Analisis Efisiensi Usaha Tambak Udang Vannamei Litopaneaus Vannamei Di Kabupaten Takalar

Studi Pada Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan

  • Andi Tenri Lawa Putri L. Haris STIE Tri Dharma Makassar
Keywords: Efficiency, Vannamei shrimp, Cultivation

Abstract

English 

Vannamei shrimp cultivation has an important role in increasing  fish production to meet the food and nutritional needs as well as to meet the needs of domestic and foreign markets, to expand employment opportunities, to increase incomes and livelihoods of fishers and fish farmers, as well as preserving the aquatic biological resources. The aim of this study is to analyze the efficiency level of vannamei shrimp cultivation in Takalar regency. The research was conducted in Takalar regency, South Sulawesi from August to September 2018, the respondents were selected by using the cluster sampling method. The results show that the determinant coefficient (R2) is 0848 or 84.8 percent. This means that there is an 84.8 percent influence of the independent variabels of Labor (X1), feed (X2), Seeds (X3), and Technology (X4) on the average production of vannamei shrimps (Y) in Takalar, while the remaining 15.2 percent is caused by other variabels not included in this study. The influence of feed, seed / juveniles, and technology related positively and significantly to the production of vannamei shrimp in Takalar regency, while the labor  variabel is relative positively but not significantly. The scale of vannamei shrimp business in Takalar regency is in the position of Decreasing Return to Scale. Presently, none of the of production factor vannamei shrimp cultivation  reaches the level of economic efficiency.

 

Keywords: Efficiency, Vannamei shrimp, Cultivation

Indonesia

Budidaya udang vannamei memiliki peran penting dalam usaha meningkatkan produksi perikanan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi serta memenuhi kebutuhan pasar dalam dan luar negeri, memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan nelayan dan petani ikan, serta menjaga kelestarian sumberdaya hayati perairan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat efisiensi budidaya udang vannamei di Kab.Takalar. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan pada bulan Agustus-September 2018. Penentuan responden dengan menggunakan metode Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinan (R2) yang diperoleh adalah sebesar 0.848 atau 84.8 persen yang dapat diartikan bahwa terdapat 84.8 persen pengaruh variabel independen Tenaga Kerja (X1), Pakan (X2), Bibit (X3), dan Teknologi (X4) terhadap rata rata produksi udang vannamei (Y) di Kabupaten Takalar, sedangkan sisanya yaitu 15.2 persen disebabkan oleh variabel variabel lain yang tidak  dimasukkan dalam penelitian. Pengaruh pakan, bibit/ benur, dan teknologi berhubungan positif dan signifikan terhadap produksi udang vannamei di Kabupaten Takalar, variabel tenaga kerja berhubungan positif namun tidak signifikan terhadap produksi udang vannamei di Kabupaten Takalar, skala usaha budidaya udang vannamei di Kabupaten Takalar berada dalam Decreasing Return to Scale. Belum ada faktor produksi usaha budidaya udang vannamei yang mencapai tingkat efisiensi secara ekonomi  

 

Kata Kunci: Efisiensi, Udang Vannamei, Budidaya

References

Aaker, David A. and Alexander L. Biel. 1993. “Brand Equity and Advertising’s Role in Building Strong Brands”. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Anias, Kautsari N dan Yuliati. 2017. “Pengaruh Green product Terhadap Pembentukan Brand image Pada Oriflame Studi Pada Konsumen Oriflame Kota Bandung”. Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism, Vol. 16, Hal: 1-6. Universitas Telkom. Bandung.

Becker, L., & Van Rompay, T. L. (2011). “Tough package, strong taste: The influence of packaging design on taste impressions and product evaluations”. Food Quality & Preference, 22 (1), 17–23.

D'Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., and Peretiatkos, R. 2006. "Green products and Corporate Strategy: An Empirical Investigation". Society and Business Review. Vol. 1 Iss: 2.

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gifani, A dan Syahputra. 2016. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom”. Jurnal Bisnis Dan Iptek. Vil. 10, No. 2, Hal: 81-94. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan. Bandung

Gunarso, Albar dan Kusumawati, A. 2017. “Pengaruh Green advertising, Eco Brand, Dan Green Trust Terhadap Keputusan Pembelian Survei Pada Konsumen Lampu Philips Led Di Rw 12 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 49, No.1, Hal: 169-179. Universitas Brawijaya. Malang.

Guspul, A. 2018. “Pengaruh Strategi Green marketing Pada Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Herbalife Studi Kasus Pada Club Sehatway Di Wonosobo”. Jurnal PPKM I (2018) 107 – 122. Universitas Sains Al-Qur’an. Wonosobo.

Gustyanita, Pratiwi. “Aqua Group: Berpedomen pada Water Ground Policy”. Dipublikasikan. Artikel. https://swa.co.id/swa/headline/aqua-group-berpedoman-pada-water-ground-policy (07 April 2018)

Handayani, Novita Tri. 2012. “Pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Green product Sepeda Motor Honda Injection”. Management Analysis Journal (Volume 1 Nomor 2). Hlm. 1-6.

Istantia, S., Kumadji, S dan Hidayat, K. 2016. “Pengaruh Green marketing Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Survei pada Pengguna Produk Ramah Lingkungan Lampu Philips LED di Perum Kepanjen Permai 1, RW 4, Desa Talangagung, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 32, No. 1. Universitas Brawijaya. Malang.

Kаrnа, Jeri. 2003. “Enviromentаl Mаrketing Strаtegy аnd its Implementаtion in Forest Industries.” Forest Reseаrch Institute, Vаntаа Reseаrch Centre. pp 1-27

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. “PrinsipPrinsip Pemasaran”. Diterjemahkan oleh: Damos Sihombing. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. “Manajemen Pemasaran”. Jilid I. Ed: 13. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Nаtekаr, Аnitа R. 2016. Sociаl Networking: Аn Imminent Tool for Mаrketing, Intercontinentаl Journаl of Mаrketing Mаnаgement, Vol. 3 No. 1, pp. 24-28.

Nela, E. Handoyo dan Sari. 2012. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus”. Journal Of Social And Politic. Hal: 1-11. Universitas Diponegoro. Semarang.

Peter dan Olson. 2010. “Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran”. Diterjemahkan: Diah Tantri Dwiandani. Buku 1. Edisi 9. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Praharjo, A., Suharyono, & Wilopo. 2013. “Pengaruh Green advertising terhadap Persepsi Tentang Green Brand dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2010/2011 Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasan Merek Ades)”. Jurnal Universitas Brawijaya, Vol. 4 No. 2. Hlm. 1-9.

Ratnawati, Honorota D P. 2016. “Pengaruh Kemasan Ramah Lingkungan Dan Informasi Terhadap Minat Beli Ulang Studi Konsumen Amdk Kota Semarang”. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC. Hal: 88-98. Universitas Bakrie.

Rehman, Shakeel-Ul. 2014. “Usefullness of Green Marketing-Literacy and Purchase Decisions”. IOSR Journal of Business and Management. Volume 16, Issue. 9. Ver.II, PP 20-27.

Ridwan, M., Fauzi, A D.H dan Aniesa. 2018. “Pengaruh Green product, Green advertising Dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian Survei Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013/2014 Dan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasan Merek Ades”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 55, No. 1, Hal: 80-91. Universitas Brawijaya. Malang.

Rosani, Meida., Kumadji, S dan Sunarti. 2015. “Pengaruh Green advertising Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Survei Pada Pengunjung Perpustakaan Umum Dan Arsip Kota Malang Konsumen Air Minum Kemasan Botol Aqua”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 25, No. 1, Hal: 1-7. Universitas Brawijaya. Malang.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. “Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian”. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Santoso, I dan Fitriyani, R. 2016. “Green Packaging, Green product, Green advertising, Persepsi, Dan Minat Beli Konsumen”. Jurnal Ilmu Kel & Kons, Vol. 9, No. 2, Hal: 147-158. Universitas Brawijaya Malang

Sevilla, Consuelo G. 2007. “Research Methods”. Rex Printing Company. Quezon City.

Silvia, Fauzi dan Kusumawati. 2014. “Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Survei pada Konsultan Independen di Oriflame Cabang Surabaya”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 14, No. 1, Hal: 1-9. Universitas Brawijaya. Malang.

Situmorang, James R. (2011). “Pemasaran Hijau yang Semakin Menjadi Kebutuhan dalam Dunia Bisnis”. Jurnal Administrasi Bisnis (Volume 7 Nomor 2. Hlm. 135.

Sugiyono. 2013. “Statistika Untuk Penelitian”. Cetakan Ke-22. CV. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2015. “Metode Penelitiаn Bisnis Pendekаtаn Kuаntitаtif, Kuаlitаtif, dаn R&D”. Bаndung: CV. Аlfаbetа.

Suliyanto. 2011. “Ekonometrika Terapan – Teori dan Aplikasi dengan SPSS”. Edisi Pertama. Andi Offset. Yogyakarta.

Suryani, Tatik. 2013. “Perilaku Konsumen di Era Internet. Implikasinya pada Strategi Pemasaran”. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Syafrina, Ika. 2016. “Pengaruh Green product Tissue Tessa Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Wilayah Kabupaten Bandung Dan Kota Bandung”. e-Proceeding of Applied Science, Vol. 2, No. 2, Hal: 430-435. Universitas Telkom. Bandung.

Sulistianingsih, Elok D. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5, No. 12, Hal: 1-20. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.

https://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan (03 April 2018)

https://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global#cite_note-grida7-1 (03 April 2018)

http://nationalgeographic.co.id/berita/2017/02/penyebab-penyebab-pemanasan¬global (04 April 2018)

https://sains.kompas.com/read/2017/12/05/170700623/laut-dunia-darurat-sampah-plastik-indonesia-turut-menyumbang- (06 April 2018)

https://swa.co.id/swa/headline/aqua-group-berpedoman-pada-water-ground-policy (07 April 2018)

http://www.aqua.com/aqua_lestari/detail/praktik-perusahaan-ramah-lingkungan (09 April 2018)

https://ohbaru.blogspot.co.id/2013/04/memanfaatkan-peluang-bisnis-usaha-air.html (09 April 2018)

https://www.liputan6.com/citizen6/read/2193453/bahaya-memakai-botol-plastik-bekas-air-kemasan (09 April 2018)

Published
2019-08-29
How to Cite
Andi Tenri Lawa Putri L. Haris. (2019). Analisis Efisiensi Usaha Tambak Udang Vannamei Litopaneaus Vannamei Di Kabupaten Takalar. SKETSA BISNIS, 6(1), 35-42. https://doi.org/10.35891/jsb.v6i1.1605
Section
Articles