##plugins.themes.engagementTheme.article.main##

Weni Aprianti
Sumitro Sarkum
Abdul Halim




Abstract






This study aims to determine the effect of the servicescape dimension, namely physical space, social interaction, safety elements on servicescape satisfaction, the effect of electronic word of mouth on servicescape satisfaction and the covid-19 situation moderating the relationship between electronic word of mouth and servicescape satisfaction and the effect of servicescape satisfaction on servicescape. e-shopping consumers. Collecting data in this study using accidental sampling technique samples, then distributed to 150 respondents. This research uses quantitative research methods, the data that has been collected is processed using the help of the SPSS 23 application and carries out a path analysis approach to determine the relationship between variables. Based on the research results, it is concluded that the dimensions of the servicescape are physical space, social interaction and safey element significantly affect servicescape satisfaction. Electronic word of mouth affects servicescape satisfaction. The covid-19 situation significantly moderates the relationship between electronic word of mouth and servicescape satisfaction. as well as servicescape satisfaction and e-shopping consumer behavior can have a positive and significant effect.






 






Keywords: E-WOM Communication, Servicescape, COVID-19 Situation, E-Shopping Consumer Behavior, Satisfaction Servicescape.                                                                                       






 






Abstrak










*) Penulis Korespondensi: weniaprianti8900@gmail.com


 






Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dimensi servicescape yaitu physical space, social interaction, safety element terhadap kepuasan servicescape, pengaruh electronic word of mouth terhadap kepuasan servicescape serta situasi covid-19 memoderasi hubungan antara electronic word of mouth dan kepuasan servicescape serta pengaruh kepuasan servicescape terhadap konsumen e-shopping. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan sampel teknik accidental sampling, kemudian disebarkan kepada 150 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23 dan melakukan pendekatan path analysis untuk mengetahui hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa dimensi servicescape yaitu physical space, social interaction dan safey element secara signifikan mempengaruhi kepuasan servicescape. Electronic word of mouth berpengaruh terhadap kepuasan servicescape. situasi covid-19 signifikan memoderasi hubungan antara electronic word of mouth dan kepuasan servicescape. serta kepuasan servicescape dan perilaku konsumen e-shopping dapat berpengaruh positif dan signifikanStudi ini dilaksanakan untuk mengidentidikasi elemen penting yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Elemen-elemen tersebut berfokus pada pelatihan dan pengembangan, rekrutmen dan seleksi, kepuasan kerja dan motivasi. Perolehan sampel menggunakan teknik purposive sampling terhadap 260 karyawan hotel berbintang empat di Kota Batam dan diuji melalui aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil pengujian menunjukkan pengaruh yang signifikan positif dari elemen penting tersebut terhadap kinerja karyawan. Motivation sebagai variabel mediasi, juga memiliki dampak yang signifikan positif terhadap kinerja karyawan. Hasil ini akan berguna bagi Manajemen Hotel untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja karyawan.






 






Kata Kunci: Pelatihan dan pengembangan, Rekrutmen dan Seleksi, Kepuasan Kerja, Motivasi, Kinerja Karyawan.


 


 






Keywords: E-WOM Communication, Servicescape, COVID-19 Situation, E-Shopping Consumer Behavior, Satisfaction Servicescape Pelatihan dan pengembangan, Rekrutmen dan Seleksi, Kepuasan Kerja, Motivasi, Kinerja Karyawan
BNPB. (2020). Data sebaran. In Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (p. 1).

CNN, I. (2021). Pengguna Internet Kala WFH Corona Meningkat 40 (pp. 1–7).

Dedy Ansari Harahap & Dita Amanah. (2018). "Perilaku Belanja Online Di Indonesia".Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, ISSN 2301-8313, Vol 9 (No 2),Hal 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Ecommerce, I. (2021). Peringkat Juara 1-10 Website (pp. 1–15).

Erick Ferdinal & Sri Surjani Tjahwati. (2017). "Pengaruh Servicescape Terhadap Kualitas Pelayanan".Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi. ISSN 2460-8211, Vol 3 (No 1), Hal 52. https://doi.org/10.35697/jrbi.v3i1.546

Ikwanadi, K. E. (2020). "Pengaruh Customer Experience Dan Servicescape Terhadap Word of Mouth Ekowisata Kampung Blekok Situbondo Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening".

Islami V. (2020). "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen". EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, ISSN 2550-0805, Vol 3 (No 2). Hal 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2

Laila E. J. & Sudarwanto T. (2018). "Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo". Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), ISSN 2337-6708, Vol 3 (No 2).

Makasudede, Y. (2017). “Pengaruh Servicescape, Pemanfaatan Teknologi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.PELINDO 1 Cabang Belawan. 8–45.

Oebit Z & Sari P. K. (2018). "Pengaruh E-Servicescape terhadap Trust dan Dampaknya pada Repurchase Intention". Jurnal Sistem Informasi, ISSN 2088-7043, Vol 14(No2), Hal 43–52. https://doi.org/10.21609/jsi.v14i2.698

Oktaviani N. Astuti. W. & Firdiansja A. (2019). "Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Pembentukan Komitmen Pelanggan Dan E-Wom Pada Pengguna Aplikasi E-Money “Ovo.”". Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, ISSN 2442-9373, Vol 12 (No 1). Hal 93. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3757

Pramita, Fauzi & Hidayat. (2015). "Pengaruh Servicescape (Lingkungan Layanan) Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Tabungan Simpeda Pt. Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk. Kantor Cabang Kediri)". Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, Vol 26 (No 2), Hal 86306.

Putri E. N. Sunarti, & Pangestuti E. (2018). ”Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Toko Oen Malang)". Jurnal Administrasi Bisnis,Vol 62. (No1). Hal 63–72. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2650

Putri, S. R. & Amalia, R. (2018). "Pengaruh E-WOM Terhadap Citra Perusahaan dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee.id". Jurnal Ilmiah Mahasiswa EKonomi Manajemen, ISSN 2589-635X, Vol 3 (No 2). Hal 75–84.

Rahman, M. M., Arifin, Z., & Bafadhal, A. S. (2018). PENGARUH E-SERVICESCAPE TERHADAP E-TRUST ( Survei Online pada Pengguna Website Tokopedia di Kota Jakarta ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(4), 169–176. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Ramdani, A. L., Taufik, M., & Atoillah, M. (2020). "Pengaruh Dimensi Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lumajang". Jobman, Hal 211–216. http://jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/290

Rizqy, R. R. R., Warso, M. M., & Fathoni, A. (2016). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen PT. Graha Service Indonesia Cabang Semarang)". Vol 2 (No 2).

Serra-Cantallops, A., Ramon-Cardona, J., & Salvi, F. (2018). "The impact of positive emotional experiences on eWOM generation and loyalty". Spanish Journal of Marketing - ESIC, 22(2), 142–162. https://doi.org/10.1108/SJME-03-2018-0009

Siguaw, J. A., Mai, E. (Shirley), & Wagner, J. A. (2019). "Expanding Servicescape Dimensions with Safety: An Exploratory Study Services Marketing Quarterly", ISNN 1533-2669. Hal 1–18. https://doi.org/10.1080/15332969.2019.1592860

Siguaw, J. A., Mai, E., & Sheng, X. (2021). Word-of-mouth, servicescapes and the impact on brand effects. SN Business & Economics, Vol 1 (No 1). Hal 1–26. https://doi.org/10.1007/s43546-020-00016-7

Tarreq Hashem. (2020). "Examining the Influence of COVID 19 Pandemic in Changing Customers Orientation towards E-Shopping". Modern Applied Science, ISSN 1913-1844,Vol 14 (No 8). https://doi.org/10.5539/mas.v14n8p59

Widya Hana Fahleti. (2018)."Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Tepian Pandan Di Tenggareng". JEMI. Vol 18 (No 18), Hal 64-67.