PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANGIL KABUPATEN PASURUAN
##plugins.themes.engagementTheme.article.main##
Penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap pengguna jasa, Udan untuk mengetahui signifikansi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan dan parsial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bukti langsung (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa (pasien) (Y). Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial, variabel keandalan (X2), daya tanggp (X3) dan empati (X5) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa (pasien) (Y). Sedangkan variabel bukti langsung (X1) dan Jaminan (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa (pasien) (Y). Adapun variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel empati dengan nilai sumbangan efektif sebesar 41,02%.
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV ALFABETA.
Anjaryani, W.D. 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat Di RSUD Tugurejo Semarang. Tesis Sarjana (S-2). Semarang: Universitas Diponegoro.
Arief, Muhtosim. 2006. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Arief, Muhtosim. 2008. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Aritonang R, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Arjiana, Nina E. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Sakit Wava Husada Malang. Skripsi Sarjana (S-1). Malang: Universitas Muhammadiyah.
Bangil, RSUD. 2011. Company Profile RSUD Bangil. Pasuruan: RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2004. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Fauzi, A & Kurniati RR. 2006. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi Sarjana (S-1). Malang: Universitas Brawijaya.
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Indriaty, D.R. 2010. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien. Tesis Sarjana (S-2). Semarang: Universitas Diponegoro.
Kuncoro, Mudrajad. 2004. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: AMP YKPN.
Lupiyoadi, Rambat & Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Prasetyo, Bambang & Jannah, Lina M. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Priambada, Swasta. 2005. Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kesehatan RSI Unisma Malang. Jurnal Hasil Penelitian Mandiri. Pasuruan: Universitas Yudharta.
Pudjiantoro, Rahardjanto. 2008. Pengembangan Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. Tesis Sarjana (S-2). Semarang: Universitas Diponegoro.
Pujiastuti, Wiwit. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu. Skripsi Sarjana (S-1). Malang: Universitas Islam Negeri Maulada Malik Ibrahim.
Puspita, Ika. 2009. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Citra Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi Sarjana (S1). Medan: Universitas Sumatera Utara.
Rahmulyono, Anjar. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Depok I Di Sleman. Skripsi Sarjana (S-1). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Restiani, Ana. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Skripsi Sarjana (S-1). Malang: Universitas Islam Negeri Malang.
Rismauri, Novita Alinda. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonogiri. Skripsi Sarjana (S1). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Siswinarti, Leni D. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Pasien) Pada Rumah Sakit Reksa Waluya Mojokerto. Skripsi Sarjana (S1). Malang: Universitas Muhammadiyah.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.
Sugiyono. 2008. Statistik Nonparametris. Bandung: CV ALFABETA.
Supriyanto, S & Ernawaty. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Tyas, Yani I Y. 2006. Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada RSUD Probolinggo. Skripsi Sarjana (S1). Malang: Universitas Muhammadiyah.
Umar. 2007. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Yazid. 2005. Pemasaran Jasa:Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: EKONISIA