvas Pada Toko Moi Collection, AGORA 3(2) : 358-368.

Surjogondokusumo, B.N. Indriyani, R. 2016. Analisis Model Bisnis Pada Restoran Yung Ho Dengan Menggunakan Business Model Canvas, AGORA 4(2): 229-237.

Undang-undang No.9.1995.”Usaha Kecil No. 9 Tahun 1995”.

Undang-undang No.20.2008.”UMKM No. 20 Tahun 2008”.

Data Kementerian KUKM Didasarkan pada Perhitungan BPS 2015 diakse pada tanggal 14 April 2017 dari http://www.depkop.go.id/berita-informasi/data-informasi/data-umkm/.

JUMLAH UMKM DAN TENANGA KERJA DI PROVINSI JAWA TIMUR diakses pada tanggal 14 April 2017 dari http://diskopumkm.jatimprov.go.id/