##plugins.themes.engagementTheme.article.main##

Endah Dwiki Yulianto
Misbach Munir

XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri memasak oli dalam kemasan. Dalam proses pemasarannya, produk dikirim dengan truk langsung ke masing-masing lokasi distributor di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perusahaan mengalami kendala dalam hal perencanaan distribusi barang yang tidak optimal ke distributor. Kendala yang dihadapi adalah penggunaan kapasitas angkut yang kurang maksimal. Penerapan metode matrik simpanan pada penelitian ini diharapkan dapat membantu perencanaan dalam memaksimalkan kapasitas alat angkut dan menentukan saluran distribusi yang optimal sehingga proses pendistribusian produk dapat berjalan baik setiap produk yang dikirim, baik jumlah produk maupun jumlah produknya. rute tujuan dengan biaya distribusi yang rendah. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa metode ini menghasilkan efisiensi yang lebih baik, dengan tingkat efisiensi berkisar 13,4%, biaya distribusi Rp. 1.972.500, -, biaya bahan bakar 12,5% dan beberapa sub rute menjadi 4 rute.


Keywords: Rute Distribusi Saving Matrix
Erlina P. (2009). Mengoptimalkan Biaya Transportasi Untuk Penentuan Jalur Distribusi Produksi ‘X‘ dengan Metode Saving Matriks. Jurnal Penelitian Ilmu Teknik, Vol.9 No.2(Desember 2009), 143–150.
Kessy, A. G., & Rahmansari, D. (2017). Manajemen Logistik.
Kotler, P., & Lane, K. K. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1
Ong, J. O., & Saraka, A. (2013). Implementasi Distribusi Requirement Planning dan Saving Matrix untuk Meminimasi Total Biaya Distribusi di Industri Bahan Kimia.
Rahmawati. (2013). Usulan Model Dalam Menentukan Rute Transportasi Dengan Metode Saving Matrix Di Pt Siantar Top , Tbk.
Trisna, Fatimah, & Nasution, R. S. (2019). Penjadwalan Rute Distribusi Optimum Pada Pt . X Menggunakan Metode Saving Matrix.
AHMAD ALDY, K. (2019). PELAKSANAAN BONGKAR MUAT PETIKEMAS MENGGUNAKAN SISTEM ITC DI PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) III CABANG BENOA. KARYA TULIS.
Aulia, A. (2018). Pengaruh Kemacetan Akibat Keberadaan Angkutan Umum Terhadap Ruas Jalan Balai Kota, Kota Medan [PhD Thesis].
Erlina P. (2009). MENGOPTIMALKAN BIAYA TRANSPORTASI UNTUK PENENTUAN JALUR DISTRIBUSI PRODUK ‘ X ‘ DENGAN METODE SAVING MATRIKS. Jurnal Penelitian Ilmu Teknik, Vol.9 No.2(Desember 2009), 143–150.
Garside, A. K. (2017). Manajemen Logistik. UMMPress.
Heryanto, I. (2016). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101.
Manullang, Y. R. A. (2018). PERENCANAAN RUTE PENGAMBILAN BARANG MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIKS DI PT HINO MOTORS MANUFACTURING INDONESIA [PhD Thesis]. Universitas Widyatama.
Nur, A. A. (2015). PERENCANAAN DISTRIBUSI PRODUK AIR KEMASAN DI PT TIRTA UTAMA ABADI [PhD Thesis]. Universitas Widyatama.
Pertiwi, P. P., Iriani, I., & Aryanny, E. (2020). PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK DENGAN METODE ALGORITMA CLARK AND WRIGHT SAVING HEURISTIC UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA DISTRIBUSI DI PT X. JUMINTEN, 1(2), 24–32.
Pujawan, I., Nyoman., & Mahendrawathi. (2010). Supply Chain Management. Edisi Kedua, Guna Widya, Surabaya.
Trisna, T., Fatimah, F., & Nasution, R. S. (2019). Penjadwalan Rute Distribusi Optimum Pada PT. X Menggunakan Metode Saving Matrix. Seminar Nasional Teknik Industri 2019, 4(1).
Widiarsana, O., Putra, N. W., & Bismantara, P. G. I. (2011). Data Mining: Metode Clasification K-Nearest Neighbor (KNN). Bali: Program Studi Teknologi Informasi Universita.