##plugins.themes.engagementTheme.article.main##

Noer Aeni
Tujuan penelitian ini ada 3 yaitu 1) untuk mengetahui apakah variabel iklan, kebutuhan mencari variasi (variety seeking), harga, tingkat keterlibatan dan kepuasan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching).2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan, kebutuhan mencari variasi (variety seeking), harga, tingkat keterlibatan dan kepuasan terhadap keputusan perpindahan merek (brang switching), dan 3) untuk mengetahui variabel mana antara iklan, kebutuhan mencari variasi (variety seeking), harga, tingkat keterlibatan dan kepuasan yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian assosiatif (hubungan). Penelitian ini dilakukan pada konsumen Pandumedia Reload Service yang bertempat di Jalan Raya no.88 Singosari Malang. Pandumedia Reload Service adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang penjualan pulsa elektrik all operator yang juga merupakan distributor pulsa elektrik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Jadi sampel yang diambil ditentukan oleh peneliti dengan memberikan karakteristik sebagai pertimbangan dengan jumlah 100 orang.
Hasil analisa menunjukkan bahwa kelima variabel independen (iklan, variety seeking, harga, tingkat keterlibatan dan kepuasan) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek pada kartu prabayar XL. Ini dibuktikan dengan nilai fhitung (11.615) >ftabel (2.311) dengan nilai signifikan < 0.05 yaitu 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menduga terdapat pengaruh secara simultan antara variabel iklan (X1), variety seeking (X2), harga (X3), tingkat keterlibatan (X4) dan kepuasan (X5) terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching) diterima

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, Lerbin. 2007. Riset Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ghozali, Imam. 2001. Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang: BP UNDIP

Ghozali, Imam. 2006. Analisis Multivariate Lanjutan Dengan SPSS. Edisi 1.Semarang: BP UNDIP

Kotler Philip dan Lane Keller, Kevin. 2009. Manajemen pemasaran jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Lane Keller, Kevin. 2009. Manajemen pemasaran jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Morissan, M.A. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Mowen, Jhon. C., dan Minor, Michael., 2002, Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Nicolino, Patricia F. MBA. 2004. Brand Management. Jakarta: Prenada Media.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2003. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2003. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Freddy. 2006. The Power of Brands. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Shimp, Terence. A. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga.

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Stanton.J, William. 2000. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sudrajat. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV. Pustaka Setia

Swastha, Basu. 2003. Pergeseran Paradigma dalam Pemasaran: Tinjauan Manajerial dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta:CV. Andi Offset.

Jathu Andina, Pranita dan W.Irawanto, Dodi. 2011. Pengaruh Kinerja Produk, Tingkat Kepuasan dan Tingkat Keterlibatan pada Perilaku Perpindahan Merek. Malang: Jurnal Universitas Brawijaya.

Koencoro, Bambang dan Marlien. 2009. Analisis Perilaku Brand Switching Pembelian Notebokk di Kota Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank.

Tri haryono, Cahyo dan Soesanto, Drs. harry, MMR. 2012. Analisis pengaruh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk, harga produk dan iklan produk pesaing terhadap perpindahan merek. Jurnal.

Y.D. Radamuri, Grace,. Farida, Naili & Shinta Dewi, Reni. 2013. Pengaruh citra merek, Word of mouth dan Iklan terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Diponegoro: Jurnal fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, universitas Diponegoro.

http://m.merdeka.com/teknologi/indonesia-negara-denganpertumbuhanbroadband-tertinggi.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi_seluler_di_Indonesia

Indosat public Expose tahun 2012

www.xl.co.id

Laporan Tahunan XL Axiata 2012