##plugins.themes.engagementTheme.article.main##

Siti Nur Afida
Any Urwatul Wusko

Tujuan Penelitian ini ada 3 yaitu: 1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel  emotional branding terhadap brand loyalty 2) menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel  customer satisfaction terhadap brand loyalty 3) menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel emotional branding dan customer satisfaction  secara simultan terhadap brand loyalty.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kausal. Metode pengambilan  sampel  dengan  teknik  survai.  Populasi  dan  sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  pembeli  di Outlet Sophie Paris di Pandaan dengan  jumlah  sampel  100  dan  teknik  pengambilan  sampelnya  adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Emotional branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, 2) Customer satisfaction berpengaruh positif dan tidak  signifikan terhadap brand loyalty,, 3) Secara simultan emotional branding, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap  brand loyalty

Arief, Muhtosim. 2006. Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan: Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan. Edisi 1. Malang: Bayumedia.
Arikunto, S. 2002. Metode Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek ed. Revisi V.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Calliandra, Anneke Puspa. 2011. Pengaruh Brand Personality Terhadap Brand Loyality Melalui Customer Satisfaction (Studi Pada : Mahasiswa FISIP UI Pengguna Blackberry). Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.
Devina, Ria& Fransisca Andreani. 2015. Analisa Pengembangan Strategi Emotional Branding Dalam Membangun Loyalitas Konsumen Garuda Indonesia Airlines. Jurnal Manajemen Ekonomi. Surabaya: Universtas Kristen Petra.
Gobe, M.(2005).EmotionalBranding:Paradigma Baru Untuk Menghubungkan Merek Dengan Pelanggan.Jakarta:Erlangga.
Grisaffe, D. B. and Nguyen, H. P. (2011). Attecedents of Emotional Attachment to Brands.
Keller, K. L.2007.Dalam Strategic Brand Management. New Jersey: Prentice-Hall.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Indeks.
Kotler & Amstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 9. Jilid 1. Jakarta: Indeks.
Lokito, Sheila Amanda & Diah Dharmayanti.Analisis Pengaruh Experiential
MarketingDanCustomer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Comedy Kopi Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran: Universitas Kristen Petra.
Rini, Ayu Sita &Eka Sulistyawati. 2013.Pengaruh Brand Trust, Customer Satisfaction, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Loyality. Jurnal Fakultas Ekonomi & Bisnis. Bali: Universitas Udayana.
Rizan, Mohammad, Basrah Saidani & Yusiyana Sari. 2012. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro ( Survei Konsumen Teh Botol Sosro Di Food Court ITC Cempaka Mas, Jakarta Timur). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 3, No. 1,2012.
Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Schiffman, L.G. and L.L. Kanuk. 2004. Consumer Behaviour 8th. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Surachman, S.A. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek: Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan.Edisi 1. Malang: Bayumedia.
Thomson, Matthew, Deborah J. MacInnis, and C. Whan Park (2005).Thetiesthat bind: Measuring The Strength Of Consumers’ EmotionalAttachments ToBrands.
Umar, H.2002. Riset Pemasaran danPerilaku Konsumen: Catatan Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
www.sophieparis.com.