PENGARUH MERCHANDISING DAN PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN TOKO BASMALAH SIDOGIRI

  • Miftahul Huda

Abstract

Dalam skema penelitian ini masalah inti adalah apakah Merchandising dan Promotion berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying pada konsumen TOKO BASMALAH Sidogiri. Tujuannya  adalah mengetahui seberapa besar pengaruh Merchandising dan Promotion berpengaruh terhadap Impulse Buying pada konsumen TOKO BASMALAH Sidogiri. Untuk mengetahui hasil pada tujuan diatas maka menggunakan, metode analisis regresi linear berganda dan analisis korelasi linear berganda, dimana Variabel Merchandising (X1) berpengaruh secara parsial signifikan terhadap Impulse Buying dengan nilai koefisien beta sebesar 0.938. Dengan nilai thitung 27.942 > ttabel 1.98423 dan nilai p = 0.000. Hasil olahan data, pada analisis tersebut terbukti secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel promosi (X2)  terhadap impulse buying dengan nilai koefisien beta sebesar 0.065.  dengan nilai thitung 1.946 > ttabel 1.98423 dan nilai p = 0.055. Berdasarkan dari hasil analisis terbukti bahwa secara simultan variabel yang meliputi merchandising (X1) dan promotion (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel impulse buying (Y). Besaran untuk kontribusi variabel merchandising (X1) dan promotion (X2)  adalah berpengaruh signifikan terhadap variabel impulse buying (Y) ditunjukkan dengan koefisien determinansi (Adjusted R Square) sebesar 0.889. Sehingga dapat kami simpulkan bahwa merchandising dan promotion masih efektif dijadikan sumber keberhasilan yang berorientasi untuk menciptakan impulse buying.
Published
2018-01-08