Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Brand Switching pada Kartu Prabayar XL (Studi pada konsumen Pandumedia Reload Service Singosari-Malang)
##plugins.themes.engagementTheme.article.main##
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian assosiatif (hubungan). Penelitian ini dilakukan pada konsumen Pandumedia Reload Service yang bertempat di Jalan Raya no.88 Singosari Malang. Pandumedia Reload Service adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang penjualan pulsa elektrik all operator yang juga merupakan distributor pulsa elektrik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Jadi sampel yang diambil ditentukan oleh peneliti dengan memberikan karakteristik sebagai pertimbangan dengan jumlah 100 orang.
Hasil analisa menunjukkan bahwa kelima variabel independen (iklan, variety seeking, harga, tingkat keterlibatan dan kepuasan) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek pada kartu prabayar XL. Ini dibuktikan dengan nilai fhitung (11.615) >ftabel (2.311) dengan nilai signifikan < 0.05 yaitu 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menduga terdapat pengaruh secara simultan antara variabel iklan (X1), variety seeking (X2), harga (X3), tingkat keterlibatan (X4) dan kepuasan (X5) terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching) diterima
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aritonang, Lerbin. 2007. Riset Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ghozali, Imam. 2001. Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang: BP UNDIP
Ghozali, Imam. 2006. Analisis Multivariate Lanjutan Dengan SPSS. Edisi 1.Semarang: BP UNDIP
Kotler Philip dan Lane Keller, Kevin. 2009. Manajemen pemasaran jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler Philip dan Lane Keller, Kevin. 2009. Manajemen pemasaran jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Morissan, M.A. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Mowen, Jhon. C., dan Minor, Michael., 2002, Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Nicolino, Patricia F. MBA. 2004. Brand Management. Jakarta: Prenada Media.
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2003. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2003. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2006. The Power of Brands. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Shimp, Terence. A. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga.
Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Stanton.J, William. 2000. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sudrajat. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV. Pustaka Setia
Swastha, Basu. 2003. Pergeseran Paradigma dalam Pemasaran: Tinjauan Manajerial dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta:CV. Andi Offset.
Jathu Andina, Pranita dan W.Irawanto, Dodi. 2011. Pengaruh Kinerja Produk, Tingkat Kepuasan dan Tingkat Keterlibatan pada Perilaku Perpindahan Merek. Malang: Jurnal Universitas Brawijaya.
Koencoro, Bambang dan Marlien. 2009. Analisis Perilaku Brand Switching Pembelian Notebokk di Kota Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank.
Tri haryono, Cahyo dan Soesanto, Drs. harry, MMR. 2012. Analisis pengaruh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk, harga produk dan iklan produk pesaing terhadap perpindahan merek. Jurnal.
Y.D. Radamuri, Grace,. Farida, Naili & Shinta Dewi, Reni. 2013. Pengaruh citra merek, Word of mouth dan Iklan terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Diponegoro: Jurnal fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, universitas Diponegoro.
http://m.merdeka.com/teknologi/indonesia-negara-denganpertumbuhanbroadband-tertinggi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi_seluler_di_Indonesia
Indosat public Expose tahun 2012
www.xl.co.id
Laporan Tahunan XL Axiata 2012