Analisa Kesalahan Imla' Pada Kitab Al-'Ashri Di Tingkat SMA

Main Article Content

Choirun Nadiya
Imam Fauji
Keywords: Analisis, Buku ajar, kesalahan Imla'

Abstract


Textbooks are part of educational resources that have an advantage in influencing the success of Arabic language learning. Textbooks as teaching materials also contribute greatly to maximizing the quality of primary and secondary education, therefore it is necessary to analyze errors in textbooks because it is possible that there are writing errors or errors in the use of language and so on. From a number of textbooks available for the implementation of learning, especially Arabic, the author is interested in the Al-‘Ashri Arabic study book for high school level published by PW Muhammadiyah East Java in 2018. This research aims to analyze the form of imla’ errors in the book Al-‘Ashri at the high school level. This study uses qualitative research methods with the type of library research and analysis methods, namely content analysis and data collection methods by means of documentation to find out the imla’ errors in the Al-ashri book and to find out what factors trigger imla’ errors in the Al-‘Ashri textbook. The results of the analysis in this book are found quite a lot of imla’ errors such as the location of writing hamzah washal and hamzah qath’i, errors in writing letters, ta’ marbuthah, alif maqsurah, writing harakat, tasydid, sentences written without spaces and tarakib errors.


Keywords: Analysis; Textbook; Imla' Error


 


Abstrak


Buku pelajaran merupakan bagian sumber daya pendidikan yang mempunyai keunggulan dalam memberi pengaruh berhasilnya pembelajaran Bahasa Arab. Buku pelajaran sebagai bahan ajar juga berkontribusi besar dalam memaksimalkan kualitas pendidikan dasar dan menengah, oleh karenanya perlu diadakan analisa kesalahan terhadap buku pelajaran sebab memungkinkan adanya kesalahan penulisan atau kesalahan penggunaan bahasa dan sebagainya. Dari sejumlah buku ajar yang tersedia guna pelaksanaan pembelajaran terutama Bahasa Arab, penulis tertarik dengan buku belajar Bahasa Arab Al-‘Ashri tingkat SMA terbitan PW Muhammadiyah Jawa Timur Tahun 2018. Diadakannya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk kesalahan imla’ dalam kitab Al-‘Ashri di tingkat SMA. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan metode analisa yaitu analisa konten (content analysis) serta metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi untuk mengetahui kesalahan imla’ buku Al-ashri dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memicu kesalahan imla’ pada buku ajar  Al-‘Ashri. Hasil analisis pada buku ini yaitu ditemukan cukup banyak kesalahan imla’ seperti pada letak penulisan hamzah washal dan hamzah qath’i, kesalahan penulisan huruf, ta’ marbuthah, alif maqsurah, penulisan harakat, tasydid, kalimat yang ditulis tanpa spasi serta kesalahan tarakib.


Kata Kunci: Analisis,  buku ajar, kesalahan imla'

Rosyad, M. S. (2018). ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs/SMP ISLAM DALAM PERSEPEKTIF GENDER. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 2(2), 381-395.
Amrulloh, M. A. (2015). ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN QAWA’ID PADA BUKU AJAR BAHASA ARAB. Jurnal Pendidikan Islam, 6.
Asrory, A. F., Zamani, A. F., & Daroini, S. (2022). Studi Kelayakan Buku Ajar Bahasa Arab Berdasarkan Standar BSNP. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 103–116. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i2.4870
Azhari, A. W. (2018). ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS VI MADRASAH IBTIDAIAH TERBITAN KARYA TOHA PUTRA. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(2), 125–136. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i2.24360
Fuadiyah, R. A., & Taufiq, M. A. (2020). Analisis Kesalahan Teks Buku Pendidikan Bahasa Arab di Madrasah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(02), 151. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i02.2009
Gemilang, C. (t.t.). ANALISIS PEMBELAJARAN MUFRODAT DAN STRUKTUR BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH.
Haniah, H. (2018). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB PADA SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(1), 23. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.62
Hiday, D., Safitri, R., & Alfan, M. (2021). KESALAHAN MORFOSINTAKSIS PADA BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS 5 MI TERBITAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN HIDAYATULLAH. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.477
Hidayah, I., & Asyrofi, S. (2018). Analisis Kesalahan Sintaksis Pada Buku Teks Duru>Su Al-Lughah Al-Ara>Biyah ‘Ala> Thoriqotial-Muba>Syarah Al-Muta>Kamilah Karya Muhammad In’am, M.A. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 239–258. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-05
Hidayanti, P. N. Y., Taufiq, M. A., & Maturedy, F. (2021). Analisis Buku Bahasa Arab Tingkat MPDM Muhammadiyah.
Hikmah, K., & Astuti, R. (2018). Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Ta’lim Al-Lughoh Al-Arobiyah Dan Al-‘Ashri: Kajian Isi, Penyajian Dan Bahasa. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(1), 12–29. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.1608
Insaniyah, A. L., & Nur Kumala, U. Y. (2022). Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imla`. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 47–60. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i1.1409
Nurhanifah, N. S. (2021). PROBLEMATIKA MAHASISWA BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB.
Nurkholis, N. (2018). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM BAHASA ARAB. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 1(01), 10. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1186
Roviin & Muh. Hafidz. (2020). Analisis Kesalahan Imla’ Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Salatiga. Studi Arab, 11(1), 13–26. https://doi.org/10.35891/sa.v11i1.1943
Safitri, Y. (t.t.). ANALISIS KESALAHAN TULISAN BAHASA ARAB MAHASISIWI MELALUI METODE IMLA’ GHAIRU AL-MANZHUR DI MA’HAD IAIN KENDARI.
Syaifuji, A., Istiqomah, I. N., & Alfan, M. (2021). Analisis Morfosintaksis Buku Ajar Digital Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah Kementerian Agama Tahun 2020. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(6), 901. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14881
A. A. Fauzani. IDHO’AT LI MU’ALLIMI AL-LUGHAH AL-ARABIYYAH LIGHAIRI AN-NATHIQINA BIHA, 2010
Choirun Nadiya, & Fauji, I. (2024). Analisa Kesalahan Imla’ Pada Kitab Al-’Ashri Di Tingkat SMA. Jurnal Mu’allim, 6(1), 221-235. https://doi.org/10.35891/muallim.v6i1.4309