##plugins.themes.engagementTheme.article.main##

Afrilia Tina Nur Anisa
Nur Huri Mustofa




Abstract






This study aims to determine whether the character of business actors will affect the development of MSMEs. This study uses a quantitative research type with 2 equations in multiple linear regression analysis, the following equations are: First, the regression of entrepreneurial characteristics variables, business capital, marketing strategies on the development of MSMEs. Second, the regression of entrepreneurial characteristics variables, business capital, marketing strategies and innovations on the development of SMEs. This research is processed using primary data. The population in this study were 1,738 business actors. While the technique of data collection or collection is done by distributing questionnaires (questionnaires) given to SMEs in Semarang Regency. The sample of this study was taken as many as 100 respondents using systematic random sampling which can be used for a homogeneous population. The results showed that entrepreneurial characteristics had a significant positive effect on the development of MSMEs, business capital had no effect on the development of MSMEs, marketing strategies had a significant positive effect on the development of MSMEs, and innovation had a significant positive effect on the development of MSMEs. While the path analysis results show that innovation mediates entrepreneurial characteristics and marketing strategies with the development of SMEs, but innovation does not mediate business capital with the development of SMEs.






 






Keywords: Entrepreneurial Characteristics, Business Capital, Marketing Strategy, Innovation and Development of MSMEs


 


 


 




                                                                                                                                                






 






Abstrak






Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui apakah karakter dari pelaku usaha akan mempengaruhi perkembangan UMKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan 2 persamaan pada analisis regresi linier berganda, berikut persamaannya: Pertama  regresi variabel karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM. Kedua, regresi variabel karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran dan inovasi terhadap perkembangan UMKM.  Penelitian ini diolah dengan menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini ada sebanyak 1.738 pelaku usaha. Sedangkan teknik pengambilan atau pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner (angket) yang diberikan kepada pelaku UMKM Kabupaten Semarang. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan  systematic random sampling yaitu bisa digunakan untuk populasi yang homogen. Kemudian data diolah menggunakan alat analisis berupa SPSS 25.  Analisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik wirausaha berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan UMKM, modal usaha tidak berpengaruh terhadap perkembangan UMKM, strategi pemasaran berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan UMKM, inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan UMKM. Sedangakan dari hasil path analysis menunjukkan bahwa inovasi memediasi karakteristik wirausaha dan strategi pemasaran dengan perkembangan UMKM, namun inovasi tidak memediasi modal usaha dengan perkembangan UMKM






 






Kata Kunci: Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran, Inovasi dan Perkembangan UMKM






Keywords: Entrepreneurial Characteristics, Business Capital, Marketing Strategy, Innovation and Development of MSMEs Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran, Inovasi dan Perkembangan UMKM
Aditi, Bunga. 2018. “Analisis Pengaruh Inovasi Produk,Harga, Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melaluikepuasan Konsumen Umkm Di Kota Medan.”

Alimudin, Arasy, Achmad Zakki Falani, Sri Wiwoho Mudjanarko, dan Arthur Daniel Limantara. 2019. “Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm.” 4(1): 1–17.

Anggraini, Syartika, dan Isfenti Sadalia. 2016. “Pengaruh Karakteristik Dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Pemuda Binaan Dispora Kabupaten Asahan.” Jurnal Ekonom 19(2): 90–98.

Fathoni, Azis. 2015. “Analisa Faktor Karakteristik Entrepreneur, Karakteristik Sumber Daya Manusia, Dan Karakteristik Umkm Terhadap Perkembangan Usaha Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pedagang Grosir Dan Retail Di Pasar Genuk - Semarang).” Jurnal Unpand 1(2): 1–14. Https://Jurnal.Unpand.Ac.Id.

Hardilawati, Wan Laura. 2020. “Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19.” 10(1).

Hendriyanto, Asepta. 2015. “Analisis Pengaruh Jaringan Usaha Dan Inovasi Terhadap Kinerja Umkm Asepta Hendriyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin Semarang.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan 6(1): 45–50.

Hidayati, Syafaatul. 2019. Teori Ekonomi Mikro. 1st Ed. Eds. Saiful Anwar And Ubaid Al Faruq. Tanggerang Selatan-Banten: Unpam Press.

Kennedy, Posma Sariguna Johnson. 2016. “Teori Perilaku Produsen.” Teori Perilaku: 8–47.

Kristiyadi, dan Sri Hartiyah. 2016. “Pengaruh Kelompok Acuan , Religiusitas , Promosi Dan Pengetahuan Tentang Lembaga Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Koperasi Syariah (Studi Kasus Pada Bmt Tamzis Wonosobo).” Ekonomi Dan Teknik Informatika 5(Hutabarat 2010): 44–63.

Mulyawisdawati, Richa Angkita. 2020. “Perilaku Konsumen Yusuf Qordhowi Vs Karl Mark.” (June 2018).

Pamungkas, Hilmawan Arga, dan Amir Hidayatulloh. 2019. “Faktor Penentu Perkembangan Umkm Gerabah Kasongan Bantul Yogyakarta.” Inovasi Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen 15(1): 65–71.

Pardanawati, Sri Laksmi. 2017. “Perilaku Produsen Islam.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 1(01): 37–49.

Polandos, Prisilia Monika, Daisy S M Engka, dan Krest D Tolosang. 2019. “Analisis Pengaruh Modal , Lama Usaha , Dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Langowan Timur.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 19(04): 36–47.

Purnomo, Agung, Didin Hadi Saputra, dan Janner Simarmata. 2020. Kewirausahaan Dan Umkm. 1st Ed. Ed. Alex Rikki. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Safitri, Haniyah, dan Setiaji Khasan. 2018. “Pengaruh Modal Usaha Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Dan Kecil Di Desa Kedungleper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara.” Economics Development Analysis Journal 4(2): 496–508.

Sombolayuk, Wihalminus, Indrianty Sudirman, dan Ria Mardiana Yusuf. 2019. “Pengaruh Modal Keuangan Terhadap Kinerja Perusahaan Ukm Melalui Strategi Inovasi.” 8(2): 134–57.
Suci, Yuli Rahmini. 2017. “Perkembangan Umkm ( Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ) Di Indonesia.” 6(1): 51–58.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Pertama. Ed. Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Susdiani, Laela. 2020. “Analysis The Influence Of Innovations To Micro, Small, And Medium Enterprise Performance Of Creative Industry In Padang City.” Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen 8(2): 450–65.

Vijaya, D. P; Irwansyah, M. D. 2017. “Perkembangan Usaha Umkm Di Kecamatan Buleleng Tahun 2017.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 5(1): 45–51.