##plugins.themes.engagementTheme.article.main##

Hasan Bashori
Roisyatul Umami

Penelitian ini dilakukan pada CV. XYZ yang memproduksi dompet. Permasalahan yang terjadi adalah turunnya produktifitas perusahan yang disebabkan oleh pembuangan waktu yang sia-sia dalam melakukan pekerjaan. Oleh sebab itu dilakukan sebuah evaluasi metode kerja dengan pendekatan peta tangan kiri dan tangan kanan yang diharapkan dapat mengurangi pemborosan waktu dan menentukan waktu baku dalam melakukan aktifitas kerja proses produksi di perusahaan. Dari hasil analisa yang dilakukan, diketahui bahwa proses kerja diperusahaan saat ini untuk membuat 1 unit dompet membutuhkan waktu sebesar 69.35 menit. Sedangkan dengan proses kerja usulan dengan pendekatan peta tangan kiri dan tangan kanan untuk menghasilkan 1 unit dompet membutuhkan waktu sebesar 59.17 menit. Hasil perhitungan selisih waktu antara proses kerja diperusahaan saat ini dengan proses kerja usulan dengan pendekatan peta tangan kiri dan tangan kanan diperoleh penghematan waktu sebesar 10.18 menit, dengan prosentase penghematan waktu baku pada proses marking dan pemotongan sebesar 11.25%, proses pengeleman sebesar 20.69% dan proses jahit sebesar 7.39%, serta prosentase kenaikan output standart sebesar 21.43%.

Kharisma, Saputra. 2009. Menentukan waktu baku produksi dan perancangan kerja dengan menggunakan peta tangan kiri dan tangan kanan di PD. Sandang Jaya.
Sutalaksana dan Tjakraatmaja. 1997. Teknik Tata Cara Kerja. Departemen Teknik Industri Bandung.
Suryabrata, S. (2013).Metode penelitian.Jakarta: Rajawali Pers.
Wingnjosoebroto, Sritomo. 2003. Ergonomi, Studi Waktu, dan pengukuran kerja, Institut Teknologi sepuluh November, Surabaya.