Pengaruh Tipe Industri, Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting

  • Nuraeni Universitas Yudharta Pasuruan
  • Anik Muilah Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Industrial Type, ROE, ROA, Environmental Performance, Islamic Social Reporting Disclosure.

Abstract

English

Abstract This study aims to determine the effect of few variables, that is industiral type, profitability proxied by ROE and ROA, and environmental performance towards Islamic social reporting disclosure in companies listed in JII 2011-2015. The population in this study were all companies registered in JII 2011-2015, the sampling technique using purposive sampling, so that a total sample of 11 companies was obtained for five years, or equal to 55 annual reports. The analysis in this study is a descriptive statistical analysis by conducting a classic assumption test. The multiple linear regression analysis in this study uses SPSS 17 statistical analysis tools. The results of this study indicate that the Industry Type and Environmental Performance variables have no significant effect on Islamic Social Reporting Disclosure, while ROE has a significant negative effect and ROA has a significant positive effect on Islamic Social Reporting Disclosure.

Keywords: Industrial Type, ROE, ROA, Environmental Performance, Islamic Social Reporting Disclosure.

Indonesia

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel tipe industri, profitabilitas yang diproksikan dengan ROE dan ROA, serta kinerja lingkungan terhadap pengungkapan islamic social reporting pada perusahaan yang terdaftar di JII Periode 2011-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di JII periode 2011-2015, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh total sampel sebanyak 11 perusahaan selama lima tahun, atau sama dengan 55 laporan tahunan. Analisis dalam penelitian ini merupakan analisis statistik deskriptif dengan melakukan uji asumsi klasik. Adapun analisis regresi linier berganda dalam penelitian ini menggunakan alat analisis statistik SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tipe Industri dan Kinerja Lingkungan berpengaruh tidak signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting, sedangkan ROE berpengruh negatif signifikan dan ROA berpengaruh positif signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting.

Kata Kunci: Tipe Industri, ROE, ROA, Kinerja Lingkungan, Pengungkapan Islamic Social Reporting

References

Algifari. 2010. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi (Edisi kedua). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Anggraini, Anita dan Mulyaning wulan. 2015. Faktor Financial-Non Financial dan Tingkat Pengungkapan Islamic Social reporting (ISR). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam Vol. 2, No. 2 Hal. 161 – 184.

Astuti, Tika. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Laverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di JII Tahun 2010-2012). Jurnal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal. 1-20.

Brealey, dkk. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, Imam. 2011. Ekonometrika. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Hery. 2013. Akuntansi Jasa dan Dagang Praktis dengan Contoh Soal. Yogayakarta: GAVA MEDIA.

Kariza, Ayu. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Yang Listing Di Jakarta Islamic Index tahun 2013. Jurnal Akuntansi. Hal. 1-13.

Kurniawati, Mahardika. 2016. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kinerja Keuangan dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Termasuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) dan Mengikuti Proper Tahun 2011-2015). Jurnal Akuntansi. Hal. 1-29

Merina, Citra Indah dan Verawaty. 2016. Analisis Komparasi Indeks Islamic Social Reporting Perusahaan Perbankan Syariah dan Perusahaan Go Publik Yang Listing Di Jakarta Islamic Index. Jurnal AKUISISI-Vol 12 No. 2 November 2016. Hal. 1-17.

Novrizal, MF dan Meutia Fitri. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2012-2015 dengan Menggunakan Islamic Social Reporting (ISR) Index sebagai Tolok Ukur. 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) Vol. 1, No. 2, Halaman 177-189.

Nurhayati, Sri dan Wasilah. 2013. Akuntansi syariah di Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

Nursiyono, Joko Ade. 2015. Kompas Teknik: Pengambilan sampel. Bogor: IN MEDIA

Othman, Rohana., Thani A.M., Ghani, E.K. 2010. “Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia, Journal of International Studies – Issue 12, Hal. 4-20.

Othman, Rohana dan Thani. 2011. Azlan. Islamic Social Reporting Of Listed Companies In Malaysia. International Business & Economics research Journal,Volume 9, Number 4. Hal. 135-144.

Putri, Tria dan Yuyetta Etna. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2011-2012. 2014. Diponegoro Journal Of Accounting Volume 3, Nomor 2, Hal. 1-9.

Rama, Ali. 2014. Analisis determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting: Studi Kasus Bank Umum Syarah di Indonesia”. Equilibrum. Vol. 2, No. 1, Hal. 84-103.

Sartono, Agus. 2014. Manajemen Keuangan Teori dan aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif (dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Sugiyono. 2013. Metode Penlitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sujarweni, Wiratna. 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS Edisi Lengkap. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suliyanto. 2009. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Syamsudin, Lukman. 2011. “Manajemen Keuangan Perusahaan”. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Taufik, Widianti, M., & Rafiqoh. (2015). Pengaruh Islamic Governance Scoe, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Islamic Social Reporting Index Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 177-198.

Triyuwono, Iwan. 2015. Akuntansi Syariah: Perspektif, Metodologi, dan Teori. Edisi kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widiawati, Septidan Surya Raharja. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan - Perusahaan Yang Terdapat Pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011. Diponegoro Journal Of Accounting. Volume 1, Nomor 2, Halaman 1-15.

Wulandari, Fitri. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kinerja Lingkungan, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Daftar Efek Syariah Tahun 2014). Hal. 1-23.

Wulansari, WD, dkk. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan yang Terdaftar Di Efek Syariah Tahun 2014-2015. Hal. 1-15.

www.sahamok.com. Di akses Tanggal 1 April 2017.

www.menlh.go.id. Di akses Tanggal 9 April 2017.

www.idx.co.id. Di akses Tanggal 9 April 2017.

Published
2019-09-09
How to Cite
Nuraeni, & Anik Muilah. (2019). Pengaruh Tipe Industri, Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. SKETSA BISNIS, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.35891/jsb.v6i1.1634
Section
Articles